Kenapa BBM di Android Sering Pending?


Foto: viateknologi.com

Foto: viateknologi.com

Orang berkomunikasi tidak hanya dengan bertatap muka saja. Namun, tidak harus tatap mukapun orang bisa menyapa satu dengan yang lain. Kabar berita yang seketika itu terjadi langsung bisa diketahui oleh orang lain. Tidak hanya kabar yang berupa kalimat saja, namun juga bisa dilengkapi dengan foto dan video.

Meskipun saat ini Short Message Service (SMS) masih sering digunakan, namun banyak orang sudah banyak beralih ke aplikasi messenger. Salah satu aplikasi messenger adalah Blackberry Messenger (BBM). Meskipun ponsel yang digunakan untuk BBM harus khusus, namun BBM sekarang sangat diminati. Boomingnya BBM tak luput dari jasa Android. Sebenarnya BBM sudah ‘gulung tikar’, namun sejak diakuisisi oleh Android, BBM menjadi eksis lagi.

BBM menjadi tidak diminati dan banyak ditinggalkan oleh penggunanya (user) karena beberapa alasan. Alasan pertama karena BBM harus menggunakan ponsel khusus, yaitu ponsel Blackberry (BB). Selain ponsel yang telah ditentukan tersebut kita tidak bisa menikmati komunikasi dengan BBM. Alasan kedua adalah tiap bulan pengguna BBM harus membayar ke operator. Jika pengguna tidak membayar, maka jasa layanan BBM tidak akan bisa dinikmati lagi. Besarnya biaya tergantung dari masing-masing operator. Besarnya biaya ini berkaitan dengan jasa yang disediakan oleh operator. Apakah hanya paket BBM saja atau bisa brosing ke website yang lain. Jika hanya untuk BBM saja, tentu biaya lebih murah bila dibandingkan dengan yang paket bisa brosing ke website yang lain.

Alasan yang lain adalah bahwa saat ini banyak aplikasi messenger yang lebih menarik karena fitur-fiturnya lebih lengkap bila dibandingkan dengan BBM. Aplikasi messenger tersebut antara lain WhatsApp, WeChat, KakaoTalk, Line, dan masih banyak lagi yang lain. Di beberapa negara terdapat aplikasi messenger yang hanya digunakan di negara tersebut. Selain fitur yang lebih lengkap, aplikasi messenger tersebut tidak harus membayar biaya bulanan. Bahkan pengguna bisa gratis untuk menikmati layanan messenger tersebut.

Kenapa bisa gratis? Umumnya, ponsel yang digunakan untuk aplikasi messenger tersebut adalah ponsel pintar (smartphone) seperti android dan iOS. Smartphone tersebut dilengkapi dengan fitur Wi-Fi jika dalam jaringan free Wi-Fi, sehingga pengguna tidak harus mengeluarkan biaya untuk dapat menikmati BBM. Apa lagi saat ini banyak terpasang layanan free Wi-Fi seperti di sekolah,kampus, kantor, kafe, taman, dan juga pusat perbelanjaan.

Tulisan ini saya tulis berdasarkan keluhan teman sekantor saya sebut saja AR saat kami berbincang-bincang pada jam makan siang. Ia pengguna BBM pada ponsel BB, namun ia juga pengguna BBM pada ponsel android. Akhirnya karena BBM pada ponsel BB nya tiap bulan harus membayar terus, biar lebih hemat ia putuskan untuk tidak lagi menggunakn BBM pada ponsel BB nya. Ia beralih ke BBM dengan ponsel androidnya. Risikonya ia harus ganti PIN dan harus memberi tahu teman-teman di BB. Jejak itu juga diikuti oleh teman-teman AR karena lebih hemat, karena tiap bulan tidak perlu membayar untuk layanan BBM karena di kantor sudah ada free Wi-Fi.

Trus kenapa BBM di android sering pending? Memang ada perbedaan BBM pada ponsel BB dengan BBM pada ponsel android. Jika BBM pada ponsel BB selalu terkoneksi dengan internet, maka lain halnya dengan ponsel android. Meskipun ada jaringan untuk internet seperti 2G (EDGE), 3G (WCDMA, HSDPA), dan 4G (LTE), pada ponsel android jika setingan koneksi data tidak terhubung, maka ponsel tidak bisa digunakan untuk akses data (internet), termasuk untuk BBM.

Salah satu kelemahan dari android adalah boros baterai, apa lagi jika sering digunakan untuk internet, termasuk BBM. Penyebab batrei boros juga karena sering mengaktifkan fitur GPS dan ponsel digunakan untuk hotspot.

Alasan-alasan itulah yang menyebabkan koneksi data untuk internet pada ponsel sering dimatikan oleh penggunanya. Selain untuk menghemat baterai jika koneksi data dimatikan, juga bisa berimbas pada hematnya pulsa yang dikeluarkan. Karena sifat ponsel android yang dirancang untuk ponsel internet, maka meskipun tidak digunakan untuk internet, jika koneksi data internet diaktifkan otomatis pulsa akan berkurang. Besarnya pengurangan pulsa sesuai dengan masing-masing tarif pada operator seluler. Meskipun pengguna menggunakan paket untuk pulsa internet, tetap saja jika koneksi data internet selalu aktif jika tidak digunakan maka tentu saja mengurangi kuota internet. Apa lagi jika pada ponsel android fitur sinkronisasi Facebook, email, dan aplikasi messenger selalu diaktifkan, maka selalu ada notifikasi jika ada komentar pada Facebook atau ada teman yang mengirim email atau BBM.

Pemilik ponsel android sering mematikan koneksi data internet supaya baterai lebih awet dan supaya pulsa atau paket data tidak cepat habis kuotanya. Itulah sebabnya kenapa BBM pada ponsel android sering pending.
———————————————————
Baca juga:
>Kenapa Sinyal Smartphone Sering Lebih Jelek Bila Dibanding Ponsel Biasa?
>Anggapan yang Salah CDMA Sama dengan PSTN
>Kesalahan Operator Selular Menyebut Tarif GPRS
———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

5 responses

  1. plg males klo BBM keluar jam pasir hehehehehehee

    1. Anda pakai BBM pada ponsel android ya? Atau teman di BBM Anda yang pakai BBM pada ponsel andoid?

  2. males pake BBM, cukup WA saja hahahaha

    1. Saya juga pakai WA, WA tidak butuh jaringan internet yang kencang seperti 3G WCDMA atau HSDPA, cukup dengan EDGE (2G) saja sudah bisa, ini sangat cocok dipakai pada daerah terpencil yang susah jaringan 3G.

  3. solusinya ya kalo udah pake android gausah install bbm lagi hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: