Kenali Tanda-tanda Anak Terkena Kanker


Foto: childrenscancerrecovery.org

Foto: childrenscancerrecovery.org

Kanker adalah suatu penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang. Alasan ini tidak mengada-ada karena kanker adalah penyakit yang dapat membunuh penderitanya.

Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat menderita kanker. Anak-anak pun bisa saja terkena kanker ini. Mungkin anak-anak yang terkena kanker karena genetik yang diturunkan oleh orang tuanya, terkena radiasi, atau bisa saja karena penyebab lain yang mungkin belum bisa dijelaskan secara pasti oleh medis karena masih butuh penelitian yang mendalam.

The American Cancer Society merilis sebuah laporan mengenai kanker anak pada akhir Januari, seperti yang dikutip pada situs Boston.com (03/02/2014). Ini bisa berupa berita baik dan berita buruk. Orang tua harus selalu waspada perubahan apa yang terjadi pada anaknya.

Berita buruknya bahwa tingkat kanker pada anak-anak meningkat. Kenaikan tersebut naik 0,6% per tahun sejak tahun 1975. Beberapa kenaikan adalah dari kenyataan bahwa saat ini semakin baik dalam mendiagnosis kanker, tahun lalu anak-anak meninggal karena komplikasi dari kanker sebelum diketahui. Tetapi beberapa dari peningkatan ini adalah nyata. Kemungkinan bahwa racun dan faktor lingkungan lainnya adalah bagian dari alasannya, tapi mungkin ada banyak alasan.

Laporan itu mengatakan bahwa pada tahun 2014, diperkirakan 15.780 anak-anak di Amerika Serikat akan didiagnosis dengan kanker dan 1.960 anak-anak tersebut akan meninggal.

Kabar baiknya bahwa lebih banyak anak yang bertahan dari kanker. Tingkat kematian telah menurun, pada tingkat 2,1 persen setiap tahun, sejak tahun 1975. Dengan penurunan secara keseluruhan lebih dari 50 persen. Bahkan anak-anak yang bertahan hidup lebih dari5 tahun setelah pengobatan mereka memiliki kesempatan yang sangat baik untuk terus bertahan hidup dan mengalahkan kanker.

Satu hal yang membuat perbedaan absolut adalah penanganan lebih awal, dan itu adalah pesan kepada orang tua. Sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda dan mendapatkan bantuan lebih awal.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang harus diwaspadai pada anak kemungkinan anak terkena kanker.

Kelelahan
Itu normal untuk anak-anak setelah bermain atau berkativitas fisik. Tapi jika anak Anda selalu tampak lelah meskipun mendapatkan cukup tidur dan terutama jika mereka terlihat pucat, itu tidak normal.

Penurunan berat badan
Anak-anak harus terus menambah berat badan saat mereka tumbuh. Itu normal penurunan berat badan selama sakit, dan anak-anak yang menjadi jauh lebih aktif mungkin kehilangan berat badan untuk sementara, tetapi setiap penurunan berat badan yang terus-menerus pada anak harus diwaspadai. Ada banyak kondisi lain selain kanker yang dapat menyebabkan itu. Jika terjadi demikian cepat hubungi dokter.

Memar pada kulit
Ini terutama mengenai jika Anda tidak dapat menjelaskannya. Anda harus khawatir tentang memar kecil, sedikit bintik-bintik merah kita sebut petechiae. Ada alasan non-kanker untuk memar dan petechiae, tapi itu ide yang baik jika anak Anda diperiksakan ke dokter.

Benjolan dan pembengkakan yang tidak hilang
Ini sangat umum untuk anak-anak untuk memiliki pembengkakan kelenjar getah bening di leher, terutama selama musim dingin dan flu. Dan kadang-kadang lutut bisa membengkak karena benjolan. Tetapi setiap benjolan besar atau pembengkakan yang besar yang tidak kunjung hilang harus segera bawa anak ke dokter.

Nyeri yang parah atau tidak hilang
Sakit dan nyeri adalah bagian dari kehidupan masa kanak-kanak. Tetapi jika sakit parah, atau tidak hilang (bahkan jika itu tidak parah), itu bisa menjadi tanda dari masalah, termasuk kanker. Anda terutama harus khawatir tentang rasa sakit yang membangunkan anak dari tidur atau membuat mereka berhenti melakukan hal-hal yang biasanya mereka suka lakukan.

Gejala neurologis
Ini termasuk pusing, kelemahan, masalah penglihatan, masalah dengan keseimbangan atau koordinasi, masalah memori atau masalah berbicara. Pada dasarnya, jika anak Anda mulai melakukan sesuatu yang tidak biasa, atau memiliki kesulitan melakukan sesuatu yang mereka selalu lakukan dengan mudah, itu tidak normal. Segera bawa ke dokter.

Sering muntah
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan muntah ini, tetapi selalu bawalah ke dokter supaya Anda tahu penyebabnya, terutama jika anak Anda memiliki sakit kepala, dan pastikan bahwa Anda mengetahuinya.

Sering demam dan atau infeksi
Ini normal untuk anak-anak yang memiliki beberapa penyakit dengan demam setiap tahun, terutama selama musim dingin dan flu. Tapi jika anak Anda sakit sepanjang waktu, atau memiliki demam yang tidak dapat dijelaskan, maka segera bawa ke dokter. Tanyakan apakah melakukan beberapa tes tentang penyebab anak Anda demam.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

One response

  1. Makasi infonya ya mas. Jadi punya ancang2 untuk proteksi anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: