Apa Arti Marka Jalan Kotak Kuning dan Biku-biku?


Pada saat Anda sebagai pengguna jalan, tentu Anda ingin perjalanan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Untuk itu, Anda harus mematuhi peraturan yang ada di jalan. Jika Anda mematuhi peraturan, maka tak hanya Anda saja yang merasakan perjalanan yang nyaman, namun juga pengguna jalan yang lain.

Namun, sayangnya tak sedikit pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan. Larangan-larangan yang dibuat dilanggar tanpa memperhatikan keselamatan pengguna jalan yang lain. Larangan-larangan yang sering dilanggar antara lain menerobos saat lampu merah sudah menyala. Ada juga yang dengan sengaja melawan arus dengan alasan supaya lebih cepat sampai tujuan. Tak sedikit larangan yang dilanggar pengguna jalan tersebut menyebabkan kecelakaan.

Banyak sekali rambu lalu lintas yang ada di negara kita. Rambu-rambu lalu lintas tersebut sering dinamakan dengan marka jalan. Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 34 Tahun 2014 Tentang Marka Jalan, marka jalan adalah suatu tanda yang berada dipermukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong, serta lambang yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

Marka Membujur adalah marka jalan yang sejajar dengan sumbu jalan.

Marka Melintang adalah Marka Jalan yang tegak lurus terhadap sumbu jalan.

Marka Serong adalah Marka Jalan yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian Marka Membujur atau Marka Melintang, untuk menyatakan suatu daerah permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan.

Marka Lambang adalah Marka Jalan berupa panah, gambar, segitiga, atau tulisan yang dipergunakan untuk mengulangi maksud rambu lalu lintas atau untuk memberitahu pengguna jalan yang tidak dapat dinyatakan dengan rambu lalu lintas.

Jalur adalah bagian jalan yang dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan.

Lajur adalah bagian jalur yang memanjang, dengan atau tanpa Marka Jalan, yang memiliki lebar cukup untuk dilewati satu kendaraan bermotor, selain sepeda motor.

Pulau Lalu Lintas adalah bagian jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan, dapat berupa Marka Jalan atau bagian jalan yang ditinggikan.

Marka Jalan berfungsi untuk mengatur lalu lintas, memperingatkan, atau menuntun pengguna jalan dalam berlalu lintas. Marka Jalan yang dimaksud di sini dapat berupa peralatan atau tanda. Marka Jalan di sini dapat berwarna putih, kuning, merah dan warna lainnya.

Marka Jalan berwarna putih menyatakan bahwa pengguna jalan wajib mengikuti perintah atau larangan sesuai dengan bentuknya. Marka Jalan berwarna kuning menyatakan bahwa pengguna jalan dilarang berhenti pada area tersebut. Marka Jalan berwarna merah menyatakan keperluan atau tanda khusus. Marka Jalan warna lainnya yaitu hijau dan coklat yang menyatakan daerah kepentingan khusus yang harus dilengkapi dengan rambu dan/atau petunjuk yang dinyatakan dengan tegas.

Marka jalan berupa tanda meliputi membujur, melintang, serong, lambang, kotak kuning, dan marka lainnya. Marka-marka jalan ini menggunakan bahan cat, termoplastic, coldplastic, atau prefabricated marking. Bahan-bahan tersebut tidak boleh licin dan memantulkan cahaya sesuai dengan peraturan teknis dari Dirjen Perhubungan darat.

Jika Anda melewati simpang empat yang ada lampu lalu lintas pada jalan protokol atau jalan yang ramai seperti jalan nasional, jalan provinsi, atau jalan di tengah kota, maka mungkin Anda melihat Marka Kotak Kuning. Tak sedikit orang yang belum mengetahui artinya, mungkin juga Anda.
marka (kotak kuning persimpangan)Marka Kotak Kuning (Yellow Box Junction) merupakan Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning dengan lebar paling sedikit 10 cm. Marka Kotak Kuning memiliki panjang disesuaikan dengan kondisi simpang atau kondisi lokasi akses jalan keluar masuk kendaraan menuju area tertentu. Marka Kotak Kuning ini ditempatkan pada persimpangan, misal pada simpang empat atau perempatan yang digunakan untuk menyatakan kendaraan dilarang berhenti di dalam area kotak kuning dalam kondisi apapun.

Dengan adanya Marka Kotak Kuning ini pengemudi harus lebih hati-hati. Jangan memaksakan kendaraan masuk ke area persimpangan marka ini, meskipun lampu masih kuning atau hijau jika kendaraan pada kota kuning padat atau penuh. Apalagi jika arus di depannya tertahan maka pengemudi lainnya harus berhenti sebelum garis kotak kuning. Apabila memaksa masuk kotak kuning yang masih terdapat kendaraan lain di dalamnya, maka akan siap-siap saja Anda kena tilang. Mungkin Anda kena tilang tidak di tempat, namun bisa saja kendaraan Anda diberhentikan polisi di tempat lain. Meskipun kelihatannya tidak ada polisi, namun banyak persimpangan yang telah dipasang kamera CCTV.
marka (kotak kuning pd ruas jalan)Marka Kotak Kuning yang berada di lokasi akses jalan keluar masuk kendaraan menuju instalasi gawat darurat, pemadam kebakaran, penanggulangan huru hara, search and rescue, dan ambulance digunakan untuk menyatakan area bebas antrian kendaraan pada lokasi tersebut. Marka Kotak Kuning seperti ini sering dijumpai pada jalan di depan rumah sakit (parkir ambulance) atau gedung/kantor pemadam kebakaran.
marka (biku biku larangan parkir)Apakah Anda pernah melihat marka jalan yang ada di tepi atau lajur jalan yang berwarna kuning zigzag atau berbiku-biku? Jika ada marka seperti itu jagan sekali-kali Anda berhenti lama. Marka berbentuk berbiku-biku berwarna kuning tersebut memiliki lebar lebar paling sedikit 10 cm. Marka seperti ini adalah larangan parkir. Jadi jangan sampai Anda parkir di tempat seperti ini. Mobil atau motor Anda bisa ditilang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: