Cara Mudah Atasi Kebiasaan Tidur Mendengkur


Foto: myhealthtips.in

Foto: myhealthtips.in

Tidur Anda akan tidak nyenyak jika tidur bersama orang yang tidurnya mendengkur atau ngorok. Anda harus bangun berkali-kali karena mendengar suara yang menyebalkan. Bagi orang yang mendengkur tidak mendengarkan suaranya, sehingga tidak mengetahui jika ia menganggu orang lain.

Setiap suara yang keluar saat mengembuskan napas ke udara disebut sebagai mendengkur. Banyak orang mengalami hal ini, namun sering dibiarkan. Mendengkur didorong oleh menyempitnya saluran udara, baik di tenggorokan atau lubang hidung yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk dalam tubuh.

Berikut ini cara mengatasi kebiasaan buruk mendengkur, seperti dikutip dari Myhealthtips.in.

Minum sebelum tidur
Menelan minuman yang nyaman seperti air hangat bisa membantu mengatasi mendengkur. Minum susu hangat dengan sedikit kunyit serta rempah-rempah biasanya pilihan yang baik untuk mengatasi mendengkur. Minum ekstrak teh hijau serta teh kemangi juga bisa dicoba sebelum tidur.

Kurangi berat badan
Orang yang mendengkur kebanyakan terjadi pada mereka yang mengalami obesitas. Jadi, kurangi berat badan dengan cara berolahraga dan juga diet gizi seimbang.

Terapi alternatif
Pendekatan hipnotis, terapi kristal, serta terapi magnet cenderung strategi yang berbeda yang akan meringankan mendengkur.

Menghindari stres
Ketegangan umumnya merupakan penyebab mendengkur. Pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan target yang belum tercapai bisa mengakibatkan stres, ini bisa menyebabkan mendengkur. Jenis terapi antara lain terapi warna, serta aromaterapi. Selain itu, Yoga dan kebugaran, pijat, mandi dengan air hangat akan membantu mengatasi supaya tidak mendengkur.

Memodifikasi posisi tidur
Selalu mengubah posisi tidur bisa mengurangi seseorang mendengkur. Jangan tidur terlentang, tidur miring lebih baik untuk mengatasi mendengkur.

Dekongestan
Melalui penggunaan dekongestan Anda dapat menaklukkan gangguan mendengkur.

Bantal tinggi
Untuk mengatasi mendengkur gunakan bantal yang tebal.
Jauhi alkohol
Alkohol selain tidak baik untuk kesehatan juga bisa menyebabkan tidur mendengkur.

Tinggalkan dan jauhi rokok
Tinggalkan dan jauhi roko jika Anda ingin tidur tidak mendengkur. Menggunakan tembakau menyebabkan hidung dan juga saluran pernapasan lainnya menjadi tersumbat ini bisa menghasilkan dengkuran.