Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Alami


Foto: goredforwomen.org

Foto: goredforwomen.org

Tekanan darah tinggi (hipertensi) biasanya dialami oleh orang yang berumur di atas 30 tahun, namun bisa juga di bawahnya. Mereka yang sering mengalami tekanan darah tinggi bisa dari berbagai faktor. Tak bisa di sangkal jika riwayat keluarga atau genetik juga bisa berpengaruh. Namun, penderita hipertensi juga dikarenakan oleh pola makan yang tidak benar.

Tekanan darah tinggi adalah masalah umum yang mempengaruhi banyak orang. Meskipun demikian, ada obat yang dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah Anda. Namun, obat ini tidak dapat mengatasimasalah. Obat hanya membantu dalam mengendalikan tekanan darah yang tinggi. Seringnya mengkonsumsi obat penurun tekanan darah tinggi dalam jangka waktu tertentu dapat berbahaya, terutama pada hati dan gunjal, apalagi jika tidak dengan resep dokter. Namun demikian, Anda dapat menyembuhkan kondisi ini dengan mengikuti gaya hidup sehat dan diet seimbang.

Meskipun tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah, dapat dengan mudah dikontrol dengan bantuan gaya hidup sehat dan diet terkontrol. Tekanan darah tinggi yang sering dialami oleh seseorang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lain seperti stroke dan penyakit jantung.

Berikut ini tips untuk mengontrol tekanan darah tinggi, seperti dikutip dari Myhealthtips.

Makan buah dan sayur segar
Diet Anda harus mengandung lebih banyak buah dan sayuran. Sayuran hijau dan berdaun seperti brokoli, kubis, bayam, dll sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi. Anda harus makan buah-buahan seperti semangka, pisang, jeruk dan kentang supaya tekanan darah yang tinggi menjadi turun. Buah ini memiliki konsentrasi tinggi kalium di dalamnya. Kalium dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah Anda.

Diet rendah lemak
Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, itu akan sangat membantu jika Anda mengurangi bahan makanan tinggi lemak dan produk susu. Beralihlah ke produk susu rendah lemak seperti susu kedelai, keju cottage, yoghurt dan keju rendah lemak.

Makan makanan tinggi protein
Diet Anda harus tinggi protein dan rendah lemak. Daging bisa Anda makan namun harus mengambil rendah lemak dan barang-barang yang kaya protein seperti ayam, ikan dan telur.

Biji-bijian
Hindari makanan olahan. Beralih ke diet yang terdiri dari biji-bijian seperti gandum, roti cokelat, sereal dan pasta.

Kacang-kacangan
Sertakan dalam diet Anda kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang cannellini dan selai kacang dalam diet Anda. Hal ini dapat membantu dalam menjaga tekanan darah Anda.

Minyak sehat
Anda harus beralih ke minyak sehat seperti minyak zaitun yang dapat membantu Anda dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Sertakan minyak zaitun dan margarin rendah lemak dalam diet Anda. Minyak zaitun mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu dalam menjaga tekanan darah Anda.

Kurangi asupan gula dan hindari alkohol
Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, menghindari asupan gula dan alkohol adalah sangat tepat. Juga menghindari minuman bersoda dan makanan yang memiliki konsentrasi tinggi trans-lemak dan lemak. Gula yang tinggi dan alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda serta merusak pembuluh darah.

Monitor tekanan darah Anda
Jika Anda membuat beberapa perubahan diet untuk mengurangi tekanan darah Anda, akan lebih baik jika Anda membeli monitor tekanan darah yang dapat membantu Anda untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur. Dengan mengikuti perubahan diet tersebut Anda akan melihat perbedaan yang mencolok dalam waktu 2 sampai 3 minggu.

Hindari makanan tinggi natrium
Hindari makanan yang tinggi natrium. Hindari bahan makanan yang asin karena makanan asin tinggi natrium. Asupan harian Anda natrium tidak boleh lebih tinggi dari 1500 mg. Berhentilah makan makanan dari laun yang dibekukan, keripik, dll yang rasanya sangat asin. Makanan yang asin ini mengandung natrium dalam jumlah yang sangat tinggi.