Ini Alasan Pisang Harus Dikonsumsi Untuk Sarapan


Pisang (Musa Paradisiaca)

Pisang (Musa Paradisiaca)

Siapa yang tidak kenal dengan pisang? Buah yang berbentuk bulat lonjong dengan nama ilmiah Musa paradisiaca ini memang salah satu buah khas daerah tropis. Pohon pisang yang berbuah tidak mengenal musim. Di daerah tropis seperti di Indonesia, pisang dapat tumbuh di lahan dengan kondisi tanah dari dataran pantai sampai pegunungan.

Pisang yang masih di pohon

Pisang yang masih di pohon

Pisang mudah di dapatkan mulai dari warung, pasar tradisional sampai dengan supermarket. Harga buah pisang tergolong masih murah bila dibandingkan dengan harga buah-buahan yang lain. Bahkan di daerah pedesaan karena pisang yang melimpah, tak jarang pisang hanya dibagikan ke tetangga yang kebetulan sedang panen.

Pisang dapat dijadikan berbagai panganan. Olahan pisang kering dapat dijadikan panganan keripik maupun selai pisang. Untuk panganan yang basah pisang dapat diolah menjadi kolak dan es pisang hijau. Selain itu pisang juga dapat diolah menjadi isi pada roti.

Banyak manfaat dari kita makan pisang. Sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui secara jelas manfaat pisang bagi kesehatan tubuh kita. Ini yang menjadikan alasan orang sering malas untuk makan pisang. Mereka lebih suka makan buah yang lain, mungkin karena pisang yang terlalu murah harganya atau kurang berkelas. Pada hal banyak manfaat yang kita dapatkan dengan makan pisang ini. Terutama jika kita sarapan dengan mengkonsumsi pisang.

Berikut manfaat pisang untuk dikonsumsi pada saat kita sarapan di pagi hari sebelum memulai aktivitas seperti dilansir VIVAlife (27/02/2013).

Mengatasi lelah

Pisang kaya akan kalium yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah. Kalium diperlukan tubuh kita untuk membantu mengatasi kram, otot dan kelelahan. Ini sangat penting bagi orang yang beraktivitas di luar seperti olahragawan, pekerja proyek, dan pekerja di lapangan. Selain itu pisang juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan fungsi kinerja otak dan syaraf.

Menenangkan perut

Perut sering kali bermasalah pada pagi hari. Masalah ini antara lain perut terasa mulas jika makan sesuatu, terutama yang asam. Untuk meredakan rasa mulas ini Anda bisa makan pisang. Pisang memiliki sifat antacid yang berfungsi mengatasi rasa sakit atau mulas tersebut. Pisang juga mengandung pektin yaitu serat larut yang dapat membantu menormalkan pencernaan dan menyembuhkan sembelit.

Rendah kalori

Jika Anda dalam program diet, pisang sangat aman untuk dikonsumsi. Alasan ini didasarkan karena pisang mengandung kalori yang tidak terlalu tinggi. Satu buah pisang mengandung sekitar 100 kalori. Pisang juga mengandung serat yang membuat Anda merasakan kenyang lebih lama jika makan pisang. Ini dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi pola makan yang berlebihan. Pisang baik juga Anda makan sebagai makanan ringan sebelum Anda melakukan aktivitas berolahraga.

Nah, masih malas untuk mengkonsumsi pisang? Mulai sekarang biasakan mengkonsumsi pisang.

2 responses

  1. Selama ini saya tidak suka pisang, tapi setelah baca tulisan ini kayaknya saya harus coba. Makasih atas infonya.

    1. Terima kasih Maya atas partisipasinya. Semoga Maya dan yang lainnya setelah membaca tulisan ini suka mengkonsumsi pisang yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Tinggalkan komentar