Purbasari Pancuran Mas Wisata Aquarium Raksasa


Gambar

Aquarium ikan raksasa Arapaima gigas dari sungai Amazone

Kunjungan wisata air yang lain di Purbalingga Jawa Tengah adalah wisata aquarium raksasa Purbasari Pancuran Mas yang terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. Wisata ini juga disebut dengan Taman Wisata Pendidikan River World (dunia sungai) karena di wisata ini dipamerkan koleksi ikan dari sungai-sungai tidak hanya dari dalam negeri saja, namun juga dari manca negara. Purbasari Pancuran Mas (PPM) awalnya hanya sebuah hobi koleksi ikan air tawar dari Bapak H. Sarimun Budi Purwanto pada tahun 1993. Karena koleksi ikan-ikannya banyak, akhirnya keluarga dan masyarakat sekitar menyarankan untuk dibuka sebagai tempat wisata hingga sekarang ini. PPM secara resmi dibuka dan diresmikan oleh Bupati Purbalingga Bapak Triyono Budi S. pada tahun 2001.

 


Sebelum Anda memasuki PPM Anda harus memarkirkan kendaraan Anda. Tarif parkir untuk motor Rp 1.000,00, mobil Rp 3.000,00, mini bus Rp 5.000,00, dan bus besar Rp 10.000,00. Tiket masuk Rp 10.000,00 sudah termasuk semua wahana, jadi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menikmati semua wahana. Anak usia di atas 3 tahun sudah membayar tiket. Wahana yang ada di PPM adalah taman aquarium air tawar, tamanaquarium air eksotik, taman bermain anak(play ground), taman air luncur (water boom), kolam renang, taman burung dan unggas, penangkaran rusa, dan wisata air Telaga Fulus.

 


Ikan Buaya

Ikan Buaya


Red Devil

Red Devil


Arwana Merah

Arwana Merah


Patin Albino

Patin Albino


Lobster Air Tawar

Lobster Air Tawar


Untuk fasilitas wisata air perahu besar dan speed boat gratis, pengunjung hanya dikenakan sewa pelampung Rp 2.500,00. Untuk sepeda air Anda dikenakan biaya Rp 10.000,00.

 

Taman aquarium merupakan wahana di mana terdapat banyak aquarium untuk ikan air tawar. Ikan air tawar yang ada di PPM dari sungai-sungai dalam dan luar negeri. Ikan-ikan langka banyak terdapat di PPM antara lain Patin Albino, Red Devil, Arwana Perak dan Emas, Ikan Alligator, Piranha, belut listrik, Ikan Macan, lobster air tawar, dan masih banyak lagi yang lain. Di aquarium raksasa terdapat ikan raksasa Arapaima gigas yang merupakan ikan air tawar raksasa dari sungai Amazone. Panjang ikan ini mencapai 2,5 meter dan berbobot 1,2 kuintal. Terdapat 9 ikan Arapaima gigas.

 


Ayam Cemani dari Indonesia, semua bulu, daging, tulang dan darah berwarna hitam

Ayam Cemani dari Indonesia, semua bulu, daging, tulang dan darah berwarna hitam


Ayam Kanada

Ayam Kanada


Ayam Mutiara

Ayam Mutiara


Golden Peasant

Golden Peasant


Kakaktua Maluku

Kakaktua Maluku


Kakaktua Raja

Kakaktua Raja


Mambruk

Mambruk


Nuri Kepala Hitam

Nuri Kepala Hitam


Taman unggas dan burung  menyediakan koleksi berbagai burung dan unggas. Unggas yang ada di PPM antara lain Ayam Cemani, Ayam Kanada, Ayam Mutiara, dan lain-lain. Untuk koleksi burung antara lain Kakak Tua Jambul Kuning, Kakak Tua Maluku, Kakak Tua Raja, Bangau Tong Tong, Kasuari, dan lain-lain. Terdapat juga koleksi kelelawar raksasa, tupai, landak dan berbagai jenis angsa dan entok.

 

Jika Anda ingin menginap, di PPM juga ada home stay yang terdiri dari 6 buah kamar dua tempat tidur,AC,TV,shower air panas dll  dengan tarif Rp 350.000,00.

 

Selamat mengunjungi Purbasari Pancuran Mas ya.

——————————

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

4 responses

  1. bagus juga nih,, di kalimantan gak ada tuh, bagus kayaknya.. nanti kalo liburan anak-anak. makasih pak infonya, nanti buat tujuan liburan sekolah.

    1. Terima kasih juga Ibu Linda. Memang setiap liburan sekolah banyak dikunjungi anak-anak.

  2. Sy mau konfirm ke kontak person tp blm ktmu nomor’y. Tgl 22 Mei 2014 rmbongan skolah mau ksana soalnya.

    1. Hubungi saja nomor telepon ini (0281) 6598704-7618160

Tinggalkan komentar