Segarnya Teh Hijau Melati Lemon yang Menyehatkan


Siapa yang tak kenal dengan jeruk lemon? Jeruk yang berwarna kuning berbentuk lonjong ini tak hanya sedap dilihat saja, namun juga kaya akan manfaat. Di balik bentuknya yang indah, ternyata tak seenak rasanya. Lemon adalah jeruk yang rasanya sangat masam.

Namun, jangan berpikir yang negatif dulu tentang rasanya. Jeruk lemon (Citrus x limon) memiliki rasa masam karena kandungan asam sitrat. Lemon sering dipakai supaya ikan yang akan kita masak tidak berbau amis dengan cara diperas dan ditaburkan pada ikan yang masih segar. Bagi Anda yang maaf kelebihan berat badan, jeruk lemon sangat bagus Anda konsumsi.

Untuk mengkonsumsi jerus yang rasanya masam ini tidak enak jika langsung dimakan. Perlu strategi khusus supaya rasanya jadi lebih enak dan tidak terlalu masam. Salah satu penyajiannya dipadukan dengan teh.

Anda pasti sudah pernah mendengar teh lemon atau yang sering dikenal dengan lemon tea. Lemon tea sangat cocok diminum saat pagi hari sebelum memulai aktivitas atau saat sore hari setelah pulang kerja. Pada saat hujan pun lemon tea bisa dinikmati dengan sandingan aneka camilan sesuai dengan selera Anda. Ini bisa Anda lakukan sambil santai nonton tv bersama keluarga .

Cara membuat lemon tea tidaklah susah. Ada beberapa jeruk yang bisa Anda gunakan, mulai dari jeruk nipis, jeruk purut, dll. Namun itu tidak saya rekomendasikan. Saya hanya merekomdasikan jeruk lemon.

Untuk tehnya saya rekomendasikan teh hijau yang dipadukan dengan melati. Jadi teh hijau melati. Namun, teh hijau melati di pasaran tidak banyak dijumpai. Yang banyak dijumpai di toko atau supermarket adalah teh hijau atau teh hitam melati. Jika teh hijau melati tidak ada bisa menggunakan teh bitam melati.

Kenapa saya merekomendasikan teh hijau? Karena banyak manfaatnya, terutama bagi kesehatan dan kecantikan termasuk juga untuk menyeimbangkan berat badan. Jika teh hijau saja rasanya kurang sedap, maka saya rekomendasikan yang dipadukan dengan melati. Jadi, teh hijau melati. Jika Anda mengalami kesulitan mencari teh hijau melati, Anda bisa membeli dengan merk “Botol” (maaf tidak promosi). Teh yang dimaksud adalah teh celup, bukan yang serbuk atau sedu atau tubruk.

Berikut ini cara membuat green tea jasmine lemon (teh hijau melati lemon).

1. Iris jeruk lemon berbentuk lingkaran dengan ketebalan 3 mm. Jeruk lemon jangan dikupas, jadi kulit biarkan saja, karena kulit jeruk tersebut menambah aroma dan rasa menjadi sedap.

2. Siapkan gelas atau cangkir dan masukkan teh celup. Tambahkan gula sesuai dengan selera.

3. Rebus air sampai mendidih.

4. Tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam gelas. Aduk sehingga gula dan teh menyatu. Jika Anda menggunakan teh hijau, teh tidak terlalu berwarna coklat karena sifat teh hijau yang jika diseduh dengan air panas warna tidak sekental teh hitam (black tea).

5. Setelah teh dan gula menyatu masukkan satu atau dua irisan jeruk lemon. Aduk sampai rasa lemon menyatu dengan teh, gula, dan melati (jika menggunakan teh melati).

6. Sajikan dan selamat nikmati. Rasa lemon yang masam menyatu dengan teh hijau, gula dan melati sangat nikmat.

Satu tanggapan

  1. terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat:)

Tinggalkan komentar