Manfaat Nanas yang Mungkin Belum Anda Ketahui


NanasSiapa yang tak kenal dengan nanas. Buah yang mempunyai rasa asam manis ini kulitnya mempunyai banyak mata. Buah yang berwarna kuning ini sangat enak dibuat jus dan rujak. Tanaman dengan nama latin Ananas comosus ini berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay.

Sarat dengan vitamin A dan C, serat, kalium, fosfor dan kalsium, nanas menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Nanas kaya akan manfaat untukn kesehatan. Berikut ini manfaat nanas, seperti dikutip dari Healthmeup.

Mencegah kerusakan radikal bebas
Kerusakan radikal bebas dalam sel telah dikaitkan dengan berbagai penyakit termasuk kanker, asma, arthritis, penyakit jantung dan banyak gangguan inflamasi yang lebih serius. Kaya akan antioksidan, buah ini bekerja sebagai pertahanan tubuh, melindungi dari radikal bebas yang merusak. Biasanya, tubuh dapat menangani radikal bebas, tapi kerusakan dapat terjadi jika antioksidan tidak hadir, atau jika produksi radikal bebas menjadi ekstrim.

Memperbaiki pencernaan
Kaya bromelain, vitamin C, dan serat makanan, nanas bertindak sebagai tonik dan meredakan banyak gangguan pencernaan. Enzim bromelain bekerja pada pencernaan untuk membantu sistem pencernaan memecah makanan dan menyerap protein. Setengah gelas jus nanas diminum setelah makan dapat bekerja bagi banyak orang yang menderita pencernaan yang buruk.

Membantu penyembuhan flu dan batuk
Bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam memerangi infeksi mikroba. Jus nanas segar membantu dalam menenangkan sakit tenggorokan, dan membantu tubuh mengeluarkan lendir secara mudah. Jus nanas ini lima kali lebih efektif daripada sirup obat batuk.

Membantu penguatan tulang
Nanas membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang. Kehadiran mangan dalam buah ini meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi risiko masalah kerusakan tulang seperti osteoporosis. Mangan sangat penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat.

Meningkatkan kesehatan mulut
Jus nanas dalam makanan sehari-hari meningkatkan kesehatan mulut. Vitamin C dalam jus ini membantu dalam memperkuat gusi, menjaga gigi sehat dan kuat. Buah tropis ini juga membantu dalam membatasi pembentukan plak dan penyakit gusi lainnya.

Meningkatkan penglihatan
Beta-karoten dan vitamin A dalam jus nanas segar membantu dalam meningkatkan penglihatan. Nanas juga mengurangi risiko degenerasi makula, gangguan di mana orang dewasa kehilangan penglihatan mata mereka, tidak dapat membaca dan mengidentifikasi hal-hal dengan benar.

Mengurangi pembekuan darah
Bromelain membantu mengurangi pembekuan darah yang berlebihan. Hal ini membuat bagi mereka yang berisiko pada mereka yang terkena pembekuan darah.

Mencegah hipertensi
Segelas jus nanas segar sangat penting dalam diet orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi. Nanas mengandung lebih tinggi kalium dan lebih rendah natrium dalam menjaga supaya tekanan darah normal.

Meningkatkan kesehatan kulit
Kehadiran vitamin C dalam nanas tidak hanya membantu memerangi jerawat dan kondisi kulit inflamasi lainnya, tetapi juga membuat kulit sehat serta muda untuk waktu yang lebih lama. Enzim bromelain dalam buah ini meningkatkan kekuatan penyembuhan vitamin C.

Menurunkan berat badan
Nanas memiliki kadar air yang sangat tinggi dan rendah lemak. Buah ini cocok untuk mereka yang sedang diet penurunan berat badan karena meningkatkan rasa kenyang dan memberikan energi tanpa memberikan terlalu banyak kalori.

Menyembuhkan gangguan menstruasi
Bromelain membantu dalam relaksasi otot-otot dan memberikan bantuan dari sakit kram menstruasi dan gejala menstruasi lainnya.

Meredakan mual
Nanas segar atau jus nanas di dimakan pada pagi hari mencegah mual atau morning sickness. Hal ini cukup berguna untuk ibu hamil yang biasanya mengalami mual.

Mengurangi peradangan
Nanas umumnya dikenal karena sifat anti-inflamasi (anti-peradangan). Ekstrak bromelain membantu pencernaan dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi rasa sakit arthritis saat terluka.

Meningkatkan kekebalan
Kaya vitamin C, nanas membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan efek antioksidan yang kuat, nanas melindungi tubuh dari bakteri penyebab penyakit dan virus.

Untuk kesehatan jantung
Jantung sehat merupakan faktor utama untuk hidup panjang dan sehat. Antioksidan kuat pada nanas memerangi radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol, hal ini membantu mencegah penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: