Sayuran yang Baik Dimakan Mentah


Foto: farhaki.com

Foto: farhaki.com

Sebaiknya kita makan sayuran tiap hari. Namun, tak sedikit yang tidak suka dengan sayuran dengan berbagai alasan seperti rasanya yang tidak enak dan tidak praktis memasaknya. Sehinggga tak sedikit yang makan makanan yang praktis siap saji seperti mi instan.

Sayuran kaya akan manfaat bagi tubuh kita. Selain sumber air, vitamin, dan mineral sayuran juga antioksidan. Terbiasa makan sayuran dapat membuat pencernakan mendadi lancar. Dengan makan sayuran tiap hari buang besar (BAB) akan lancar. Hal ini karena sayuran mengandung serat alami yang memperlancar pencernakan. Beberapa sayuran juga memiliki potensi untuk mencegah masalah kesehatan yang berbahaya seperti diabetes, kanker dan bahkan masalah jantung.

Orang yang tidak bisa BAB tiap hari jangan senang. Karena racun sisa makanan dapat membuat penyakit. Penyakit yang disebabkan karena kurang serat alami dari sayuran adalah susah BAB. Penyakit wasir banyak diderita orang yang tidak suka makan sayuran. Jika sudah parah, maka penyakit kanker usus dapat menyerang orang yang tidak suka makan sayur.

Sebenarnya sayuran tidak hanya bisa kita makan setelah dimasak. Memang, banyak sayuran yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Cara pengolahan sayuran juga tergantung darin selera masing-masing orang. Ada sayuran yang bisa dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu sebelum dimasak. Namun, ada sayurang yang lebih baik dimakan mentah dari pada dimasak, karena jika dimasak justru nutrisi penting yang dikandung sayuran tersebut rusak/hilang. Sayuran tertentu jika dimasak justru akan membuat rasanya menjadi tidak enak.

Sayuran yang bisa dimakan mentah sebaiknya dipilih yang bagus, yang masih muda dan tentu harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimakan. Pastikan mencuci sayuran berkali-kali dengan air yang bersih supaya steril dari serangga atau binatang dan pestisida. Dianjurkan makan sayuran mentah organik tanpa pupuk kimia dan pestisida. Karena aman dikonsumsi dan menyehatkan.

Berikut ini beberapa sayuran yang sebaiknya dimakan mentah. Cara makan bisa langsung atau dibuat jus atau salad, seperti dikutip dari BoldSky.

Akar bit
Minum jus bit mentah adalah kebiasaan yang sangat sehat. Makan irisan akar bit mentah setiap pagi untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Bawang putih
Bawang putih mentah dapat mencegah masalah kolesterol dan masalah tekanan darah. Juga sangat baik untuk jantung dan antibiotik alami.

Bawang merah
Apakah Anda tahu mengapa sebagian besar salad berisi bawang merah? Nah, bawang merah sangat baik ketika dimakan mentah. Beberapa orang bahkan minum jus bawang mentah untuk mencegah berbagai masalah kesehatan.

Wortel
Wortel dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan untuk kesehatan mata ketika Anda memakannya mentah secara teratur. Anda bisa jadikan wortel mentah sebagai camilan saat santai.

Tomat
Tomat baik untuk dimakan mentah. Tomat mengandung antioksidan dan vitamin dan mencegah bau mulut, paru-paru dan kanker prostat.

Mentimun dan paprika hijau
Bahkan paprika hijau dan mentimun dapat dimakan mentah. Sertakan kedua sayuran ini dalam salad Anda.

Bayam dan brokoli
Makan sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli dalam bentuk mentah sangat dianjurkan. Mereka hampir seperti makanan super dan juga dapat dijus.

Selain daftar di atas masih banyak sayuran yang sebaiknya dimakan mentah seperti kemangi, kenikir, daun pepaya muda, slada, pare, dll. Sayuran yang di makan mentah tiap daerah bisa berbeda-beda. Daftar di atas adalah sayuran yang umum ada di hampir bisa dijumpai pada tiap negara.

2 responses

  1. Wortel!! Favorit deh olahan macam apapun, mau mentah atau rebus, disop atau dijus, sukaaa

    1. Saya juga suka wortel. Bahkan wortel sering saya jadikan camilan mentah seperti saat nonton TV.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: