Bunga Cantik Pengusir Hama


Masih banyak tanaman yang ada di sekitar kita yang belum kita ketahui manfaatnya. Tanaman-tanaman tersebut ada yang sengaja kita tanam, bahkan ada yang tumbuh liar. Kita sering menanamnya karena indah dipandang. Pada hal ada manfaat lain di balik kecantikan tanaman-tanaman tersebut.

Salah satu tanaman cantik yang memiliki manfaat luar biasa adalah kenikir kuning dan oranye. Kedua tanaman ini disebut dengan Refugia. Refugia adalah teknologi pemanfaatan tanaman bunga untuk pengendalian hama. Tanaman bunga yang berfungsi untuk pengusir hama ini biasanya ditanam di pinggir atau di pematang sawah. Jadi, tanaman bunga yang ditanam di pinggir sawah ini menjadi daya tarik bagi organisme pengganggu tanaman (OPT).

Tanaman kenikir ini banyak dijumpai di pinggir sawah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Mahkota bunga berwarna kuning dan ada juga yang berwarna oranye. Putik kenikir ini tetap berwarna kuning. Namun, kenikir dengan mahkota ungu tidak banyak ditanamn di pinggir sawah. Bunga kenikir kuning dan oranye lebih besar dari pada yang berwarna ungu.

Tanaman dengan nama latin Cosmos caudatus ini memiliki duduk daunnya berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi dua atau tiga tangkai. Tanaman ini memiliki bau seperti damar apabila diremas. Bunga tersusun pada bongkol yang banyak terdapat di ujung batang dan pada ketiak daun-daun teratas. Tanaman ini memiliki biji berbentuk paruh.
Jika Anda ke persawahan biasanya yang ada adalah tanaman padi di sawah, sementara di pematang atau jalan di pinggir sawah dibiarkan tanpa ada pemandangan yang menarik. Berbeda jika Anda ke Klaten, di desa-desa banyak dijumpai tanaman refugia di pinggir jalan di persawahan. Dari kedua warna tersebut warna oranye lebih banyak ditanamn dari pada yang kuning. Namun demikian keduanya memiliki keindahan yang sama. Anda bisa berswa foto bak penari India di tengah bunga-bunga yang cantik.

Tanaman ini ditanamn di pinggir jalan-jalan di daerah persawahan bukan tanpa alasan. Ternyata selain untuk keindahan, tanaman ini juga berfungsi sebagai pemberantas OTP seperti serangga termasuk wereng, lebah, dan capung.

Tanaman ini mulai dikembangkan di Kecamatan Karangdowo. Setelah tiga tahun berhasil mengurangi secara signifikan OTP, maka dikembangkan di daerah lain. Kecamatan Delanggu, Wonosari, Juwiring dan Polanharjo adalah sentra penghasil beras di Klaten yang juga dikembangkan penanaman refugia. Tanaman refugia yang lain adalah bunga bunga tai kotok kuning dan oranye.
Menurut berbagai sumber yang penulis dapatkan, Refugia berfungsi menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan, atau sumber daya lain bagi musuh alami OPT. Penanaman refugia harus diperhitungkan saat bunganya mekar, bersamaan dengan tanaman padi mulai berbunga. Sehingga OPT tidak menyerang tanaman padi tapi berkembang dibunga yang sedang mekar tersebut.

Ternyata kenikir kuning dan oranye tak hanya ditanam di pinggir sawah saja. Penduduk Klaten juga sudah banyak yang menanam kedua bunga cantik ini di pekarangan untuk mempercantik rumah. Anda tertarik untuk menaman refugia? Datang saja ke Klaten. Gampang kok menanamnya. Biji kenikir mudah tumbuh di berbagai jenis tanah dan bisa tumbuh mulai dari pantai sampai di pegunungan yang sejuk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: