Berenang Sebelum Matahari Terbit di Cokro Menyehatkan


Renang adalah salah satu olahraga yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Bahkan dengan renang, beberapa penyakit bisa dicegah atau diobati. Sayangnya, karena renang membutuhkan kolam atau tempat yang airnya cukup, maka renang tidak banyak disenangi. Berbeda dengan lari yang tidak perlu tempat khusus seperti renang.

Berenang di pagi hari mungkin kelihatannya kurang pas. Hal ini karena cuaca yang masih dingin dan apalagi jika airnya bukan dari sumber mata air panas alias air dingin dari mata air alami. Namun, itulah alasan kenapa berenang di pagi hari dengan air dingin sangat baik untuk kesehatan.

Beberapa manfaat berenang pada air dingin diantaranya mencegah penyakit stroke, serangan jantung, dan menjaga kebugaran tubuh. Berenang di air dingin juga bisa membakar lemak, sehingga cocok bagi Anda yang dalam proses penurunan berat badan. Tentu ini dilakukan secara rutin, paling tidak seminggu sekali atau dua kali.

Bagi Anda yang menderita asma, dengan olahraga renang juga dapat mengurangi supaya asma Anda kambuh. Dengan berenang bahkan asma bisa sembuh.

Pagi-pagi di Pemandian Lumban Cokrokembang, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terdapat umbul yang airnya sangat jernih. Meskipun musim kemarau yang panjang, di umbul ini air tetap terjaga, bahakan debit air tidak berkurang.

Jika Anda berenang di sini sebaiknya pagi-pagi benar. Pukul 04.00 WIB orang sudah pada datang. Kami sekeluarga yang tiba pukul 05.30 saja begitu masuk terkejut sudah banyak pengunjung. Jika siang hari sudah dipadati para pengunjung.

Umumnya mereka yang berenang di sini ingin terapi berbagai kesehatan. Beberapa pengunjung yang saya tanya mereka berenang sangat pagi sebelum matahari terbit karena anjuran dari dokter berkaitan dengan penyakitnya. Ada yang merasakan perubahan yang signifikan setelah berenang di Cokro ini karena penyakit asma. Ada juga karena merasa sering badannya pegal-pegal, setelah berenang pagi di sini merasa badannya semakin membaik dan ketagihan.

Ada juga yang menderita obesitas sehingga harus menurunkan berat badannya. Beberapa ibu yang berenang di sini ingin supaya badannya bugar dan kelihatan lebih muda dari umur yang sebenarnya. Masih banyak lagi alasan orang-orang pada berenang pagi-pagi buta di Cokro ini.

Jika Anda datang di pagi buta sebelum matahari terbit, Anda langsung masuk saja. Anda akan ditagih biaya setelah Anda meninggalkan kolam renang. Namun, bagi yang datang di atas pukul 07.00, maka petugas tiket sudah ada dan begitu mau masuk kolam renang Anda langsung dipungut biaya masuk kolam. Biaya masuk kolam tergolong murah. Baik anak-anak maupun orang dewasa dikenakan tarif 5 ribu rupiah saja.

Sebelum masuk ke kolam renang sebaiknya pemanasan sekitar 10 menit biar tidak terjadi cedera seperti kram. Awalnya jika belum terbiasa masuk ke kolam renang di pagi buta akan merasa dingin. Ini karena memang air di umbul ini sangat dingin. Namun, jika Anda sudah menggerakkan badan, lama-lama rasa dingin itu hilang.

Ada dua kolam. Bagi yang masih pemula atau belum bisa berenang dan anak-anak kecil dianjurkan untuk kolam yang dangkal dengan kedalaman maksimal sedada orang dewasa. Bagi yang sudah mahir baik orang dewasa maupun anak-anak sebaiknya di kolam yang dalamnya 3 meter.

Baik kolam dangkal maupun kolam dalam airnya sangat jernih dan mengalir. Kolam juga alami, bagian dinding dan dasar tidak terbuat dari keramik, namun dari batu alam Gunung Merapi yang disemen. Ini sangat bagus, sehingga tidak licin. Baru pada bagaian pinggin dikeramik kasar.

Bagi Anda pemula yang belum bisa berenang jangan khawatir. Anda bisa menyuruh penjaga kolam untuk mengajari Anda berenang. Anda juga bisa menyewa ban dalam mobil bekas untuk latihan berenang dengaan ongkos sewa hanya 5 ribu rupiah saja.

Samping kolam bagian selatan terdapat tempat untuk istirahat dengan diberi nomor. Jika Anda memesan makanan maka tinggal tunjukkan nomor Anda. Tersedia juga tikar yang bisa Anda ambil sendiri. Anda bisa menggelar tikar di bawah pohon yang rindang di samping kolam.

Sebelah utara kolam terdapat tempat ganti yang dipisahkan antara putra dan putri. Di sini juga ada tempat pembilasan jika Anda selesai berenang dengan membawa perlengkapan mandi sendiri seperti sabun, shampo, dll.

Sementara di bagain barat kolam ada tempat ganti pakaian dan kuliner. Anda bisa memesan berbagai jenis kuliner dan tinggal bayar dan tunjukkan di nomor berapa Anda berada. Jenis masakan yang ditawarkan di sini adalah aneka gorengan dengan sambal kecap yang pedas, bakmi goreng, pecel, dll.

Selesai berenang kemudian bilas dan memesan kuliner sangat menggugah selera supaya tidak dingin lagi. Apalagi jika Anda juga memesan teh panas dengan aroma melati yang bikin tubuh jadi hangat kembali.

Banyak yang ketagihan berenang di kolam dengan umbul yang tak pernah sepi pengunjung ini. Apalagi saat tanggal merah atau musim liburan selalu dipadati pengunjung sampai sore.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: