Bobor Kabocha, Bayam, dan Kacang Polong


img-20170116-wa0011Sayur bobor adalah salah satu sayur yang banyak digemari terutama di Jawa Tengah. Terdapat berbagai variasi sayur bobor. Sayur bobor daun labu, daun katuk dan pepaya muda, timun dan wortel, dll. Sayur bobor bisa Anda buat sesuai dengan kreatifitas dan selera, namun tentunya harus memiliki ciri khas sayur bobor.

Anda tahu kabocha? Labu asal Jepang ini sangat cocok dimasak bobor bersama bahan yang lainnya selain dibuat kolak. Banyak manfaat yang kita dapat jika makan kabocha ini. Informasi yang saya dapat dari Google, kabocha mengandung betakaroten (pro vitamin A) mengurangi oksidasi kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penyakit jantung koroner.

Sementara kandungan Vitamin A, C, dan Alpaha-Hydro-acida baik untuk kulit dan mencegah penuaan dini. Kabocha juga mengandung serat yang baik untuk pencernakan. Kabocha juga mencegah kanker serta hipertensi. Masih banyak lagi manfaat dari labu yang berwarna kuning ini.

Bayam adalah sayuran hijau yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Raja sayuran ini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung serat. Sayuran yang mudah tumbuh baik di daerah tropis maupun subtropis ini mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Sementara vitamin A, K, dan E membantu untuk melindungi terhadap berbagai infeksi dan memperkuat pernafasan, saluran kemih dan usus. Makan bayam juga mencegah terjadinya kanker. Antioksidan pada bayam bagus bagi Anda yang sering terpapar polusi udara. Masih banyak lagi manfaat dari bayam.

Sementara kacang polong mengandung protein nabati yang sangat baik untuk pertumbuhan. Bagi Anda yang tidak suka daging, protein bisa Anda dapatkan dengan makan kacang polong. Omega 3 pada kacang polong merupakan lemak tak jenuh (lemak baik) yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh penyebab kolesterol jahat dan penyakit jantung. Folat yang hadir pada kacang polong selain baik untuk janin baik untuk mencegah osteoporosis. Masih banyak lagi manfaat dari kacang polong.

Kabocha kebanyakan dimasak kolak atau dibuat bubur. Sementara bayam sering dimasak dengan dibuat sayur bening atau ‘gudangan’. Masakan yang berbahan kacang polong banyak dijumpai pada sup atau nasi goreng.

Namun, kali ini saya akan memadukan masakan sayur bobor dengan bahan kabocha, bayam hijau, dan kacang polong. Kabocha bisa Anda dapatkan di pasar tradisional atau supermarket, bigitu juga dengan bayam. Sementara kacang polong mungkin susah didapatkan di pasar tradisional. Kacang polong beku dapat Anda beli di supermarket.

Pada sayur bobor ini juga tidak ditambah gula pasir, namun gula merah namun hanya sedikit saja, karena kabocha rasanya sudah manis.

Berikut ini resep “Bobor Kabocha, Bayam, dan Kacang Polong”.

Bahan
400 gram kabocha yang sudah dibersihkan dan dipotong dadu ukuran 2 cm.
100 gram kacang polong (jika masih beku dibiarkan pada suhu kamar supaya tidak beku).
1 ikat bayam yang telah dibersihkan dan diambil daunnya.
2 wortel ukuran sedang dibersihkan dan dipotong dadu ukuran setengan cm.

Bumbu
3 siung bawang putih.
3 siung bawang merah.
3 butir kemiri.
1 sdt ketumbar bubuk.
1 ruas jari (panjang 2 cm) kencur.
1 sdm garam.
50 gram gula merah.
200 cc santan (dari ¼ butir kelapa).
200 cc air.

Cara memasak
img-20170116-wa0009Ulek bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kencur. Resbus air dan masukkan bumbu yang telah diulek. Biarkan air mendidih dan masukkan kabocha. Biarkan kabocha empuk kemudian masukkan bayam dan kacang polong.

Setelah bayam layu masukkan santan dan biarkan mendidih lagi. Masukkan gula merah, ketumbar bubuk, dan garam. Aduk dan tunggu sebentar supaya semua bahan lunak. Angkat dan sajikan selagi masih hangat. Anda bisa menyajikan dengan nasi merah atau nasi putih, atau dengan lauk sesuai dengan selera Anda. Namun, sayur bobor ini juga bisa disajikan tanpa nasi dan lauk seperti kolak.
img-20170116-wa0007
Selamat mencoba.

Iklan

4 responses

  1. Kabocha itu Labu kuning ya mas? Kalau di daerahku Sulawesi Tengah namanya Sambiki,di sini dimasak mirip bobor tapi diberi nama “sayur santan” di campur kacang hijau. Di daerahku semua sayaur yang pakai santan diberi nama sayur santan, tidak ada nama sayur lodeh,sayur bobor, dan sebagainya

    1. Iya, labu kuning, ukurannya lebih kecil dari labu yang biasanya.

      1. ya..bentuknya kan bulat ya, lumayan besat spt semangka yg sedang ukurannya, kalau labu biasa panjang spt ketimun tp lbih besar

  2. Awesome post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: