‘Om Telolet Om’, Kini Ada Aplikasinya


omteloletom‘Om Tolelet Om’ saat ini sedang naik daun. Kalimat sederhana dan ‘nyeleneh’ ini semakin digemari. Awalnya ‘Om Telolet Om’ adalah sebuah uangkapan kegembiraan anak-anak yang tempat tinggalnya dilalui oleh bus antar kota antar provinsi (AKAP) atau truk yang membunyikan klakson para pengemudinya saat melintas di depan anak-anak tersebut.

‘Om Telolet Om’ menjadi viral manakala seseorang telah mengunggah video anak-anak tersebut di Facebook. Kini video anak-anak itu telah berada di situs berbagi video Youtube sedang banyak disukai.

Kepolosan anak-anak yang menginginkan hiburan gratis dengan bunyi klakson tak hanya menjadi viral di dalam negeri saja, namun mendunia. Kekuatan media sosial menjadikan ‘Om Telolet Om’ semakin digemari tak hanya dalam negeri saja, namun juga di luar negeri.

Ternyata bahagia itu tidaklah macam-macam. Hanya mendengarkan bunyi klakson dari bus AKAP atau truk saja membuat anak-anak ini riang gembira. Tulisan ‘Om Telolet Om’ ditunjukkan anak-anak dengan papan atau kertas karton atau kerdus supaya pak sopir membunyikan klakson dengan suara yang istimewa menurut mereka.

Bahkan, saking viralnya di media sosial, orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo pun memberi komentar. “Ya itu sebuah apa ya, menurut saya sebuah kesederhanaan, sebuah kesenangan, sebuah kebahagiaan, dari rakyat untuk memperolah sebuah hiburan atau hobi,” kata Presiden Jokowi saat menjawab wartawan usai menghadiri Deklarasi Pemagangan Nasional, di kawasan Karawang International Industrial City, Karawang, Jawa Barat, Jumat (23/12) siang seperti dikutip dari Kabarpolitik.com.

Tak semua orang menyukai ‘Om Telolet Om’. Ada yang mengartikan macam-macam. ‘Om Telolet Om’ diartikan sebagai permintaan anak untuk membunyikan klakson dari bus atau truk oleh pak sopir yang dipanggil ‘Om’. Namun ada juga yang mengartikan ‘Om Telolet Om’ sebagai cara agama tertentu dalam menyampaikan ajaran agamanya. Apapun penilaian orang yang jelas awal dari munculnya ‘Om Telolet Om’ adalah membuat anak-anak menjadi senang.

Bagi Anda yang menyukai ‘Om Telolet Om’, Anda tidak harus berada di pinggir jalan dengan membawa tulisan ‘Om Telolet Om’ untuk mendengarkan klakson khas dari bus AKAP atau truk ini. Bagi Anda yang memiliki smartphone berbasis android, kini Anda bisa mengunduhnya di PlayStrore.

Buka PlayStore kemudian ketik Om Telolet Om pada pencarian. Ada banyak aplikasi ‘Om Telolet Om’. Sampai tulisan ini dipostingkan paling tidak ada 10 buah aplikasi ‘Om Telolet Om’.

Saya penasaran dan mengunduh beberapa aplikasi ‘Om Telolet Om’. Ada aplikasi ‘Om Telolet Om’ yang berisi beberapa tautan yang jika diklik maka masuk ke YouTube. Sementara ada plikasi lain yang saya unduh berupa bunyi klakson dari berbagai jenis kendaraan besar seperti bus AKAP, truk, dll.

Bunyi klakson-klakson tersebut bervariasi. Untuk dapat mendengarkan ‘Om Telolet Om’ setelah Anda mengunduh dan menginstalnya maka cukup membuka dan pilih tombol klakson yang Anda inginkan. Terdapat warna merah, kuning, hijau, dan biru. Ada juga game pada aplikasi ini.

Bunyi klakson yang aneh-aneh dapat Anda dengarkan dan Anda bisa tertawa sendiri. Tak hanya bunyi khas suara ‘Om Telolet Om’ yang biasa dibunyikan oleh Pak Sopir saja, namun juga ada beberapa musik daerah. Salah satunya adalah ‘Nonton Ondel-ondel’ dari Betawi, tentunya bunyi musik Betawi ini aransemennya khas ‘Om Telolet Om’.

Untuk sejenak merelaksasikan pikiran, tak ada salahnya Anda mengunduh aplikasi ini. Namun, jangan dibunyikan sembarangan, karena bisa menganggu orang lain. Selamat mencoba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: