Ini Alasan Kenapa Anda Harus Makan Buah Pir


Foto: pngimg.com

Foto: pngimg.com

Buah pir mungkin masih jadi buah yang belum familier bagi orang Indonesia. Lain halnya dengan pisang yang sudah familier. Pir termasuk buah yang harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan buah pisang karena pir adalah buah impor.

Banyak spesies dari buah yang banyak mengandung air ini. Buah dengan nama latin Pyrus sp. ini sangat enak dimakan saat cuaca panas, apalagi dalam keadaan dingin. Segarnya buah pir ternyata berbanding lurus dengan manfaatnya bagi kesehatan. Jadi makan buah pir sangatlah dianjurkan.

Berikut ini manfaat jika Anda makan buah pir, seperti dikutip dari BoldSky.

Sifat anti-kanker
Pir mengandung serat tinggi menetralkan sel karsinogenik dan mencegah kanker pada usus besar dan payudara.

Mencegah penyakit jantung
Pir adalah buah yang baik untuk jantung seperti kandungan serat yang mengurangi tingkat kolesterol. Asupan harian pir sangat mengurangi risiko jantung dan stroke.

Baik untuk tulang
Pir mengandung mineral yang disebut boron yang menyerap kalsium, yang merupakan nutrisi penting untuk tulang. Pir dikenal sebagai buah ‘tulang-bangunan’. Boron juga penting untuk kesehatan wanita dalam produksi estrogen, hormon yang mengontrol siklus bulanan.

Melindungi terhadap radikal bebas
Pir memiliki sejumlah vitamin di dalamnya seperti vitamin C dan K, selain mineral yang melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh kita.

Baik untuk kulit
Serat makanan dalam pir memainkan peran kunci dalam menjaga kulit halus. Serat ini mencegah kerusakan kolagen kulit yang disebabkan oleh lonjakan gula. Konsumsi secara teratur pir juga melawan efek penuaan dan radikal bebas.

Kontrol gula darah
Pir memiliki rendah indeks grikemik yang membantu dalam mengendalikan kadar gula dan penyakit mematikan seperti diabetes.

Memperbaiki pencernaan
Serat dalam buah pir tidak larut yang membantu dalam proses pencernaan.

Sehat untuk ibu hamil
Pir mengandung asam folat, yang baik untuk ibu hamil. Makan pir secara teratur akan memastikan bayi yang baru lahir sehat.

Sumber energi yang tinggi
Pir memiliki kadar glukosa yang tinggi, yang memberikan energi instan. Jika Anda terlalu lelah setelah jadwal sibuk, makan buah pir akan meremajakan Anda dalam waktu singkat.

Meningkatkan kekebalan
Kehadiran antioksidan seperti vitamin C dan tembaga pada buah pir meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi kesehatan kita terhadap berbagai penyakit.

Baik untuk arthritis dan gout
Sumber dari Wikipedia, gout ialah salah satu bentuk artritis yang diakibatkan oleh pengumpulan hablur-hablur asid urik pada sendi-sendi. Asupan rutin pir dapat memiliki efek menenangkan bagi mereka yang memiliki masalah seperti arthritis dan gout.

Anti-alergi
Tidak seperti banyak buah-buahan, pir menyebabkan alergi dan juga dapat diberikan kepada bayi sifat anti-alergi mereka sangat baik.

Iklan

2 responses

  1. Sayang…harganya mahal apalagi di luar jawa

    1. Di Jawa pun harganya relatif lebih mahal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: