10 Cara Supaya Terhindar Diabetes Tipe 2


 Foto: funny-pictures.picphotos.net

Foto: funny-pictures.picphotos.net

Salah satu organ penting manusia adalah pankreas. Pankreas berperan penting dalam tubuh manusia. Pankreas menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksokrin serta menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin. Pankreas mengatur kadar gula dalam darah. Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin untuk mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh.

Jika pankreas bermasalah maka akan terganggunya pengaturan kadar gula dalam darah. Pankreas bermasalah dapat menyebabkan diabetes tipe 2 yang saat ini banyak terjadi. Pola makan dan gaya hidup yang tak sehat adalah penyebab utama dari diabetes tipe 2.

Sumber dari Wikipedia menyebutkan bahwa angka penderita diabetes selama 50 tahun terakhir meningkat pesat seiring dengan meningkatnya angka kegemukan. Pada tahun 2010, diperkirakan ada 285 juta orang mengalami penyakit ini, dibandingkan hanya ada 30 juta pasien pada tahun 1985. Komplikasi jangka panjang yang mungkin terjadi akibat kadar glukosa darah tinggi antara lain penyakit jantung, stroke, retinopati diabetes yang mempengaruhi penglihatan mata, gagal ginjal yang memerlukan dialisis, dan kurangnya sirkulasi darah di bagian tungkai yang mengharuskan dilakukannya amputasi.

Oleh karena itu, supaya Anda terhindar dari diabetes tipe 2 harus menghindari hal-hal yang menjadi pemicunya dan menjalankan pola hidup sehat. Berikut ini 10 cara untuk mencegah timbulnya diabetes tipe 2, seperti dikutip dari DNA.

1. Lakukan tes sebelum menderita
Melakukan tes darah akan membantu dalam mengidentifikasi risiko pengembangan diabetes sejak dini. Ini akan memastikan bahwa semua tindakan pencegahan yang diambil sebelum terlambat. Tes ini membantu dalam belajar lebih banyak tentang risiko diabetes tipe 2 berkembang.

2. Mengatur berat badan
Lemak tubuh yang berlebihan, terutama jika akumulasi sekitar perut merupakan perlawanan tubuh terhadap hormon insulin yang pada gilirannya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Olahraga teratur
Olahraga atau latihan yang memadai minimal tiga hari sekali dalam seminggu dapat mengelola berat badan, membantu untuk menurunkan kadar glukosa darah dan juga bisa mengelola tekanan darah dan kolesterol.

4. Diet Sehat
Sebuah diet seimbang adalah penting. Mengecilkan jumlah karbohidrat dan lemak trans dalam diet Anda. Makan sayuran dan makanan tinggi serat juga merupakan kunci untuk gaya hidup yang sehat.

5. Hindari minuman gula manis dan junk food
Junk food atau makanan siap saji biasanya tinggi garam, lemak dan gula. Memasak di rumah dengan menggunakan bahan-bahan segar adalah pilihan ideal untuk mencegah diabetes tipe 2.

6. Hindari alkohol
Asupan alkohol yang berlebihan akan mengakibatkan kenaikan berat badan dan ini bisa menaikkan tekanan darah Anda. Menghindari alkohol adalah pilihan terbaik untuk menjaga supaya diabetes pergi.

7. Berhenti merokok
Merokok adalah penyebab di balik penyakit yang serius, termasuk diabetes tipe 2. Demikian juga, perokok dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes bila dibandingkan dengan non-perokok.

8. Kontrol tekanan darah Anda
Pada rata-rata, setiap individu dapat melakukan ini dengan olahraga teratur, diet seimbang dan dengan menjaga berat badan yang sehat. Untuk pasien yang menderita dengan masalah tekanan darah tidak teratur, Anda mungkin memerlukan obat yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

9. Jaga jantung Anda
Diabetes dan penyakit kardiovaskular memiliki beberapa faktor risiko bersama, yaitu obesitas.

10. Pemeriksaan rutin
Tak hanya kadar gula saja yang harus dicek secara rutin, namun juga kolesterol dan tekanan darah supaya terhindar dari diabetes tipe 2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: