‘Jenggot Musa’ Tak Harus Menggantung


img_20161104_054916Jika rumah kita hijau, maka suasana akan menjadi sejuk dan tenang. Tanaman hijau bisa tanam di pekarangan rumah kita supaya udara menjadi segar dan pemandangan indah alami. Tanaman hijau bisa memikat siapa saja melihatnya menjadi senang.

Salah satu tanaman hijau yang bisa ditanam sebagai tanaman hias adalah jenggot musa (Pilea nummulariifolia) atau disebut juga Creeping charlie. Tanaman herbaceous ini ermasuk dalam suku Urticaceae. Tanaman yang menyerupai daun mint ini berasal dari Amerika Selatan bagian utara. Tanaman ini dapat tumbuh dibawah sinar matahari langsung maupun di dalam ruangan yang tidak terkena langsung sinar matahari.

Cara menanam jenggot musa sangat mudah, cukup dipotong dan ditanam pada media tanah atau media yang lain. Tanaman ini sangat muda hidup, jenggot musa biasanya ditanam pada pot yang digantung. Tanaman ini akan berwarna hijau tua jika nutrisi tercukupi, jika nutrisi kurang akan berwarna hijau muda dan kekuningan. Tanaman ini harus cukup air, sebaiknya media tanam basah namun tidak tergenang air.

Jenggot rusa tidak selamanya bisa ditanam dengan cara pada pot gantung. Saya menanam tanaman ini dengan berbagai cara yang unik dan tetap sedap dipandang.

Sebagai penutup
img_20161104_055253Saya mencoba menanam jenggot musa tidak pada pot yang digantung, namun saya tanam pada pot dimana pot tersebut adalah pot besar yang ada tanaman besar. Jadi fungsi jenggot musa di sini sebagai penutup pot. Pot yang berbahan dari plastik berwarna hitam atau warna yang lain tampak tidak indah. Setelah saya tanami dengan jenggot musa hasilnya seluruh pot ditutupi dengan tanaman ini dan menjadi hujau cantik sekali.
img_20161104_054843Tanaman utama dalam pot tergantung selera Anda, namun sebaiknya tanaman yang bisa tumbuh besar dan tinggi. Saya memadukan tanaman utama dengan jenggot musa antara lain pandan bali, walisongo daun lebar, dan berbagai tanaman yang lainnya. Saya juga memadukan jenggot rusa ditanamn di tanah untuk menutupi bagian bawah teras menjadi hijau.

Penutup tanah
img_20161104_055115Jenggot musa juga bisa ditanaman di tanah. Jenggot musa akan merambat seperti rumput hias. Daunnya yang hijau membuat tanah tidak terlihat dan ditutupi dengan tanaman ini dengan indah. Jadi, jika Anda ingin mencari rumput hias bisa menggantinya dengan jenggot musa.
img_20161104_055139img_20161104_055033img_20161104_054927Tanaman ini baik dipupuk dengan pupuk organik atau pupuk kompos, namun Anda juga bisa memupuknya dengan pupuk kimia seperti NPK atau urea. Setelah daun mulai menguning atau sekitar 1,5-2 bulan, maka Anda bisa menaburkan pupuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: