Bahan Alami Pengganti Gula yang Menyehatkan


Makanan dengan rasa manis adalah makanan yang paling banyak disukai dari pada gurih, atau asin. Tak hanya anak-anak saja yang menyukai makanan dengan rasa manis, namun juga orang dewasa. Sayangnya, rasa manis pada makanan tersebut tak semanis akibat yang ditimbulkan. Memang, akibat dari makan makanan manis tidak seketika itu juga.

Jika sering makan makanan manis apalagi berlebihan maka akan berakibat yang tidak baik untuk kesehatan. Obesitas adalah akibat dari sering makan makanan yang manis. Diabetes juga mengintai bagi mereka penggemar makan makanan manis. Kanker adalah penyakit selanjutnya yang mengintai mereka yang gemar makan makanan manis.

Selain gula, makanan manis juga bisa dari pemanis buatan atau gula sintetis. Gula sintetis lebih berbahaya dari pada gula yang berasal dari alam. Jika Anda ingin membeli produk makanan atau minuman sebaiknya memperhatikan pemanis yang digunakan apa. Gula sintetis yang ada pada makanan atau minuman produk kemasan antara lain sakarin, dulsin, siklamat, sorbitol, dan aspartame. Jika pada produk tertera pemanis tersebut sebaiknya jangan dibeli.

Tiap hari manusia tak bisa lepas dari makanan atau minuman dengan rasa manis, dan biasanya rasa manis yang kita gunakan adalah gula. Kita bisa mengganti gula untuk pengganti rasa manis dengan bahan alami dan bukan pemanis sintetis yang lebih menyehatkan.

Berikut ini delapan bahan alami yang manis sebagai pengganti gula, seperti dikutip dari BoldSky.

1. Madu

Foto: rvcoutdoors.com

Foto: rvcoutdoors.com

Sebuah pengganti gula yang bagus. Pilih madu mentah lebih baik yang diproses untuk membuat nutrisi asli. Madu juga antibakteri. Meskipun Anda menggunakan madu yang banyak namun tidak seperti gula, madu rendah kalori.

2. Jus buah

Foto: healthyglad.com

Foto: healthyglad.com

Ini adalah pengganti umum untuk gula. Tapi, sangat penting untuk minum jus yang tidak menambahkan gula dan asli dari gula buah.Jus mangga, melon, semangka, dll adalah jus yang baik untuk tubuh.

3. Molase

Foto: thepaleomom.com

Foto: thepaleomom.com

Meskipun gula terbuat dari tebu yang sama, yang juga meninggalkan molase sebagai produk sampingan, kita cenderung mengabaikan molase lebih kaya gizi dan menggunakan gula kristal yang kurang sehat. Molasse tidak hanya manis dari gula tetapi juga merupakan sumber yang baik dari zat besi dan kalsium, membuatnya menjadi pengganti yang sempurna untuk gula.

4. Gula kelapa

Foto: usesofcoconut.com

Foto: usesofcoconut.com

Gula kelapa memiliki indeks glikemik rendah. Gula kelapa dapat dengan mudah digunakan sebagai pengganti gula biasa. Gula kelapa dilakukan setelah getah dari pohon kelapa dipanaskan untuk menguapkan kandungan air dan mengubahnya menjadi butiran yang dapat digunakan.

5. Xylitol

Foto: dentistfairfieldca.com

Foto: dentistfairfieldca.com

Ditemukan di permen karet, xylitol adalah gula lima karbon, yang berarti mencegah pertumbuhan bakteri. Xylitol dihasilkan oleh tubuh kita, selain yang ditemukan dalam buah-buahan berserat dan sayuran, tongkol jagung, dll.

6. Gula kurma

Foto: onegreenplanet.org

Foto: onegreenplanet.org

Ini dihasilkan dari kurma yang dikeringkan. Manfaat gizi dari kurma dan rasa manis membuat gula kurma alternatif yang ideal untuk gula merah.

7. Sirup beras merah

Foto: iherb.com

Foto: iherb.com

Terbuat dari beras merah yang mendidih, sirup gluten ini memiliki banyak manfaat dari beras merah yang sehat dan dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam pancake dan salad.

8. Stevia

Foto: Youtube

Foto: Youtube

Tiga ratus kali lebih manis dari gula, stevia adalah ramuan yang ditemukan di Amerika Selatan dan digunakan sebagai suplemen makanan pengganti gula. Tidak memiliki kalori dan juga tidak meninggalkan dampak glisemik yang membuatnya cocok untuk pasien diabetes dan mereka yang mencoba untuk menjaga berat badan terkontrol.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: