Kerupuk Nasi (Karak) Tanpa Bleng


dsc01688Kerupuk adalah camilan yang sudah menjadi bagian dari sebagian besar masyarakat. Makanan yang jika digigit berbunyi ‘kriuk’ ini memang sudah akrab sebagai pendamping makan. Bahkan ada yang tak bisa makan dengan enak jika tak ada kerupuk.

Terdapat berbagai jenis kerupuk yang ada di negeri ini. Makanan yang cara memasaknya digoreng ini memiliki varian dari berbagai bahan dari tumbuhan maupun hewan. Kerupuk udang, kerupuk cumi, dan kerupuk ikan tenggiri adalah jenis kerupuk berbahan dasar ikan. Kerupuk singkong, kerupuk ubu jalar, dan kerupuk nasi adalah berbahan dasar dari tumbuhan.

Kerupuk nasi banyak dikenal di pulau Jawa. Kerupuk ini juga dikenal dengan ‘karak’. Kebanyakan kerupuk karak dibuat dengan mencampurkan bleng atau borak atau gendar atau banyak dikenal dengan ‘puli’, maka sering juga disebut dengan kerupuk puli.

Bleng atau borak atau puli sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan, apalagi jika sering mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu harus dicarikan alternatif supaya kerupuk yang renyah dan gurih ini tetap dinikmati tanpa harus mengusik kesehatan para penggemarnya.

Di sini saya akan menghadirkan resep kerupuk karak yang dibuat tanpa penambahan bleng.

Bahan-bahan yang harus disediakan:

½ kg nasi
5 sendok makan pati garut
1 sendok teh garam (atau sesuai dengan selera)
½ sendok teh ketumbar bubuk
4 siung bawang putih
½ gelas belimbing air matang (air mineral)

Cara membuat:

Ulek bawang putih dan garam, kemudian masukkan ketumbar bubuk. Tuangkan bumbu yang telah diulek ke dalam wadah dan tuangkan pati garut. Masukkan air sedikit demi sedikit supaya adonan benar-benar tercampur rata. Jika sudah cukup air tidak sampai 1/2 gelas dihabiskan.

Kukus nasi dengan api panas selama 15 menit. Angkat nasi dan masukkan ke dalam wadah yang besar seperti baskom atau loyang. Tuangkan adonan yang telah dicampur dengan pati garut tadi. Uleni atau campur sampai bumbu dan pati garut bercampur sempurna dengan nasi. Tumbuk nasi dengan benda tumpul supaya semua bahan benar-benar tercampur.
img_20161102_060423Setelah dingin ambil adonan yang telah tercampur tadi dengan sendok dan cetak dengan capa dua papan dipencet atau dilindas. Hasil cetakan akan bulat. Selesaikan sampai semua adonan tercetak semua menjadi kerupuk yang masih basah. Keringkan kerupuk yang masih basah pada terik matahari. Jika matahari sangat terik butuh waktu setengah hari, namun untuk memastikan kering seharian lebih baik.
img_20161102_060640Setelah kerupuk kering diangkat dan bisa digoreng dengan minyak goreng pada api yang sedang. Jika Anda ingin menyimpan kerupuk yang belum digoreng, maka simpan di dalam plastik dan jangan disimpan di tempat yang lembab. Kerupuk yang belum digoreng ini bisa tahan sampai lebih dari tiga bulan.
img_20161102_060506
Selamat mencoba!

5 responses

  1. Pati garutnya bisa diganti tepung kanji Mas? Karena didaerahku tidak ada pati garut

      1. terimakasih mas, dan ijin reblog ya

  2. Reblogged this on ARSIHPEBLOG and commented:
    Perlu dicoba, sehingga dapat menikamati karak (krupuk nasi) tanpa borak.Dapat gurihnya, dapatsehatnya. Aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: