Tak Hanya Menyedapkan Masakan, Kucai Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan


Foto: wartakesehatan.com

Foto: wartakesehatan.com

Anda suka dengan masakan yang ditumis? Jika suka, mungkin kucai pernah Anda makan bersamaan dengan masakan yang ditumis tersebut. Yah, daun kucai biasa sebagai bumbu penyedap dalam tumisan seperti halnya daun bawang.

Tumis tahu, ikan teri, dll adalah tumisan yang sangat cocok ditambah dengan daun kucai. Tak hanya itu saja, telur dadar juga menjadi lebih enak jika ditambahkan dengan cincangan daun kucai. Daun kucai juga biasa dimasak sebagai pelengkap masakan berkuah seperti sup, bakso, atau soto.

Bentuknya seperti rumput teki atau mirip dengan daun bawang memang masih keluarga dengan Liliaceae atau suku bawang-bawangan. Tanaman dengan nama ilmiah Allium odorum L. ini berasal dari Asia Tengah dan banyak ditanam di negara-negara Asia Tenggara.

Enaknya daun kucai sebagai penyedap masakan sebanding dengan manfaatnya bagi kesehatan. Berikut ini manfaat jika Anda mengkonsumsi daun kucai, seperti dikutip dari Magforwomen.com berikut ini.

1. Membantu menurunkan berat badan
Sangat rendah kalori, daun kucai membuat diet makanan yang bagus. Seratus gram daun kucai segar memiliki 30 kalori dan sarat dengan antioksidan, serat, vitamin, kalsium dan mineral yang masing-masing bertanggung jawab untuk pemeliharaan beberapa bagian dari organ tubuh.

2. Membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Sama seperti bawang putih, daun kucai mengandung allicin. Allicin bertanggung jawab untuk meminimalkan tekanan darah dan menurunkan produksi kolesterol dalam tubuh. Daun kucai juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur di dalamnya. Menghilangkan bakteri dan jamur dalam saluran usus memastikan bahwa fungsi sistem pencernaan Anda dengan baik.

3. Mencegah sembelit
Daun kucai kaya serat makanan dan ini berarti kucai membantu pencernaan menjadi lebih sempurna. Serat pada pada kucai memperlancar kerja usus besar sehingga menghilangkan sembelit.

4. Membantu mencegah kanker
Daun kucai merupakan sumber alami flavonoid dan sulfur yang mencegah beberapa jenis kanker secara efektif. Kucai melawan radikal bebas dan mencegah perkembangan kanker. Oleh karena itu, kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan perut dapat dicegah/diobati dengan konsumsi daun kucai.

5. Mengatasi masalah kulit
Daun kucai memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur di dalamnya, sangat baik untuk kulit Anda dan infeksi kulit yang terkait. Gunakan daun kucai sebagai lotion untuk mengobati koreng dan luka terbuka. Membunuh bakteri dan jamur yang dapat berkembang pada kulit yang memar atau terbuka.

6. Promosikan tulang yang sehat
Ada kelimpahan Vitamin K pada daun Kucai. Vitamin ini bertanggung jawab pada kesehatan tulang Anda. Demineralisasi tulang dapat dicegah dengan mengkonsumsi secara teratur daun kucai. Wanita terutama yang telah berusia lanjut rentan terhadap osteoporosis bila dibandingkan pria. Meningkatkan kepadatan tulang dapat dilakukan dengan mengkonsumsi daun kucai segar.

7. Mencegah masalah pada kehamilan
Daun kucai segar gudangnya asam folat. Asam folat berperan penting dalam pembelahan sel. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa asam folat disarankan dipenuhi selama kehamilan untuk semua wanita. Ketika tingkat yang memadai asam folat dikonsumsi oleh wanita hamil, maka cacat jaringan saraf pada bayi yang baru lahir secara substansial dapat dicegah.

8. Nutrisi untuk fungsi tubuh
Daun kucai juga mengandung vitamin B-kompleks dan mineral yang signifikan seperti tembaga, piridoksin, zat besi, niasin, mangan, thiamin, kalsium dan riboflavin yang mendukung fungsi tubuh.

9. Mencegah pembekuan darah
Flavonoid pada daun kucai mengatur tekanan darah dan menurunkan hipertensi. Daun kucai juga kaya akan vitamin C yang bertanggung jawab untuk meningkatkan elastisitas pembuluh kapiler darah dan mempromosikan penyerapan zat besi dalam tubuh. Pembekuan darah juga dicegah dengan konsumsi secara teratur daun bawang.

10. Membantu mencegah jerawat
Kehadiran Beta-karoten dalam daun bawang memungkinkan untuk membersihkan kulit sehingga bebas dari jerawat. Asupan kucai secara teratur pada tubuh mempromosikan kulit bercahaya.

11. Mengatasi kulit kering
Jika Anda memiliki kulit kering, daun bawang segar punya jawaban untuk Anda. Oleskan daun bawang haluskan di wajah Anda dan biarkan kering selama 30 menit sebelum membilasnya. Ketika Anda melakukan ini secara teratur, Anda akan menemukan perbedaan yang luar biasa dalam tekstur kulit Anda.

12. Mempromosikan rambut sehat
Rambut kusam juga dapat dicegah dengan daun kucai. Daun membantu dalam memperkuat folikel rambut dan meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke akar. Daun kucai yang digunakan dalam beberapa produk perawatan rambut karena dikenal untuk menghentikan rambut rontok dan mempromosikan pertumbuhan baru.

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: