10 Manfaat Makan Sawo Manila Bagi Kesehatan


Foto: infojardin.com

Foto: infojardin.com

Siapa yang tidak kenal dengan buah sawo. Terdapat tiga jenis sawo yang banyak dikenal orang, yaitu sawo duren, sawo kecil, dan sawo manila. Jenis yang ketiga ini yang paling banyak dikenal orang. Sawo manila adalalah buah yang berwarna coklat yang sangat manis jika sudah matang, namun akan terasa getir jika masih mentah.

Buah dengan nama Latin Manilkara zapota ini adalah buah yang tidak kenal musim. Sawo manila atau sering disebut dengan sawo saja sering dijadikan rujukan untuk warna kulit. Warna kulit penduduk di negara-negara Asia umumnya berwarna sawo matang.

Sawo dimakan langsung terasa lebih nikmat. Manisnya sawo ternyata sebanding dengan manfaatnya bagi kesehatan. Apa saja manfaat jika kita makan sawo? Berikut ini 10 manfaat kesehatan jika Anda makan sawo, seperti dikutip dari BoldSky.

1. Sawo kaya vitamin A & C
Vitamin A dalam buah sawo membantu mata kita dan memungkinkan kita untuk memiliki penglihatan yang baik pada pada orang tua. Vitamin C seperti pada buah jeruk lainnya membantu kita untuk memiliki kekebalan tubuh yang kuat, mengurangi gangguan jantung, dll.

2. Membantu ibu hamil mengatasi morning sickness
Sawo dapat membantu wanita hamil mengatasi morning sickness sedangkan kolagen di dalamnya membantu mereka dalam mengatasi penyakit yang berhubungan dengan lambung. Vitamin, karbohidrat dan elektrolit dalam sawo sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan juga menyusui.

3. Memperbaiki pencernaan
Ucapkan selamat tinggal pada sindrom iritasi usus besar dengan makan sawo secara teratur. Serat yang terkandung pada sawo menyembuhkan masalah sembelit.

4. Menyediakan energi
Fruktosa dan sukrosa hadir dalam buah sawo menyediakan energi bagi tubuh Anda. Jika Anda memiliki jadwal yang padat, bawalah sawo yang sewaktu-waktu bisa Anda makan untuk cadangan energi pada tubuh Anda.

5. Membantu menghindari batu ginjal
Sawo bertindak sebagai diuretik dan karenanya melindungi Anda terhadap batu ginjal.

6. Meningkatkan massa tulang
Sawo mengandung fosfor, zat besi, kalsium, seng, tembaga, selenium, dll, dan karenanya membuat tulang Anda kuat. Makan sawo akan membantu Anda menghindari suplemen gizi dalam tahap kehidupan.

7. Membantu kulit & rambut
Sawo baik untuk kulit dan rambut, karena sawo menjaga memberikan nutrisi pada kulit dan rambut. Sawo juga mencegah keriput.

8. Kaya akan antioksidan
Sawo kaya akan antioksidan yang mampu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar atau kanker mulut.

9. Kontrol tekanan darah
Kandungan magnesium dalam buah sawo membuat pembuluh darah dalam kondisi sangat baik, sedangkan kalium di dalamnya mengatur tekanan dan sirkulasi darah. Mineral besi pada buah yang berwarna coklat ini membantu dalam menyembuhkan anemia.

10. Menjaga berat badan di bawah kontrol
Sawo membantu dalam tubuh menyingkirkan retensi air dan juga membantu mengatur secara metabolisme, sehingga membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: