Belanja Itu Tidak Harus Keluar Rumah


Ilustrasi belanja online, foto: zopini.com

Ilustrasi belanja online, foto: zopini.com

Untuk memenuhi kebutuhan, maka Anda harus berbelanja. Kebutuhan untuk harian maupun kebutuhan lainnya diusahakan untuk membeli jika Anda belum bisa mengusahakannya sendiri. Kebutuhan harian misalnya sembilan bahan pokok (sembako) yang merupakan kebutuhan primer.

Sementara, kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya dengan kebutuhan primer antara lain kebutuhan untuk gaya hidup, hobi, wisata, dll. sebut saja kebutuhan yang berkaitan dengan penampilan seperti kecantikan bagi wanita. Bagi pria pun penampilan bukan yang nomor sekian. Kebutuhan yang menunjang hal ini seperti pakaian kerja, olahraga, tas dan sepatu untuk kerja maupun santai. Perabotan rumah juga musti harus terpenuhi, kulkas, televisi, meja dan kursi, lampu, dll.

Di era yang serba digital ini untuk memenuhi kebutuhan hidup tidaklan susah. E-comerce adalah istilah untuk perdagangan dengan fasilitas dunia maya atau internet. Penjual dan pembeli tidak harus bertemu di suatu tempat untuk bertatap muka untuk transaksi perdagangan.

Jika Anda termasuk orang yang sibuk, belanja online adalah cara yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus ribet keluar rumah yang mungkin harus menyita waktu Anda. Belanja yang tidak harus beranjak dari tempat duduk Anda dan tidak harus keluar rumah saat ini menjadi tren gaya berbelanja di era yang serba praktis ini.

Beberapa toko retail waralaba banyak yang menawarkan pelayanan kepada pelanggan berbelanja tidak harus keluar rumah. Pelanggan tinggal membuka website dari toko ritail tersebut. Pelanggan biasa membuat akun di website toko retail tersebut. Setelah syarat dan ketentuan dipenuhi pelanggan, maka pelanggan bisa membeli barang yang diinginkan. Foto dan harga barang sudah tertera. Barang pun diantar sesuai dengan alamat Anda berada.

Selain Anda harus membuka website toko retail, Anda juga bisa menelepon toko. Anda cukup menyebutkan nama dan alamat Anda dan nama barang yang Anda inginkan. Barang diantar biasanya tidak sampai satu jam. Anda bisa membayar barang setelah barang sampai di tangan Anda. Bahkan berbelanja dengan cara ini bisa Anda lakukan 24 jam di toko retail tertentu. Berbelanja dengan cara Ini sangat cocok bagi Anda yang sibuk dan tidak ada waktu untuk keluar rumah, atau saat hari hujan, tengah malam dan Anda menginginkan sesuatu yang harus terpenuhi. Jarak toko dan rumah Anda biasanya tidak lebih dari 5 km atau masih dalam kota, tergantung dari kesepakatan dengan manajemen toko.

Untuk kebutuhan kuliner pun tidak harus repot, sekarang ada jasa restoran pesan antar. Anda tinggal menghubungi via panggilan ke restoran yang Anda inginkan. Beberapa restoran siap saji waralaba sudah lama melakukan hal ini. Bahkan sekarang warung makan seperti Warteg dan warung Padang pun juga sudah memberikan jasa pesan antar.

Yang saat ini sedang banyak digandrungi orang adalah belanja online. Penggemar belanja online memang banyak dari kalangan muda. Anak kuliah, profesional muda, dan bagi mereka yang melek teknologi. Beberapa manfaat atau keuntungan dengan Anda berbelanja online. Anda tidak perlu datang ke toko, sehingga waktu Anda tidak tersita seperti macet, hujan, banjir, dll. Anda bisa membandingkan dari toko online satu dengan yang lainnya, sehingga Anda dapat memilih harga terbaik sesuai dengan kantong Anda dengan kualitas barang sesuai dengan selera.

Keuntungan berbelanja secara online yang lain adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai. Anda bisa membayar via kartu kredit, kartu debit, transfer via m-banking, internet banking, atau via ATM, jadi tak perlu ada kembalian uang receh. Namun demikian, ada toko dan barang tertentu yang bisa dioder dengan dibayar ditempat atau Anda bisa membayarnya setelah Anda menerima barang.

Di balik kenyamanan berbelanja secara online, ternyata ada kelemahannya. Mungkin saja antara barang yang ada di gambar tidak sesuai dengan yang Anda inginkan setelah Anda menerima barang. Misalnya jika Anda berbelanja sepatu, Anda memilih ukuran 40, namun karena Anda tidak mencobanya bisa saja ukuran 40 bisa tidak sesuai dengan ukuran kaki Anda. Bisa jadi Anda memerlukan ukuran 39 atau 41. Begitu juga jika Anda berbelanja pakaian bisa jadi ukuran tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Hal ini terjadi karena Anda tidak memilih secara langsung dan tidak mencobanya.

Beberapa tips supaya belanja online Anda tidak mengecewakan. Carilah toko online yang terpercaya. Banyak situs belanja online yang saat ini diiklankan di media cetak maupun elektronik. Situs belanja online yang baik biasanya domainnya berbayar dan bukan blog. Situs mencantumkan alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Biasanya nomor telepon tetap (PSTN) dan bukan nomor ponsel. Hindari situs belanja online abal-abal yang tidak mencantumkan alamat terang.

Situs belanja online yang baik biasanya ada pengaduan baik melalui kontak telepon maupun via chat jika barang yang ada di gambar tidak sesuai dengan Anda terima, keterlambatan barang, barang cacat, dll. Adanya survei kepuasan pelanggan atas pelayanan mulai dari barang yang sesuai dengan yang Anda inginkan, penemasan barang, ketepatan pengiriman, keramahan pengantar, dll.

Jika Anda berbelanja makanan harap berhati-hati. Anda tidak bisa mengecek secara langsung tanggal kadaluarsa makanan. Apalagi jika harga makanan antara di pasaran jauh lebih murah dari pada yang ada di situs online.

Jika kita tidak bisa mengendalikan diri, berbelanja online justru menjadi gaya hidup yang membuat hidup Anda menjadi boros. Anda bisa terlilit dengan tagihan kartu kredit yang membengkak atau kartu debit Anda saldonya sangat memprihatinkan. Kuncinya ada pada diri Anda sendiri. Belanja secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terkecoh pada diskon ini dan itu.

Saya sendiri saat ini sering berbelanja online, namun saya berbelanja barang-barang yang menjadi kebutuhan. Apalagi jika ada diskon lumayan besar bila dibandingkan dengan toko konvensional. Saya suka berbelanja online yang bukan produk makanan. Namun, tetap harus direm, jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

Apakah Anda suka berbelanja online?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: