10 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh Lawan DBD


Daun Nimba, Foto: BoldSky

Daun Nimba, Foto: BoldSky

Demam berdarah atau yang sering dikenal dengan DBD adalah penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus betina yang umumnya menyerang pada musim kemarau dan musim hujan. Virus tersebut menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan pendarahan.

Pencegahan DBD adalah mengubur barang-barang bekas yang berpotensi ada genangan air. Genangan air ini yang sangat disukai oleh nyamuk penyebab DBD. Selain itu menguras bak mandi tiap tiga hari sekali supaya tidak ada jentik-jentik yang merupakan keturunan dari nyamuk Aedes.

Selain pencegahan tersebut tak ada salahnya jika Anda juga membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan nyamuk yang bisa mematikan ini. Selain tercukupi cairan dalam tubuh dengan cara minum air mineral yang cukup juga makan atau melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Berikut ini 10 cara meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak terkena DBD, seperti dikutip dari BoldSky.

1. Daun nimba
Daun nimba dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ambil beberapa daun nimba, seduh pada air mendidih atau seperti membuat teh, saring dan kemudian minum.

2. Makan lebih banyak sayuran hijau
Sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral, serat dan nutrisi lain yang membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Tambahkan lebih banyak sayuran hijau seperti bayam, daun pepaya, brokoli, selada, daun ketumbar dan mint pada diet harian Anda.

3. Jeruk
Buah berwarna oranye ini kaya vitamin C, merupakan sumber antioksidan yang membantu memberikan dorongan untuk sistem kekebalan tubuh dan juga membantu melindungi terhadap infeksi.

4. Cengkeh
Rempah-rempah yang kaya antioksidan ini dapat Anda tambahkan pada bumbu masakan tertentu atau dibuat minuman dapat membantu dalam membangun kekebalan. Jadi cengkeh membantu dalam mencegah berbagai penyakit termasuk demam berdarah.

5. Bawang putih
Bawang putih kaya senyawa yang disebut allicin yang membantu untuk mempertahankan tubuh terhadap bakteri yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Tambahkan bawang putih untuk makanan sehari-hari Anda dan ini akan membantu untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Baik dimakan mentah.

6. Wortel
Salah satu sumber terbaik beta-karoten, wortel membantu untuk merangsang sel-sel dan antibodi dan melindungi tubuh terhadap infeksi.

7. Makanan laut segar
Seafoods, terutama tuna, salmon dan cumi-cumi merupakan sumber asam lemak Omega 3 dan juga anti-inflamasi. Makanan ini membantu dalam membangun kekebalan dan mencegah tubuh dari segala jenis infeksi.

8. Olahraga rutin
Berolahraga teratur sama pentingnya meningkatkan kekebalan Anda.

9. Jamur
Jamur, terutama yang shiitake dikenal untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi dan juga penyakit seperti demam berdarah. Masak jamur sesuai dengan selera Anda.

10. Kemangi
Ambil beberapa daun kemangi, cuci dengan benar dan kemudian kunyah. Lakukan ini pagi karena membantu untuk memberikan dorongan tingkat kekebalan dan mencegah salah satu dari penangkapan infeksi dan penyakit termasuk demam berdarah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: