Manfaat Kesehatan Daun Ketumbar yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Foto: necturajuice.com

Foto: necturajuice.com

Daun ketumbar di beberapa tempat kurang terkenal, sehingga banyak yang tidak menggunakannya untuk dimasak. Ketumbar lebih banyak dikenal orang bijinya yang merupakan rempah-rempah yang biasanya untuk bumbu berbagai masakan negara-negara tropis seperti Indonesia.

Tanaman dengan nama ilmiah Coriandrum sativum ini adalah sejenis tumbuhan herba semusim yang tergolong dalam famili Apiaceae. Ketumbar berasal dari Eropa Selatan, Afrika Utara dan Asia Barat Daya. Ketumbar adalah tumbuhan lembut dan tidak berbulu yang bisa tumbuh sampai ketinggian 50 cm.

Daun ketumbar ternyata memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Berikut ini manfaat kesehatan dari daun ketumbar, seperti dikutip dari BoldSky.

1. Membantu mengobati diare
Karena beberapa minyak esensial seperti Borneol dan linalool membantu untuk membantu pencernaan dan membantu dalam berfungsinya hati, sehingga mengurangi risiko diare. Setiap orang yang menderita diare harus mempertimbangkan minum jus daun ketumbar setiap hari di pagi hari.

2. Membantu mengobati gangguan kulit
Karena antioksidan, antijamur dan antiseptik sifat daun ketumbar, maka mengunyah daun ketumbar membantu untuk mengelola berbagai jenis penyakit. Berbagai masalah kulit, termasuk kekeringan pada kulit, eksim dan infeksi jamur yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun ketumbar. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengunyah beberapa daun ketumbar segar saat perut kosong.

3. Membantu mengontrol tekanan darah
Mengkonsumsi daun ketumbar memiliki efek positif pada tubuh manusia. Ini memberikan kontribusi untuk menurunkan tingkat tekanan darah seseorang dan juga membantu untuk menyembuhkan stres pada siapa saja yang menderita masalah hipertensi, sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

4. Penyembuhan anemia
Karena jumlah tinggi zat besi yang ditemukan pada daun ketumbar, hal ini membantu untuk mengobati anemia pada seseorang. Bagi Anda yang menderita sesak napas atau kelelahan dapat mempertimbangkan minum jus daun ketumbar setiap pagi.

5. Penyembuhan sariawan
Sitronelol adalah komponen utama yang memiliki sifat antiseptik. Daun ketumbar juga mengandung properti antibakteri yang membantu untuk menyembuhkan luka atau sariawan di mulut. Mengunyah daun ketumbar tiga kali dalam sehari dapat membantu menyingkirkan sariawan yang menganggu.

6. Meningkatkan kesehatan tulang
Sebagai sumber yang kaya kalsium, ketumbar terbukti sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang Anda. Ketumbar adalah nilai yang besar untuk orang-orang yang ingin memperkuat tulang mereka dan bagi mereka yang menderita dari berbagai masalah yang berhubungan dengan tulang. Mengunyah sedikitdaun ketumbar setiap hari atau menambahkan sejumlah kecil pada makanan sehari-hari dapat membantu untuk memperkuat tulang Anda.

7. membantu dalam pencernaan
Kehadiran minyak esensial pada ketumbar membantu pencernaan. Ketumbar membantu dalam sekresi yang tepat dari enzim dan cairan pencernaan dalam tubuh, sehingga merangsang pencernaan dan gerak peristaltik dalam tubuh. Selain itu, juga membuktikan bahwa daun ketumbar membantu untuk merangsang neurotransmitter dalam tubuh yang membantu dalam masalah pencernaan.

8. Perawatan mata
Sarat dengan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan lainnya, daun ketumbar bermanfaat bagi mata manusia. Juga, karena mineral yang ditemukan pada daun ketumbar, hal ini membantu untuk mencegah gangguan terkait penglihartan dan juga membantu untuk mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata.

9. Penyembuhan cacar
Antiseptik merupakan properti penyembuhan yang hadir pada daun ketumbar dapat memberikan kontribusi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga berkontribusi untuk mengurangi rasa sakit pada pasien yang menderita cacar. Para peneliti telah menguji teori ini dan telah menemukan bahwa dari 100 pasien, ketumbar mampu menyembuhkan 99 pasien dengan cacar dan juga membantu dalam mengurangi rasa sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: