10 Tanda Jika Ginjal Anda Tidak Sehat


Foto: naradanews.com

Foto: naradanews.com

Ginjal merupakan organ yang sangat penting dari tubuh kita. Tubuh kita memiliki dua ginjal dan mereka harus berada dalam kondisi yang baik untuk membuat kita tetap sehat.

Ginjal melakukan pekerjaan penting dari penyaringan darah, membilas limbah dan cairan ekstra dari sistem, mengatur tekanan darah dan kadar elektrolit, memproduksi sel-sel darah merah dan memastikan kesehatan tulang.

Jika kesehatan organ penting ini tidak sehat, maka seluruh sistem tubuh kita menghadapi bahaya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga ginjal kita dan tidak mengabaikan tanda-tanda bahwa ginjal sedang dalam masalah. Berikut ini 10 tanda jika ginjal Anda sedang dalam masalah atau tidak sehat, dikutip dari BoldSky.

1. Perubahan warna pada urine
Buang air kecil sangat erat kaitannya dengan ginjal dan setiap perubahan warna urin atau pola abnormal kencing menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan ginjal.

2. Rasa tidak enak di mulut
Jika ginjal rusak, maka proses pembersihan sampah akan terganggu. Akibatnya, limbah mulai menyetorkan ke dalam darah, menyebabkan rasa tidak enak di mulut. Dalam hal ginjal terpengaruh serius, mungkin ada perubahan yang signifikan dalam satu kapasitas mencicipi dan juga nafsu makan.

3. Muntah
Apakah Anda merasa mual dan sering merasa seperti muntah? Hal ini dapat menjadi hasil dari akumulasi limbah dalam darah Anda. Mual dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk dan hasilnya akan kehilangan berat badan.

4. Pembengkakan di dalam tubuh
Gangguan fungsi ginjal yang mengganggu prosedur membilas kelebihan cairan dan mereka menumpuk di dalam tubuh, menyebabkan pembengkakan di wajah dan anggota badan.

5. Kelelahan
Sebuah hormon bernama Erythropoietin disekresikan oleh ginjal dan mereka memproduksi sel darah merah yang memasok oksigen ke tubuh. Oleh karena itu, dalam hal kapasitas fungsional ginjal ini diturunkan, prosedur untuk menghasilkan sel-sel darah merah juga mendapat untung dan sebagai hasilnya, masalah kesehatan seperti kelelahan dan kerusakan pada otak dan otot datang. Bahkan kasus yang parah terjadi anemia.

6. Ruam kulit
Akumulasi limbah dalam tubuh, sebagai akibat dari ginjal disfungsional, dapat menyebabkan masalah kulit seperti ruam. Menerapkan obat eksternal hanya membantu sementara, tetapi akar penyebabnya berada jauh lebih dalam.

7. Nyeri
Nyeri di daerah pinggang dimana ginjal berada juga merupakan tanda umum dari penyakit ginjal. Rasa sakit juga dapat datang dengan pembentukan batu di ginjal bersama dengan infeksi.

8. Napas pendek
Hanya karena terganggu fungsi ginjal menghambat produksi sel darah merah, menyebabkan masalah pernapasan karena tingkat penurunan oksigen. Akumulasi racun dalam paru-paru juga memperburuk masalah lebih lanjut.

9. Konsentrasi yang tidak baik pada pekerjaan karena memori yang lemah
Tingkat berkurangnya pasokan oksigen dapat mempengaruhi otak dan pasien bisa menderita gejala seperti konsentrasi yang buruk, sakit kepala dan kesulitan dalam mengingat sesuatu.

10. Merasa dingin
Jika Anda merasa benar-benar dingin bahkan ketika cuaca tidak dingin, itu juga bisa menjadi tanda ginjal tidak sehat. Perasaan dingin datang karena kecenderungan anemia dan dapat disebabkan oleh masalah yang berhubungan dengan ginjal.

Jika ginjal Anda berada dalam bahaya, maka seluruh kesehatan Anda berisiko, karena organ berbentuk kacang ini bertindak sebagai penjaga keamanan utama untuk sistem tubuh Anda. Kegagalan ginjal bahkan dapat berakibat fatal. Jadi, jika Anda mengalami salah satu gejala yang disebutkan di atas, pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan segera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: