Penyakit yang Dapat Disebabkan Oleh Transfusi Darah


Foto: BoldSky

Foto: BoldSky

Tubuh manusia sangat canggih secara alami. Ini menunjukkan kecenderungan yang kuat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal atau internal yang tidak sesuai dengan komposisi tubuh tertentu. Setiap tubuh manusia memiliki beberapa fitur khas.

Fitur-fitur ini menentukan sifat dan berbagai aspek lain dari tubuh. Ketika Anda berbicara tentang fitur tubuh, pertama yang dibicarakan adalah darah. Darah adalah salah satu hal yang membedakan satu tubuh manusia dari yang lainnya. Darah merupakan bagian integral dari sistem peredaran darah dari tubuh yang melakukan berbagai hal untuk bagian-bagian tubuh yang berbeda.

Sangat sering darah akan tercemar atau terinfeksi karena berbagai penyakit. Dalam kasus seperti itu, orang harus menjalani proses transfusi darah.

Ini adalah praktek medis yang memungkinkan tubuh untuk mendapatkan tambahan pasokan darah eksternal. Darah dari berbagai jenis dikumpulkan dari donor yang berbeda melalui sumbangan, dan mereka dimasukkan ke dalam bank darah dari mana mereka dikirim ke banyak orang.

Darah ini kemudian dimasukkan ke dalam tubuh dari orang-orang yang membutuhkannya. Proses ini sering disebut sebagai transfusi darah. Transfusi darah berhubungan dengan kondisi medis seperti kehilangan darah dalam jumlah besar disebabkan trauma, operasi, syok dan tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah. Meskipun ini adalah prosedur yang menyelamatkan jiwa, sangat berisiko tindakan yang memiliki peluang potensi menyebabkan berbagai jenis infeksi.

Infeksi ini adalah penyebab dari berbagai penyakit. Ada banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh transfusi darah. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh transfusi darah meliputi berikut, seperti dikutip dari BoldSky (19/9).

Human Immunodeficiency Virus (HIV)
HIV telah muncul sebagai ancaman mematikan terhadap kehidupan manusia. Meskipun ada cara lain di mana AIDS dapat ditularkan, orang bisa mendapatkan penyakit ini juga melalui transfusi darah. Laboratorium dan rumah sakit mengambil sejumlah besar perawatan sebelum transfusi darah ke dalam tubuh pasien.

Kanker tulang
Jenis kanker yang disebut kanker tulang dapat disebabkan oleh sel-sel yang membuat tulang-tulang di tubuh. Sejak darah hadir di sel-sel ini, tetap ada peluang besar untuk mendapatkan infeksi jika membawa kuman yang bertanggung jawab pada infeksi.

Hepatitis/Viral Hepatitis
Hepatitis adalah infeksi hati yang bisa menyebabkan jenis parah penyakit kuning. Tersedia dalam banyak varian (yaitu Hepatitis A, B, C, D, E dan G), Hepatitis adalah penyakit mematikan yang menyebabkan kematian jutaan orang setiap tahun. Ini adalah penyakit parah yang disebabkan oleh transfusi darah, karena banyak donor sendiri menderita infeksi ini.

Leukemia
Leukemia adalah nama lain dari kanker darah. Jumlah korban penyakit mematikan ini meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan. Pasokan darah dalam tubuh pasien adalah pengobatan umum, dan karena itu, pasien dengan mudah terinfeksi dengan ‘kanker, jika darah membawanya. Sel-sel darah rusak dan yang mengurangi kapasitas untuk melawan penyakit. Pasien kanker darah sering berumur pendek dibandingkan dengan jenis lain dari penyakit yang sama.

Sickle Cell Anemia
Sickle Cell Anemia (Anemia sel sabit) adalah penyakit lain yang menonjol di antara semua jenis penyakit yang disebabkan oleh transfusi darah. Para dokter setuju bahwa ini adalah warisan dari anggota keluarga. Penyakit ini juga menyebar melalui transfusi darah yang terinfeksi.

Thalasemia
Ini adalah penyakit yang diturunkan dari orang tua kepada anak-anak mereka. Penyakit ini mencegah pembentukan sel-sel darah baru dalam tubuh, dan itulah sebabnya transfusi darah menjadi pengobatan soliter untuk penyakit ini. Dalam situasi seperti itu, penyakit ini menyebar lebih cepat jika tubuh normal akan terinfeksi darah melalui transfusi darah.

Ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh transfusi darah. Mengetahui tentang penyakit-penyakit tersebut dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit yang dapat disebabkan oleh transfusi darah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: