10 Istilah dalam Penerbangan


boarding passPerjalanan menjadi lebih singkat manakala kita menggunakan transportasi udara. Pesawat terbang komersial adalah pilihan banyak orang yang bepergian atau traveling yang mementingkan waktu yang lebih singkat. Kenyamanan selama perjalanan juga menjadi hal yang utama bagi mereka yang suka terbang dengan ‘burung besi’ ini.

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan moda transportasi udara ini mungkin ada yang mengalami masalah. Masalah yang timbul misalnya mulai dari saat datang ke bandara sampai Anda harus meninggalkan bandara tujuan Anda untuk ke tempat tujuan akhir. Ini hal yang biasa karena manajemen di bandara berbeda dengan di stasiun, terminal bus, atau pelabuhan.

Perbedaan manajemen ini yang membuat Anda yang baru awal ingin terbang pun mungkin sedikit mengalami masalah dalam hal istilah kata, bahasa, atau kalimat yang digunakan. Jika di stasiun, terminal bus, atau pelabuhan Anda sudah familier dengan istilah menggunakan Bahasa Indonesia, maka di bandara sering menggunakan Bahasa Inggris. Namun demikian, arti dalam Bahasa Indonesia tertera pada papan informasi di bandara.

Beberapa istilah di bandara memang banyak menggunakan Bahasa Ingrris, namun ada juga yang menggunakan Bahasa Indonesia. Bagi Anda yang belum atau baru pertama kali naik pesawat, Anda bisa pelajari 10 istilah dalam penerbangan berikut ini, yang saya ambil dari berbagai sumber.

1. Tiket (ticket)
Tiket pesawat adalah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah maskapai penerbangan atau agen perjalanan, untuk mengkonfirmasi bahwa seseorang telah membeli kursi penerbangan di pesawat terbang. Dokumen ini kemudian digunakan untuk mendapatkan pas naik di bandara. Kemudian dengan pas naik dan tiket terlampir, penumpang diperbolehkan untuk naik pesawat.
Terdapat dua jenis tiket pesawat, yaitu tiket kertas, dan tiket elektronik atau e-ticket atau e-tiket. Saat ini yang sering dipakai adalah e-tiket.

2. Check in
Check in adalah pendaftran penumpang sebelum keberangkatan
Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan di check in counter,yaitu petugas memeriksa tiket dan mencocokannya sesuai data identitas penumpang seperti KTP atau SIM untuk penumpang domestik, sedangkan untuk penumpang internasional wajib menunjukan paspor dan dokumen-dokumen lainnya.

Setelah melakukan pemeriksaan selesai petugas akan memberikan bording pass kepada para penumpang.jika penumpang membawa bagasi,bagasi tersebut akan ditimbang oleh petugas apabila bagasi beratnya melebihi batas berat yang telah ditentukan maka penumpang akan dikenakan biaya tambahan (excess baggage). Setelah itu petugas akan memberikan tag label pada bagasi tersebut dan pada bording pass. Apabila ada penumpang spesial maka petugas akan memberikan tag label special request ini pun bisa para penumpang ajukan pada saat di check in counter.

3. Boarding pass
Boarding pass bisa diartikan sebagai jasa layanan bandara. Boarding pas adalah sebuah dokumen yang diberikan oleh maskapai penerbangan kepada para penumpangnya pada saat check in di bandara, boarding pass ini berguna sebagai pass masuk kedalam pesawat untuk penerbangan tertentu. Boarding pass berisikan identitas penumpang, nomor penerbangan, seat atau tempat duduk serta tanggal dan jam keberangkatan. Untuk beberapa maskapai, penumpang bisa melakukan proses check in sendiri secara online dan bisa mencetak sendiri boarding pass-nya.

Secara umum penumpang yang mempunyai tiket elekttronik (e-tiket) hanya membutuhkan boarding pass nuntuk dapat masuk kedalam pesawat. Lain halnya dengan penumpang yang mempunyai tiket manual atau tiket kertas dapat digunakan bersaam dengan boarding pass agar dapat masuk ke pesawat. Namun untuk saat ini tiket pesawat manual berangsur angsur tidak dipakai lagi karena sudah beralih ke e-tiket.

4. Boarding
Boarding adalah proses penumpang memasuki pesawat terbang. Sebelumnya, penumpang menunggu di boarding-lounge atau ruang tunggu. Di bandara besar, boarding-lounge biasanya dedicated untuk calon penumpang pesawat yang sama, sedang di bandara kecil, boarding-lounge dipergunakan bersama oleh calon penumpang dari berbagai pesawat dan kota tujuan. Biasanya disebut common boarding-lounge.

5. Gate
Gate diartikan sebagai pintu yang menunjukan dari pintu sebelah mana Anda masuk dan pintu sebelah mana Anda keluar.

6. Departure
Departure merupakan jadwal atau waktu keberangkatan yang sudah ditetapkan. Ini juga dapat Anda lihat melalui tiket penerbangan yang Anda booking. Pada terminal bandara, diparture berarti terminal keberangkatan. Jika Anda ingin check in, maka harus di terminal departure.

7. Arrival
Arrival diartikan sebagaian kedatangan, merupakan jadwal atau waktu perkiraan kedatangan yang sudah ditetapkan. Ini juga dapat Anda lihat melalui tiket penerbangan yang Anda booking. Jika ada yang menjemput Anda di bandara, maka penjemput harus berada di terminal arrival.

8. Pramugari/pramugara (stewardess/steward)
Pramugari adalah karyawati perusahaan pengangkutan umum udara (maskapai) yang bertugas melayani penumpang. Pramugara adalah karyawan perusahaan pengangkutan umum udara yang bertugas melayani penumpang.

9. Delay
Jadwal penerbangan ditunda atau di mundurkan dikarenakan suatu sebab.

10. Bagasi
Bagasi adalah barang bawaan penumpang yang dibawa dalam perjalanan, yang diijinkan oleh maskapai untuk diangkut dalam pesawat udara.

Checked Baggage adalah barang bawaan penumpang yang harus ditimbang dan dimuat dalam kompartemen pesawat, dan akan diberikan nomor label (barcode) pada saat penumpang melakukan check in.

Unchecked Baggage adalah barang bawaan penumpang yang diijinkan untuk dibawa kedalam kabin pesawat yang dapat diletakkan dibawah tempat duduk atau didalam rak (hatrack) diatas tempat duduk penumpang dengan batasan ukuran tas kabin pxlxt = 56x23x36 cm, dengan jumlah dimensi tidak melebihi 115 cm dengan berat maksimum 7 kg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: