Haruskah Hari Pertama Masuk Sekolah Diantar?


Foto: beritadaerah.co.id

Foto: beritadaerah.co.id

Bulan Juli adalah identik dengan tahun pelajaran baru bagi pelajar. Ini artinya siswa-siswi mengalami masa dimana mereka memasuki jenjang baru yang lebih tinggi dari sebelumnya. Hari pertama masuk sekolah, pintu gerbang sekolah ramai dipenuhi dengan kendaraan para orang tua siswa yang mengantar anak-anak mereka.

Hari pertama masuk sekolah adalah hari dimana saatnya memulai pengalaman baru dalam dunia belajar. Bagi yang belum sekolah, maka ini adalah pengalaman baru belajar di sekolah, misalnya untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Kelompok Bermain (KB) atau Taman Kanak-kanak (TK). Ini adalah pengalaman baru bagi anak-anak balita seperti ini.

Begitu juga bagi yang baru masuk masa SD/MI, SMP/MTs, atau SMA/MA/SMK, hari pertama masuk sekolah adalah pengalaman baru bagi mereka di sekolah yang baru. Meskipun sebelumnya sudah pernah sekolah, jenjang yang lebih tinggi adalah pengalaman yang belum pernah dijumpai di sekolah sebelumnya. Tak hanya teman dan guru saja yang sebelumnya tidak pernah dijumpai, namun juga lingkungan sekolah juga berbeda.

Bagi siswa ‘lama’ yang naik, maka hari pertama masuk sekolah adalah pengalaman baru untuk tingkat yang lebih tinggi pada jenjang yang sama. Baik siswa baru maupun siswa lama, hari pertama masuk sekolah merupakan momen yang sangat istimewa.

Tak sedikit pada hari pertama masuk sekolah siswa diantar oleh orang tuanya. Ini sangat wajar, karena mereka sangat memerlukan itu. Bagi yang baru masuk PAUD/KB atau TK, maka peran orang tua dalam mengantar anaknya bisa jadi menjadi penyemangat belajar anak-anaknya. Selain itu, anak-anak ini juga belum memahami benar tentang lingkungan sekolah. Di desa-desa pada hari pertama masuk sekolah masih banyak orang tua yang baru mendaftarkan anak-anaknya masuk PAUD/KB atau TK. Berbeda dengan pada jenjang SD, SMP, dan SMA maka anak sudah pernah memasuki lingkungan sekolah tempat nantinya belajar pada saat mendaftar.

Kenapa pada saat hari pertama masuk sekolah sebaiknya anak diantar oleh orang tua atau walinya? Beberapa alasan orang tua mengantar anaknya ke sekolah pada hari pertama masuk sekolah. Pertama ini adalah perhatian bagi orang tua pada anaknya. Kedua memberikan semangan dan motivasi bagi buah hatinya. Ketiga mungkin berkaitan dengan transportasi, misal sekolah yang susah diakses dengan kendaraan umum atau jarak sekolah dan rumah yang jauh, serta medan yang ekstrim.

Pada tahun pelajaran baru 2016/2017 ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan membuat Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Masuk Sekolah yang intinya mengkampanyekan supaya orang tua mengantar anaknya pada hari pertama masuk sekolah.

Adapun maksud dari SE ini adalah untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan. Hari pertama masuk sekolah juga menjadi kesempatan memdorong interaksi antara orang tua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Diharapkan juga dengan orang tua mengantar anaknya pada hari pertama masuk sekolah meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Namun, apakah pada saat hari pertama masuk sekolah siswa harus diantar orang tuanya? Tak sedikit anak yang justru tidak mau diantar orang tuanya pada hari pertama masuk sekolah. Berbagai alasan diantaranya adalah justru merasa malu jika diantar orang tuanya karena merasa sudah besar. Ini banyak terjadi pada anak yang sudah memasuki jenjang SMA/MA/SMK. Alasan jarak sekolah yang dekat dengan rumah juga membuat anak tidak mau diantar ke sekolah. Orang tua yang sibuk sehingga terbiasa anaknya pergi ke sekolah sendiri. Bagi siswa lama, sudah biasa ke sekolah sendiri jadi tidak perlu diantar orang tuanya.

Baik siswa yang diantar orang tua maupun tidak yang jelas pada hari pertama masuk sekolah harus semangat. Semangat untuk mencari ilmu yang merupakan bekal untuk masa depan mereka. Tak hanya di hari pertama saja yang semangat, namun juga pada hari-hari seterusnya. Semangat untuk rajin belajar dan tentu mematuhi peraturan sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: