Catat! 6 Kebiasaan Ini Sama Buruknya dengan Merokok


Foto: DNA

Foto: DNA

Di jaman yang serba cepat seperti sekarang ini membuat orang semakin sibuk. Sibuk dengan pekerjaan, kegiatan kampus, atau aktivitas-aktivitas lain yang terkadang menguras tenaga dan pikiran. Untuk bisa menjalankan aktivitas yang padat tak jarang orang melakukan hal instan dalam pola makan.

Makanan instan seperti mi instan atau makanan kaleng adalah pilihan yang dicari bagi mereka yang ‘tidak punya waktu’ untuk memasak. Namun, apakah hal ini bagus untuk kesehatan? Makanan instan dan kaleng tentu mengandung bahan pengawet yang tidak bagus untuk kesehatan jika sering dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Aktivitas yang padat juga bisa menyebabkan stres. Untuk mengatasinya ada yang minum alkohol. Ada juga yang merokok. Minum alkohol dan merokok adalah dua hal yang nikmat, mungkin dapat menghilangkan sejenak kepenatan, namun dua kebiasaan ini dapat mengancam kesehatan Anda. Banyak zat berbahaya yang terkandung dalam rokok.

Anda mungkin berpikir bahwa karena Anda tidak merokok, Anda hidup lebih sehat. Sayangnya, itu tidak benar. Ada penelitian baru setiap hari yang mengklaim bahwa kebiasaan tertentu seperti memasak dengan minyak yang salah atau tidak cukup tidur adalah sama buruknya seperti Anda merokok.

Untungnya, perbaikan cepat untuk rutinitas harian Anda akan membantu Anda menjalani hidup sehat dan bahagia. Emily Utama dari Rodale Wellness menulis di majalah Kesehatan Wanita sekitar enam kebiasaan tersebut dan bagaimana memodifikasinya, seperti dikutip dari DNA berikut ini.

1. Duduk berjam-jam
Apakah Anda bekerja dengan duduk untuk jangka waktu yang lama? Ini akan dapat mempengaruhi kesehatan Anda, bahkan jika Anda bekerja dengan cara seperti ini secara teratur. Menurut Alberta Pelayanan Kesehatan-Cancer Care di Kanada, duduk terus menerus dikaitkan dengan hampir 160.000 kasus kanker payudara, kolon, prostat dan kanker paru-paru yang hampir dua-pertiga karena banyak kasus kanker disebabkan oleh rokok.

Cara mengatasi
Biasakan untuk mengambil istirahat di tempat kerja sehingga Anda dapat pergi untuk berjalan-jalan kecil atau pergi membeli sendiri sesuatu untuk dimakan. Di rumah, berjalan-jalan pendek Anda dilakukan bukan hanya duduk di depan TV dengan makanan atau ngemil. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda tetap aktif tetapi juga mengurangi risiko beberapa penyakit.

2. Makan diet protein hewani yang tinggi
Produk hewani seperti keju dan daging kaya IGF-1, suatu hormon yang mempromosikan pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi dari University of Souther California menemukan bahwa selama abad pertengahan, orang-orang yang tinggi makanan protein hewani empat kali lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker dibandingkan orang pada diet protein hewani yang rendah. Ini merupakan faktor risiko kematian yang sama buruk dengan merokok.

Cara mengatasi
Seimbangkan diet Anda atara protein hewani dan nabati. Penelitian yang sama juga menemukan bahwa mengganti beberapa protein hewani dalam diet Anda dengan protein nabati seperti kacang-kacangan tidak memicu peningkatan produksi hormon di sel-sel kanker. Umumnya, seorang pria paruh baya harus makan sekitar 0,8 gram protein untuk setiap 2 pon berat sehari-hari. Namun, studi ini juga menunjukkan bahwa temuan ini tidak berlaku bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun karena pada usia tersebut, tubuh secara alami mulai melambat produksi hormon IGF-1 tidak akan menyebabkan kelebihan hormon.

3. Memasak dengan gas alam
Memasak dengan gas alam dalam skala besar memberikan tambahan karbon monoksida, nitrogen dioksida dan formaldehida, tiga kontaminan yang sama yang ditemukan pada asap rokok. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives pada 2013 menyatakan bahwa ketiga kontaminan di rumah dengan kompor gas secara teratur dapat melebihi ambang batas bagi kesehatan.

Cara mengatasi
Beri ventilasi yang cukup pada dapur Anda dapat mengurangi tingkat polutan 60-90%. Batasi juga penggunaan bahan bakar gas alam.

4. Menggunakan minyak yang salah
Menggunakan minyak yang salah dapat merusak kesehatan Anda. Studi tentang restoran telah membuktikan bahwa partikel, aldehida dan hidrokarbon aromatik polisiklik yang merupakan senyawa yang ditemukan dalam asap rokok dan terkait dengan peradangan saluran napas telah dirilis selama panas tinggi memasak dengan minyak yang salah.

Cara mengatasi
Pilih minyak Anda dengan bijaksana. Misalnya, minyak zaitun tidak baik untuk menggoreng tapi baik untuk memasak pada suhu rendah atau dalam salad. Gunakan minyak Alpukat untuk panas tinggi sebagai gantinya. Ketika membeli minyak, pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan menggunakan minyak goreng sawit berulang-ulang.

5. Berjemur dalam ruangan
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association memperkirakan bahwa sering berjemur dalam ruangan menyebabkan hampir 420.000 kasus kanker kulit setiap tahun di Amerika Serikat di mana kegiatan ini sangat umum. Sementara, merokok menyebabkan 226.000 kasus kanker paru-paru.

Cara mengatasi
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behavior, tomat dan wortel kaya akan karotenoid, yang akan meningkatkan warna kulit Anda.

6. Kurang tidur
Tidak cukup tidur membuat Anda mudah marah. Seiring dengan itu, juga memicu tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Sebuah studi menemukan bahwa tidak mendapatkan setidaknya enam sampai tujuh jam tidur menyebabkan tingkat kematian setara dengan yang terlihat pada perokok. Tidur dengan cahaya dan terfragmentasi di mana Anda tidak sepenuhnya terjaga tetapi siklus tidur Anda terganggu dapat mempercepat pertumbuhan tumor.

Cara mengatasi
Meskipun Anda sibuk, usahakan tetap tidur yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: