Sri Mulyani Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2016


Foto: Forbes

Foto: Forbes

Indonesia harus bangga, karena ada warganya ‘go internasional’. Wanita Indonesia yang satu ini memang tak diragukan lagi prestasinya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sri Mulyani Indrawati pernah masuk pada daftar ke-55 The World’s Most Powerful Women 2013 dan ke-23 tahun 2008 versi majalah Forbes.

Wanita kelahiran Lampung, 25 Agustus 1962 ini adalah wanita dan sekaligus orang pertama Indonesia yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia mulai 1 Juni 2010. Sebelumnya, Sri Mulyani menjabat di dalam negeri sebagai Menteri Keuangan RI dan menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas pada Kabinet Indonesia Bersatu.

Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia tahun 2006 oleh Emerging Markets. Tahun 2007 ia dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia versi Gobe Asia.

Tahun 2016 Sri Mulyani dinobatkan masuk lagi pada daftar 100 Wanita yang Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah Forbes. Kali ini Sri Mulyani naik ke posisi 37. Dengan demikian, Sri Mulyani dapat disejajarkan sebagai wanita berpengaruh dari negara lain seperi Oprah Winfrey (urutan ke-21), Michelle Obama (urutan ke-13), dan Ratu Elizabeth II (urutan ke-29). Sementara posisi ke-55 pada tahun 2013 ditempati oleh Marissa Mayer (AS).

Sri Mulyani masuk pada daftar Wanita Berpengaruh di Dunia 2016 sebagai wanita dermawan yang masih menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani bertugas menyatukan ide-ide terbaik dan orang-orang dari 188 negara anggota lembaga untuk mencapai tujuan bersama mengakhiri kemiskinan ekstrim dan mempromosikan kemakmuran bersama.

Dalam sebuah makalah, ia menyoroti kebutuhan untuk menutup kesenjangan kesempatan jender, ia menulis bahwa secara global, partisipasi angkatan kerja perempuan telah mengalami stagnasi atau turun, dan wanita 50% lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki pekerjaan dengan upah penuh, dengan orang-orang yang produktif hingga sepertiga kurang dari laki-laki. Dan kesenjangan dalam akun partisipasi angkatan kerja perempuan untuk estimasi kerugian pendapatan setara dengan seperempat dari PDB di Timur Tengah dan sekitar 14% di Amerika Latin.

One response

  1. […] Sri Mulyani Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2016 Sri mulyani dikabarkan jadi menteri keuangan, Jokowi disebut menarik sri mulyani indrawati menjadi managing director bank dunia jadi menkeu.. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: