Nikmatnya Soto Kendil ‘Pak Yono’ Ditemani Mendoan & Teh Melati


Soto KendilHari Minggu adalah saatnya kita bersantai setelah seminggu bekerja atau beraktivitas. Santai sejenak melupakan beban pikiran sehari-hari yang tak jarang membuat tenaga dan pikiran terkuras.

Tak harus butuh dana yang mahal untuk dapat menikmati indahnya hari Minggu. Rekreasi bersama keluarga dengan menikmati kuliner yang nikmat namun tak membuat kantong menjadi bolong. Jalan-jalan menikmati kuliner soto adalah salah satu cara menikmati hari Minggu di pagi hari.

Salah satu tempat makan soto yang nikmat adalah ‘Soto Kendil Pak Yono’ dijamin membuat Anda ketagihan. Rempah-rempahnya yang sangat khas membuat soto ini sebelum buka pun sudah banyak pelanggan yang antri. Warung makan ini sederhana saja, buka mulai pukul 07.00. Terletak di Desa Miri, Kecamatan Juwiring, Klaten, Jawa Tengah. Warung makan ini letaknya di jalan menuju Serenan, yang merupakan tempat yang sangat terkenal di Kabupaten Klaten karena mebelnya. Serenan memang sentra industri mebel terkenal. Bahkan sampai ekspor ke manca negara.

Selain karena rasa soto yang sangat khas, harganya juka sangat terjangkau. Seporsi mangkuk kecil dihargai hanya 2 ribu rupiah saja, terjangkau banget kan? Soto ayam ini menggunakan tauge kecil yang sangat enak, tanpa mi dan tanpa kubis. Ditambah taburan bawang goreng membuat aromanya sangat khas.

Tak hanya sotonya saja yang murah, berbagai hidangan pendamping juga murah. Teh manis dan dengan aroma melati gunung hanya 2 ribu rupiah saja. Aneka gorengan seperti mendoan, bakwan, dan tahu goreng hanya 5 ratus rupiah saja. Aneka minuman es teh, es jeruk, sampai berbagai macam jus dijual hanya antara 2 ribu sampai 4 ribu rupiah saja. Murah banget.

Jika Anda datang ke warung makan ini, maka Anda harus rela mengantri dan sabar. Di sini budaya sabar sangat diterapkan, karena jika Anda tidak sabar, maka soto yang nikmat yang dimasak dengan kendil ini tidak dapat Anda nikmati. Kendil adalah sejenis kuwali yang terbuat dari tanah liat. Jadi selain karena rempah-rempahnya, ternyata yang membuat soto ini sangat digemari adalah karena tempat memasaknya dari kendil tanah liat, jadi masih tradisional banget.

Anda bisa memilih tempat makan yang lesehan atau yang ada kursinya. Jadi terserah selera Anda. jika Anda beruntung, maka sambil makan Anda bisa dimanjakan dengan hiburan keroncong dengan tembang-tembang Jawa yang dinyanyikan. Wow, sangat indah baget. Biasanya soto ini dinikmati dengan mendoan dan aneka gorengan. Anda juga harus berebut gorengan yang masih hangat dari penggorengan, karena soto ini memang cocok dinikmati dengan gorengan, khususnya mendoan dengan minumnya teh melati.

Biasanya satu orang tak hanya satu porsi saja memesannya. Karena kemasan mangkuk kecil, banyak yang memesan satu orang dua porsi. Apalagi pada hari minggu banyak klub pesepeda yang selalu mampir untuk sarapan di warung makan ini.

Tak hanya makan di tempat, Anda juga bisa membawa soto ini pulang ke rumah untuk keluarga yang tak bisa menikmati di warung makan. Jadi, jika Anda kebetulan ke Klaten, sempatkan ke ‘Soto Kendil Pak Yono’. Jika Anda dari Jogja, maka dari perempatan Pasar Delanggu ke kanan dan cari ke arah sentra industri mebel Serenan, letak ‘Soto Kendil Pak Yono’ berada di kanan jalan, di depan masjid. Jika Anda dari Kota Solo maka dari gardu listrik PLN yang di Daleman ke kiri ke arah Serenan.

Selamat berlibur, dan selamat menikmati soto…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: