10 Alasan Orang Pilih Belanja ke Minimarket


IMG_20160519_112710Adanya pasar atau toko modern membuat kehidupan masyarat menjadi berubah. Perubahan ini tak lepas dari sifat pasar modern yang berbeda dengan pasar tradisional. Gaya hidup masyarakat membuat pasar modern lebih banyak diminati.

Pasar atau toko modern saat ini tak hanya ada di kota-kota besar saja, namun sudah merambah ke kota kecil, bahkan ke desa di lingkup kecamatan. Pasar modern seperti pusat perbelanjaan (mall), supermarket, dan munimarket tak hanya untuk kalangan orang kota saja.

Toko atau pasar modern yang akan dibahas pada tulisan ini adalah minimarket waralaba. Keberadaan minimarket waralaba yang sampai ke pedesaan mau tidak mau mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat. Menjamurnya minimarket tentu saja bisa mempengarui pendapatan pedagang di pasar tradisional.

Memang ada barang yang hanya bisa dijumpai di minimarket saja, namun tak sedikit juga barang yang hanya bisa dijumpai di pasar tradisional. Manajemen minimarket juga lebih baik dari pada pasar tradisional. Itu adalah sedikit alasan kenapa masyarakat banyak yang senang berbelanja di minimarket. Masih ada lagi alasan-alasan lain kenapa saat ini orang kota maupun desa sudah banyak yang bergeser pilih berbelanja ke minimarket dari pada pasar tradisional. Meskipun tak jarang harga barang di minimarket lebih mahal, namun itu tak menghalangi orang untuk berbelanja di minimarket.

1. Pelayanan ramah

Pelayanan di minimarket ramah, jika Anda masuk ke minimarket maka Anda disapa “Selamat datang, selamat berbelanja”. Itu baru sapaan Anda masuk. Jika petugas minimarkret melihat pengunjung yang kebingunan mencari barang tertentu kemudian Anda akan dibantu, “Ada yang bisa kami bantu?”. Tak hanya itu saja, petugas juga selalu menebar senyum. Jika Anda merasa tidak puas atas layanan Anda langsung bisa menegur petugas atau komplain dengan menghubungi nomor telepon customer service.

2. Nyaman

Minimarket dilengkapi dengan pendingin ruangan. Anda tidak akan kepanasan jika berbelanja di sini. Lampu yang terang juga membuat barang atau petunjuk yang Anda butuhkan akan terlihat lebih jelas. Jika Anda ke minimarket waralaba yang ada di tempat keramaian seperti terminal, bandara, tempat wisata, atau tempat-tempat tertentu yang sangat strategis di kawasan bisnis maka ada tambahan layanan yang membuat nyaman para pengunjung.

Pengunjung minimarket dimanjakan dengan kenyamanan layanan internet gratis (free WiFi) di beberapa minimarket tertentu. Tak hanya itu saja, di bagian depan minimarket juga disediakan meja dan kursi bagi pengunjung yang ingin istirahat sejenak. Beberapa minimarket waralaba membuka tokonya 24 jam. Jadi kapan pun Anda membutuhkan barang bisa dilayani.

Bagi Anda yang kehabisan uang, di beberapa minimarket disediakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang bekerja sama dengan bank tertentu di dalam toko. Anda akan lebih aman dan nyaman mengambil uang di ATM di dalam minimarket dari pada di pinggir jalan atau kantor bank.

Tidak sampai di situ saja minimarket membuat pelanggannya nyaman. Banyak minimarket waralaba memberikan pelayanan parkir gratis. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk parkir. Namun, ada peringatan Anda harus mengunci kendaraan dan tidak meletakkan barang berharga pada kendaraan Anda. Meskipun ada kamera CCTV Anda harus tetap waspada dengan keamanan kendaraan dan barang bawaan Anda.

3. Susunan barang lebih menarik dan teratur

Susunan barang-barang yang ada di minimarket menarik bagi pengunjung. Misalnya produk susu dikelompokkan dalam satu rak, produk makanan ringan, perawatan tubuh, dll diatur seraca rapi. Papan petunjuk dalam pengelompokan jenis barang juga mudah terlihat. Keteraturan susunan barang membuat pengunjung lebih mudah dalam mencari barang yang diinginkan.

Barang berupa makanan atau minuman raknya dibedakan dengan non makanan. Pemberian label harga barang pada rak di depan barang membuat pengunjung lebih mudah mengetahui harganya tanpa harus mencari pelayan untuk mengetahui harga barang. Jika ada pergantian harga barang maka petugas akan cepat-cepat menggantinya.

4. Dekat dengan rumah

Minimarket waralaba saat ini menjamur. Target pelanggannya adalah kawasan perumahan, sehingga banyak yang berada di dekat rumah. Jalan-jalan yang bukan protokol pun banyak minimarket waralaba, bahkan dalam jarak kurang dari 50 meter kadang ada dua atau lebih minimarket. Sementara keberadaan pasar tradisonal sering jauh dari perumahan. Lebih dekatnya minimarket membuat kebutuhan yang diinginkan masyarakat lebih cepat terpenuhi tanpa harus pergi jauh. Hanya jalan kaki saja sudah bisa mendapatkan barang yang diinginkannya.

5. Pesan antar

Menjamurnya minimarket waralaba membuat pengelola harus pandai-pandai memberikan layanan terbaiknya. Layanan yang sangat memanjakan pelanggan adalah “pesan antar”. Anda yang tak banyak waktu atau karena hujan bisa berbelanja hanya dengan menelepon saja. Anda hanya mengatakan kepada petugas barang yang Anda inginkan dan barang akan diantar ke tempat Anda berada secara gratis. Barang bisa Anda bayar jika sudah sampai di tangan Anda, mudah bukan. Tentu layanan seperti ini bisa Anda dapatkan jika jarak Anda memesan dengan memesan tidak terlalu jauh, biasanya radius sekitar satu sampai empat kilometer.

6. Ada diskon

Yang membuat minimarket banyak dikunjungi adalah adanya potongan harga atau diskon. Beberapa minimarket waralaba memberikan diskon di akhir pekan atau sering disebut dengan diskon Jumat Sabtu Minggu (JSM). Barang-barang yang diberikan diskon biasanya sangat murah dan tidak dinaikkan. Sering juga minimarket bekerjasama dengan sponsor untuk memberikan diskon kepada pelanggannya.

7. Bisa bayar non tunai

Bagi Anda yang tak membawa uang, maka Anda bisa membayar non tunai di minimarket. Pelayanan bayar non tunai ini banyak terjadi pada minimarket waralaba yang bekerja sama dengan bank tertentu. Anda bisa menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Petugas kasir akan menggesek kartu Anda di mesin EDC. Dengan pembayaran non tunai, Anda tak perlu ada kembalian uang dalam bentuk receh, sehingga lebih praktis dan tidak merepotkan.

8. Poin bagi pemegang kartu anggota

Untuk menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan lama tidak lari ke toko lain, minimarket memiliki taktik jitu dalam marketingnya. Tiap pelanggan yang membuat kartu anggota (member card) pada minimarket tersebut mendapatkan poin. Besarnya poin tergantung dari besarnya belanja yang telah dilakukan oleh pelanggan. Poin ini yang nantinya akan diakumulasi dan dalam jumlah tertentu pelanggan akan mendapatkan sejumlah benefit. Benefit yang sering ditawarkan kepada pelanggan yang selalu menggunakan kartu anggota adalah potongan harga, membayar dengan poin yang telah dikumpulkan dalam jumlah tertentu, atau mendapatkan barang tertentu dengan menukar jumlah poin tertentu.

9. Harga pas

Enaknya berbelanja di minimarket adalah tiap barang sudah ada label harga pasti. Jika ada diskon, maka di papan rak barang sudah tertera harga setelah dikenakan diskon. Jadi, pelanggan tidak perlu lagi repot harus menawar seperti di pasar tradisional. Bagi orang yang tidak pandai menawar, maka hal ini sangat menguntungkan. Setelah pelanggan memilih barang yang diinginkan langsung ke kasir dan kode batang (barcode) pada tiap barang akan dipindai dengan mesin scaner kemudian harga barang akan muncul di layar monitor. Pelanggan langsung membayar baik dengan tunai maupun non tunai sesuai yang tertera pada monitor.

10. Layanan pembayaran

Minimarket tak hanya melayani jasa antar barang saja, kini Anda tak perlu repot jika harus membayar tiket pesawat terbang atau kereta api. Beberapa minimarket waralaba kini bekerja sama dengan maskapai tertentu sehingga harga tiket bisa dibeli di minimarket. Anda bisa bayar di minimarket setelah booking tiket pesawat, atau Anda langsung mencari tiket pesawat di minimarket tersebut.

Tak hanya tiket pesawat yang bisa dibeli di minimarket, tiket kereta api juga bisa dibeli di sini. Bahkan Anda juga bisa membayar beberapa tagihan bulanan Anda. Sebut saja tagihan listrik, telepon seluler pascabayar, asuransi, kredit kendaraan, dll. Jika Anda kehabisan pulsa telepon seluler atau pulsa listrik Anda juga bisa membelinya di sini. Dengan adanya layanan jasa pembayaran ini Anda tak perlu repot ke bank atau kantor dimana perusahaan yang seharusnya Anda bayar tagihannya.

Apa yang telah dijelaskan di atas banyak yang tidak bisa dijumpai di pasar tradisional. Di pasar tradisional tidak ada pelayanan jasa pembelian tiket atau berbagai tagihan. Pesan barang ada juga di pasar tradisional, namun jarang sekali terjadi. Pembayaran barang dengan cara non tunai juga tidak ada di pasar tradisional. Pasar tradisional juga tidak ada kartu anggota. Namun demikian, barang-barang tertentu tidak bisa dijumpai di minimarket seperti aneka sayuran segar, ikan, daging, dan bahan makanan yang segar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: