Begini Tanda Kanker Pankreas yang Luput dari Perhatian


Foto: moffitt.org

Foto: moffitt.org

Salah satu organ penting tubuh adalah pankreas. Menurut Wikipedia, pankreas terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan bagian kaput/kepalanya menempel pada organ duodenum. Produk enzim akan disalurkan dari pankreas ke duodenum melalui saluran pankreas utama.

Pankreas memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Pankreas mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glukagon, yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati. Selain itu, pankreas juga mengurangi kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot. Insulin juga merangsang hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya di dalam sel-selnya.

Kanker pankreas sering dianggap sebagai kanker diam, sebagai tanda-tanda dan gejala yang sering kabur dan sulit untuk dideteksi. Rasa sakit di perut tanda-tanda peringatan dan lainnya biasanya berulang seperti sakit perut biasa datang dan pergi, yang membuatnya sulit untuk deteksi.

Dalam penyakit ini, sel-sel kanker terbentuk pada jaringan pankreas. Ini adalah jenis kanker langka, tetapi mengancam jiwa juga. Gejala-gejala penyakit ini menjadi jelas ketika kanker telah berkembang. Tapi, ada tanda-tanda peringatan dini beberapa yang mulai terjadi bahkan pada tahap awal. Tanda-tanda peringatan tidak boleh diabaikan khususnya jika ini sering terjadi.

Keterlambatan dalam deteksi dapat menyebabkan masalah serius bagi penderitanya. Di sisi lain, deteksi dini dapat membantu seseorang dalam menangani masalah ini lebih efisien. Tanda-tanda awal mungkin menyerang seperti biasa dan tidak berbahaya, tetapi tanda-tanda ini bisa menjadi indikasi dari penyebab yang mendasari penyakit ini. Berikut ini tentang tanda-tanda peringatan awal kanker pankreas, seperti dikutip dari BoldSky.

1. Sakit perut bagian atas
Pada tahap awal, rasa sakit di perut bagian atas ke arah belakang biasanya bisa datang dan pergi. Sakit perut menggerogoti, nyeri tiba-tiba bisa. Ini adalah salah satu tanda peringatan dini yang paling umum dari kanker pankreas.

2. Kehilangan nafsu makan
Seperti penderita kanker yang lain, penderita kanker pankreas juga kehilangan nafsu makan. Catatan menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit ini sering melaporkan kurangnya atau hilangnya nafsu makan hanya beberapa bulan sebelum kanker terdeteksi.

3. Kehilangan berat badan
Kehilangan berat badan sangat signifikan adalah tanda peringatan dini lain kanker pankreas. Kehadiran sel-sel kanker di pankreas dapat menyebabkan penurunan berat badan mendadak.

4. Menguningnya kulit atau mata
Orang yang menderita kanker pankreas sering juga mendapatkan penyakit kuning. Hal ini terjadi karena sel-sel kanker memblokir saluran empedu, yang akhirnya mengarah ke penumpukan empedu di hati. Menguningnya kulit atau mata berfungsi sebagai tanda peringatan dini lain penyakit ini.

5. Tinggi gula darah
Gula darah tiba-tiba naik di tingkat juga merupakan tanda awal yang menunjukkan kanker pankreas. Jika tidak ada riwayat keluarga pada penyakit diabetes, maka itu bisa menjadi masalah yang memprihatinkan.

6. Masalah buang air besar
Sel-sel kanker mencegah pencernaan makanan berlemak. Hasil ini untuk berbagai jenis penyakit seperti kembung, sembelit dan pucat.

7. Mual
Kanker pankreas membuat kekacauan di perut, sehingga sangat sulit bagi makanan untuk dicerna. Orang yang menderita penyakit ini sering mengeluh mual dan muntah setelah makanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: