Ini Alasan Lebih Baik Bawa Bekal Makan Siang


IMG-20160517-WA0005Bagi Anda para pekerja baik kantor maupun di lapangan yang sangat sibuk, mungkin sering melewatkan makan siang. Atau Anda akan makan siang namun waktunya sudah lewat. Ini sering terjadi pada karyawan yang mempunyai pekerjaan/proyek yang harus segera menyelesaikan target karena waktunya sudah hampir jatuh tempo. Jika hal ini sering Anda lakukan, maka bukan tidak mungkin suatu saat nanti akan bermasalah dengan kesehatan Anda. Penyakit maag atau yang lain bisa mengintai Anda.

Tak hanya Anda sebagai karyawan, mahasiswa dan anak sekolah tak jarang juga disibukkan dengan materi pelajaran atau kuliah dalam seharian. Waktu istirahat yang sedikit membuat Anda mungkin harus menahan untuk tidak makan siang. Bukannya Anda tidak memiliki uang, namun karena waktu yang mengejar Anda membuat Anda sering melewatkan makan siang.

Sebenarnya jika Anda membawa bekal makan siang ke tempat kerja, sekolah, atau kampus malah menguntungkan Anda. Namun, tak sedikit yang tidak mau membawa bekal karena berbagai alasan. Alasan umum adalah malu membawa bekal. Mereka bilang seperti anak TK jika harus ke tempat kerja atau sekolah membawa bekal. Alasan lain adalah buru-buru karena harus mengejar waktu. Alasan berikutnya adalah tidak ada yang masak. Ada juga alasan karena merepotkan atau terlalu berat. Mungkin masih ada alasan-alasan lain yang intinya tidak ingin membawa bekal makan siang.

Namun, sebenarnya Anda tidak perlu malu membawa bekal makan siang ke tempat kerja atau sekolah. Kenapa lebih baik bawa bekal makan siang? Berikut ini alasannya.

1. Lebih hemat

Jika Anda membawa bekal makan siang tentu Anda akan menghemat pengeluaran. Meskipun membawa makanan dari rumah juga mengeluarkan uang untuk membeli bahannya, namun ini lebih murah bila dibandingkan jika Anda harus membeli. Dalam seminggu Anda bisa menghitung berapa penghematannya, Anda hitung dalam sebulan berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk biaya makan siang. Tentu Anda juga harus mengeluarkan biaya transportasi, komunikasi, dll.

Jika Anda seorang karyawan dan kebetulan Anda sedang dalam perencanaan untuk membeli rumah, maka penghematan biaya bisa ditekan dengan cara ini. Bagi Anda seorang siswa atau mahasiswa tentu Anda bisa menekan pengeluaran, sehingga beban orang tua Anda berkurang. Dengan membawa bekal makan siang Anda bisa menyisihkan uang untuk ditabung untuk yang lain tanpa harus minta kepada orang tua lagi.

2. Menu bisa diatur sesuai selera

Kantin di tempat kerja, sekolah, atau kampus mungkin hanya menyediakan menu itu-itu saja. Anda tentu bosan, namun dengan membawa bekal Anda bisa memenuhi keinginan sesuai dengan selera Anda. Anda bisa membawa menu yang variatif.

3. Lebih higienis/sehat

Mungkin warung makan yang Anda datangi kurang higienis. Mungkin dari cara mengolah makanan, cara penyajian, tempat warung dan lingungannya membuat Anda kurang selera makan. Tentu ini akan membuat Anda jadi bosan, dengan membawa bekal sendiri Anda sudah mengetahui makanan yang higienis. Makan yang di warung juga belum tentu menyehatkan. Misalnya gorengan digoreng dengan minyak yang dipakai berulang. Bahkan sayuran yang dimasak mungkin sudah tidak segar lagi.

4. Diet makanan tertentu

Bagi Anda yang dinyatakan dokter harus diet makanan tertentu, maka susah mencari makanan yang Anda inginkan sesuai saran dari dokter. Jadi, dengan membawa bekal makan sendiri diet Anda tidak terganggu. Misalnya saja Anda disarankan tidak boleh mengkonsumsi penyedap. Hampir tiap masakan di warung/restoran selalu ada penyedap. Atau Anda diharuskan mengurangi natrium, misal bagi penderita hipertensi atau jantung. Natrium biasanya dapat dijumpai pada garam, jadi masakan tidak boleh terlalu asin, meskipun natrium juga terdapat pada bahan makanan yang lain.

5. Tak ada waktu keluar

Bagi Anda yang terlalu sibuk bekerja, maka waktu Anda keluar sangat terbatas. Bahkan, hanya untuk istirahat makan siang saja kadang tidak punya waktu, apalagi jika harus keluar mencari makan, tentu ini akan menyita waktu Anda. Jika Anda membawa bekal makan siang, maka Anda akan menyempatkan waktu makan siang di sela-sela kesibukan Anda.

Tak hanya karyawan yang dikejar waktu saja, mahasiswa pun tak sedikit yang mengalami hal yang demikian. Apalagi jika kampus Anda jauh dari warung makan atau restoran. Jadi ini bukan masalah tidak punya uang, namun karena waktu yang sangat berharga.

6. Lebih konsentrasi
Anda akan lebih konsentrasi jika Anda nyaman. Bagaimana Anda akan nyaman jika Anda selalu memikirkan bagaimana Anda harus mencari makan siang. Karena situasi yang tidak memungkinkan sehingga selalu harus melewatkan makan siang. Jika perut kosong maka kurang konsentrasi pada pekerjaan atau pelajaran.

7. Terhindar dari penyakit tertentu

Bagi penderita maag, tentu Anda tidak boleh telat makan. Bekal makan tak harus nasi, namun bisa roti. Bagi penderita maag harus sering makan. Jika Anda telat makan maka penyakit maag Anda akan kambuh. Jika harus membeli makan mungkin tidak sesuai dengan lambung karena terlalu masam atau pedas karena penyakit Anda.

Dengan Anda membawa bekal, maka Anda juga akan lebih mudah mengatur pola makan Anda supaya tidak telat. Ini berarti Anda bisa mencegah penyakit maag. Bagi Anda penderita diabetes kadang merasakan gemetar, lapar, dan tubuh menjadi lemah karena kadar gula dalam darah di bawah normal. Untuk menaikkan kadar gula dalam darah tersebut Anda harus makan. Jika Anda membawa bekal makan maka akan cepat teratasi.

Jadi, kenapa harus malu membawa bekal makan siang ke tempat kerja, sekolah, atau kampus? Mereka yang mengolok-olok Anda sebenarnya ngiri pada Anda. namun, karena tidak bisa membawa bekal seperti Anda maka mereka berusaha supaya Anda menjadi malu. Yang penting Anda tidak menganggu ketertiban umum dan orang lain, kenapa harus malu membawa bekal makan siang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: