10 Kata yang Sering Salah dalam Penulisan (Bagian 2)


Kata SalahPada postingan sebelumnya telah dibahas tentang 10 kata yang sering salah dalam penulisan. Pada bagian kedua ini masih dibahas tentang kata-kata dalam Bahasa Indonesia yang masih sering salah dalam penulisannya. Sebenarnya masih banyak kata-kata dalam kehidupan sehari-hari yang cara penulisannya belum dipahami.

Tak sedikit orang sering salah menuliskan kata-kata tersebut memang karena tidak mengetahuinya. Mereka menulis berdasarkan apa yang mereka dengar. Ada juga tetap menggunakan kata yang salah karena ikut-ikutan, karena sedang naik daun. Contohnya kata “tahu” (kata kerja) orang lebih sering menulis dengan kata “tau”. Ini sering terjadi pada saat orang melakukan percakapan di dunia maya (chatting).

Umumnya kata-kata yang sering salah dalam penulisan tersebut jumlah hurufnya sama, namun ada satu huruf yang berbeda dengan kata yang benar. Ada juga antara kata yang benar dan yang salah berselisih satu huruf. Kata yang benar lebih banyak satu huruf bila dibandingkan dengan kata yang salah.

Dalam bahasa formal seperti di kantor atau acara resmi di lingkungan pemerintahan harus menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan aturan yang benar. Aturan tersebut sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Anda bisa mencari atau melihat kata mana yang benar atau salah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Selain dalam versi kamus buku, juga ada dalam versi online atau dalam jaringan (daring).

Berdasarkan apa yang saya amati, inilah 10 kata yang sering salah dalam penulisan. Arti dari kata-kata yang benar berdasarkan KBBI online.

1. Jaman
Kata yang benar adalah zaman. Kata zaman berarti jangka waktu yang panjang atau pendek yang menandai sesuatu. Kata zaman juga diartikan sebagai masa, kala, waktu. Memang, orang lebih sering menyebut kata jaman dari pada zaman, apalagi lafal jaman lebih mudah diucapkan dari pada zaman.

2. Ijin
Kata yang benar adalah izin. Kata izin diartikan sebagai pernyataan mengabulkan (tidak melarang dan sebagainya). Kata izin juga diartikan sebagai persetujuan membolehkan. Beberapa orang membuat surat tidak masuk sekolah, kuliah, atau kerja karena alasan sesuatu hal masih banyak yang menggunakan kata ijin, bukan izin.

3. Diagnosa
Kata yang benar adalah diagnosis. Kata diagnosa diartikan sebagai penentuan jenis penyakit dengan cara meneliti (memeriksa) gejala-gejalanya. Kata diagnosa juga diartikan sebagai pemeriksaan terhadap suatu hal.

4. Gubug
Kata yang benar adalah gubuk. Kata gubug diartikan sebagai rumah kecil (biasanya yang kurang baik dan bersifat sementara). Kadang saya salah menulis kata gubug, bukan gubuk, mungkin juga Anda.

5. Cendikiawan
Kata yang benar adalah cendekiawan. Kata cendekiawan diartikan sebagai orang cerdik pandai; orang intelek. Kata cendekiawan juga diaerikan sebagai orang yang memiliki sikap hidup yang terus-menerus meningkatkan kemampuan berpikirnya untuk dapat mengetahui atau memahami sesuatu.

6. Jendral
Kata yang benar adalah jenderal. Kata jenderal diartikan sebagai kelompok pangkat perwira tinggi dalam angkatan darat yang meliputi jenderal besar TNI, jenderal TNI, letnan jenderal TNI, mayor jenderal TNI, dan brigadir jenderal TNI. Kata jenderal juga diartikan sebagai kelompok pangkat perwira tinggi dalam kepolisian yang meliputi jenderal polisi, komisaris jenderal polisi, inspektur jenderal polisi, dan brigadir jenderal polisi. Masih ada lagi kata jenderal, yaitu orang yang paling berpengaruh (menentukan dan sebagainya) dalam organisasi.

7. Hadist
Kata yang benar adalah hadis. Kata hadis diartikan sebagai sabda, perbuatan, takrir (ketetapan) Nabi Muhammad saw. yang diriwayatkan atau diceritakan oleh sahabat untuk menjelaskan dan menentukan hukum Islam. Kata hadis juga diartikan sebagai sumber ajaran Islam yang kedua setelah Alquran.

8. Mahluk
Kata yang benar adalah makhluk. Kata makhluk diartikan sebagai sesuatu yang dijadikan atau yang diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan).

9. Metoda
Kata yang benar adalah metode. Kata metode diartikan sebagai cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Kata metode juga diartikan sebagai sikap sekelompok sarjana terhadap bahasa atau linguistik, misalnya metode preskriptif, dan komparatif. Arti lain dari kata metode adalah prinsip dan praktik pengajaran bahasa, misalnya metode langsung dan metode terjemahan.

10. Milyar
Kata yang benar adalah miliar. Kata miliar diartikan sebagai seribu juta. Saya juga sering salah menulis kata milyar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: