10 Tips Naik Pesawat dengan Biaya Hemat


Foto: aspenvalleyvapes.com

Foto: aspenvalleyvapes.com

Saat Anda akan bepergian atau traveling, maka banyak hal yang harus Anda persiapkan. Salah satu persiapan yang utama adalah biaya. Terutama saat Anda liburan dengan keluarga, Anda harus mempersiapkan matang-matang tentang biaya. Mulai dari biaya transportasi, makan, sampai dengan penginapan.

Tak sedikit orang mengira bahwa naik pesawat itu lebih mahal dari pada moda transportasi darat. Sehingga orang akan memesan transportasi darat dari pada pesawat. Kereta api atau bus biasanya yang menjadi andalan transportasi darat. Namun Anda juga harus memikirkan tentang biaya makan saat di perjalanan dengan transportasi darat yang jauh lebih lama dari pada transportasi via udara.

Bagi Anda yang bepergian bersama bayi atau anak kecil, lamanya di perjalanan menjadi masalah. Anak-anak biasanya kurang tahan terhadap perjalanan yang lama. Begitu juga jika Anda mengajak orang tua yang telah lanjut usia. Sehingga, naik pesawat adalah solusi untuk membuat perjalanan Anda menjadi lebih singkat.

Bagaimana caranya supaya Anda bisa bepergian naik pesawat namun kantong Anda tidak bolong? Berikut ini tipsnya.

1. Beli tiket jauh-jauh hari

Jika Anda merencanakan perjalanan jauh maka rencanakan jauh-jauh hari. Misalnya Anda akan mudik waktu lebaran bersama keluarga. Maka Anda akan mengeluarkan biaya yang ekstra, berbeda jika Anda terbang karena keperluan kantor. Biaya yang akan Anda keluarkan tidak hanya biaya tiket pesawat saja, namun juga biaya-biaya lain yang mungkin bertambah jika Anda tidak hati-hati. Belum lagi biaya di kampung seperti belanja untuk sanak saudara di kampung.

Jika Anda merencanakan perjalanan jauh, maka biaya bisa ditekan. Tak sedikit maskapai yang memberikan harga lebih murah jika Anda memesan tiket jauh-jauh hari. Cari tiket tiga bulan atau bahkan enam bulan sebelum keberangkatan biasanya lebih murah dari pada Anda membeli tiket beberapa hari sebelum keberangkatan.

2. Cari tiket promo

Untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah tentu cari tiket promo. Anda bisa browsing dulu di dunia maya. Bandingkan harga tiket antara maskapai satu dengan yang lainnya dengan tujuan yang sama. Cari harga yang paling hemat diantara beberapa maskapai tersebut.

3. Bepergian tidak akhir pekan atau tanggal merah

Harga tiket pesawat antara akhir pekan dan tidak akhir pekan biasanya berbeda meskipun tujuannya sama. Hari akhir pekan biasanya Jumat dengan penerbangan sore atau malam, Sabtu, dan Minggu. Namun hari senin dengan penerbangan pertama atau penerbangan sebelum pukul 07.00 harga tiket biasanya lebih mahal. Cari penerbangan pada hari Senin siang, Selasa, Rabu, Kamis, atau Jumat pagi.

Selain di akhir pekan, harga tiket pesawat akan naik pada saat tanggal merah. Tanggal merah pada hari besar keagamaan atau hari tertentu bertanggal merah yang diperingati juga biasanya membuat harga tiket pesawat menjadi naik. Apalagi jika berturut-turut tanggal merah kemudian diikuti akhir pekan maka harga tiket akan mahal.

4. Bawa bekal makanan

Anda pasti menginginkan perjalanan Anda lancar sampai tujuan sesuai dengan jadwal yang ada di tiket. Namun, Anda juga harus memikirkan jika terjadi keterlambatan pesawat atau delayed. Jika hal ini terjadi maka waktu Anda akan bertambah. Mungkin Anda akan melewatkan makan malam di bandara atau di jalan.

Tak ada salahnya jika Anda membawa bekal makanan. Karena jika Anda makan di restoran bandara maka ini akan menambah anggaran Anda. Harga makanan di restoran bandara lebih mahal dari pada di warung makan, jadi hal yang bijak jika Anda membawa bekal makanan sambil menunggu makan malam saat sudah tiba di tempat tujuan.

5. Memiliki kartu anggota berlangganan maskapai tertentu

Beberapa maskapai memberikan potongan harga tertentu jika Anda memiliki kartu anggota berlangganan pada maskapai tertentu. Manfaatkan juga layanan beli tiket dengan jumlah tertentu mendapatkan potongan harga bahkan gratis satu tiket. Pihak maskapai kadang juga bekerjasama dengan sebuah bank, maka jika Anda memiliki rekening atau kartu kredit yang diterbitkan oleh bank yang bekerja sama dengan maskapai tersebut maka biasanya akan mendapatkan potongan harga, lumayan kan.

Tak hanya bekerjasama dengan bank, pihak maskapai kadang juga bekerjasama dengan sebuah operator seluler. Jika Anda menggunakan operator seluler tertentu makan gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan potongan harga tiket. Ada juga sebuah maskapai yang memberikan potongan kepada penumpangnya jika menjadi anggota sebuah organisasi tertentu, misalkan PGRI bagi guru. Diskon tertentu akan diberikan jika Anda memegang kartu PGRI.

6. Cari seat kelas ekonomi atau maskapai LCC

Kelas ekonomi identik dengan harga tiket yang murah. Jika Anda melakukan penerbangan jarak pendek dengan durasi terbang sekitar satu jam maka kelas ekonomi adalah pilihan bijak untuk menghemat biaya. Penerbangan pendek dengan kelas ekonomi masih nyaman meskipun mungkin Anda tidak mendapatkan makanan ringan.

Selain kelas ekonomi, Anda juga bisa menghemat pengeluaran saat bepergian dengan pesawat dengan menumpang maskapai berbiaya rendah Low Cost Carrie (LCC). Beberapa maskapai menawarkan tarif LCC, namun Anda juga harus waspada karena kebanyakan orang naik pesawat karena faktor waktu yang lebih singkat dari pada moda transportasi darat. Tak sedikit maskapai berbasis LCC yang kadang delayed.

7. Pinjam bagasi penumpang lain

Jika Anda bepergian baik dengan pesawat maupun tidak tentu membawa barang. Selain barang pribadi yang bisa dibawa di tas jinjing juga barang bawaan lain seperti oleh-oleh. Rata-rata maskapai menggratiskan bagasi pada penumpang 20 kg. Jika lebih dari itu maka penumpang harus menanggung biaya lagi untuk bagasi.

Jika Anda membawa bagasi melebihi batas maksimal gratis, maka Anda bisa memanfaatkan penumpang lain untuk meminjam bagasi. Penumpang yang satu perjalanan dengan Anda sampai di bandara paling akhir bisa Anda manfaatkan bagasinya jika penumpang tersebut tidak membawa bagasi.

Pandai-pandai Anda berbicara dengan penumpang tersebut. Anda bisa meminta bagasi pada penumpang yang tidak membawa bagasi saat check in. Jangan lupa kode barcode bagasi Anda yang bawa, jadi lebih nyaman saat mengambil bagasi jika penumpang yang Anda mintai bagasi tersebut langsung keluar bandara karena tidak mengambil bagasi.

8. Antar jemput ke bandara

Supaya hemat, Anda bisa ke bandara dan dari bandara ke tempat tujuan untuk diantar dan dijemput. Tak harus menggunakan mobil. Jika Anda bepergian sendiri bisa antar dan jemput dengan motor. Namun, jika terpaksa tidak ada yang mengantar atau menjemput, Anda bisa mencari kendaraan umum yang melewati bandara. Beberapa bandara terintegrasi moda transportasi umum seperti bus.

9. Tidak mengeluarkan biaya di luar saat di bandara

Di bandara selain biaya boarding pass, Anda bisa saja mengeluarkan biasa ekstra yang lain. Namun, Anda bisa menekannya jika Anda tidak memerlukan manfaat yang signifikan. Tak jarang terdapat perusahaan asuransi dengan petugas marketing cewek cantik yang siap memanggil Anda untuk mendapatkan asuransi tambahan jika terjadi kecelakaan. Mending Anda tidak usah membayar asuransi yang ditawarkan kepada Anda tersebut. Anda naik kendaraan umum termasuk pesawat, tiket Anda sudah diasuransikan. Jadi jika terjadi kecelakaan maka Anda sudah ditanggung oleh asuransi.

Biaya ekstra yang lain adalah layanan proteksi bagasi. Sebenarnya jika kopor atau barang bawaan yang Anda taruh di bagasi sudah dikemas dengan pengamanan yang bagus, Anda tidak perlu lagi menggunakan jasa wrapping dan strapping yang menggunakan bahan dari plastik mulai dari plastik pembungkus koper hingga tali plastik pengikat koper.

10. Manfaatkan fasilitas bandara secara maksimal

Beberapa bandara memiliki layanan yang bagus untuk kenyamanan penumpang yang ada di ruang tunggu. Layanan tersebut adalah jaringan internet gratis atau Wi-Fi. Anda bisa menikmati layanan ini saat menunggu pesawat sebelum berangkat. Meskipun Anda sudah memiliki paket data, jika Anda menggunakan layanan gratis Wi-Fi, maka akan mengurangi jatah kuota internet Anda.

Beberapa maskapai juga memanjakan penumpangnya dengan layanan teh manis atau kopi atau air mineral gratis saat di ruang tunggu. Gunakan kesempatan ini untuk tidak mengeluarkan biaya lebih saat Anda di bandara. Mungkin juga ada layanan-layanan lain yang disediakan maskapai maupun bandara. Gunakan saja layanan-layanan gratis tersebut, karena Anda menggunakan atau tidak menggunakan layanan gratis tersebut Anda membayar yang sama untuk tiket dan boarding pass (jasa layanan bandara).

Selain 10 tips di atas masih ada lagi tambahan. Jika Anda pindah pesawat atau transit carilah maskapai yang sama. Jangan membeli tiket yang berbeda maskapai jika Anda transit. Selain Anda direpotkan dengan urusan bagasi saat transit, Anda juga dikenakan biaya dua kali untuk boarding pass.

Apa yang telah saya tulis di atas adalah pengalaman saya menggunakan layanan transportasi udara. Selamat bepergian dengan pesawat, semoga perjalanan Anda aman, selamat, dan nyaman sampai tempat tujuan.

2 responses

  1. Tips yang bermanfaat nih..

    1. Itu pengalaman saya saat traveling yang biasanya naik pesawat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: