Inilah 7 Sinkhole di Muka Bumi yang Aneh


Di muka bumi ini terdapat berbagai peristiwa aneh yang kadang sudah untuk dijelaskan. Selain karena bencana, kadang terjadi peristiwa yang membuat kita kagum akan kebesaran Yang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia hanya bisa mengagumi kebesarannya dan tak bisa berbuat banyak.

Bencana yang terjadi bisa jadi karena peristiwa alam ayang tidak bisa diprediksi manusia. Gempa bumi adalah peristiwa alam yang tidak bisa diprediksi meskipun menggunakan teknologi yang canggih. Hanya Tuhan yang mengetahui kapan dan di mana bisa terjadi bencana.

Tak hanya gempa bumi yang keberadaanya tidak diinginkan dan tidak dapat diprediksi. Ada juga di beberapa negara terdapat peristiwa aneh yang membuat kita harus waspada dan hati-hati karena peristiwa ini bisa terjadi di mana saja. Adalah lubang runtuhan atau sering disebut dengan sinkhole.

Menurut Wikipedia,lubang runtuhan atau sinkhole adalah depresi alami atau lubang dalam topografi permukaan yang muncul akibat hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan, atau keduanya yang umumnya terjadi akibat aliran air di bawah tanah. Lubang runtuhan memiliki ukuran yang bervariasi dari kurang dari satu meter sampai ratusan meter dalam diameter dan kedalamannya, dan juga tidak bergantung dari jenis lapisan tanah dan bantalan batuan di atasnya. Pembentukan lubang runtuhan ini dapat terjadi berangsur-angsur atau secara mendadak, berbeda-beda, ditemukan di berbagai tempat di dunia.

Berikut ini peristiwa lubang runtuhan di berbagai negara di dunia ini, seperti dikutip dari BoldSky.

1. Berezniki Sinkhole, Rusia

Foto: BoldSky

Foto: BoldSky

Sinkhole ini di Rusia sekitar 80 m panjangnya dan 40 m lebarnya. Para peneliti telah mengungkapkan bahwa lubang ini memiliki sekitar 200 m di kedalaman. Para ahli dari Rusia bekerja untuk memperbaiki masalah, karena merupakan ancaman yang serius.

2. Great Blue Hole, Belize

Foto: BoldSky

Foto: BoldSky

Belize Blue Hole adalah tidak hanya sinkhole paling unik di dunia, tetapi juga satu-satunya lubang biru yang dapat dilihat dari luar angkasa. Lubang biru ini adalah situs warisan dunia dan merupakan salah satu dari banyak kawasan lindung di Belize.

3. Sima Humboldt, Venezuela

Foto: BoldSky

Foto: BoldSky

Sinkhole ini sangat besar dan terletak di negara bagian Bolivar di Venezuela. Para peneliti telah mengungkapkan bahwa kedalaman sinkhole ini adalah sekitar 314 m dan lebar berada di sekitar 352 m.

4. Dead Sea Sinkholes, Israel

Foto: BoldSky

Foto: BoldSky

Sebuah rumah bagi banyak lubang. Para peneliti telah mengungkapkan bahwa ada sekitar 3.000 lubang-lubang pembuangan terbuka di sekitar pantai. Salah satu alasan utama lubang ini adalah adalah karena kekurangan air di daerah ini.

5. Guatemala City 2007 Sinkhole, Guatemala

Foto: BoldSky

Foto: BoldSky

Pada tanggal 23 Februari 2007, permukaan tanah di Guatemala City roboh membentuk lubang bundar besar. Alasan untuk pembentukan sinkhole ini diyakini karena sistem pembuangan limbah yang berkarat yang hadir jauh di bawah permukaan tanah.

6. Xiaozhai Tiankeng (Heavenly Pit), Cina

Foto: BoldSky

Foto: BoldSky

Ini adalah sinkhole terbesar di dunia. Lubang ini memiliki panjang 626 m dan lebar 537 m. Lubang ini diyakini menjadi struktur ganda bersarang, yaitu mangkuk atas di kedalaman 320 m dan mangkuk yang lebih rendah di kedalaman 342 m.

7. The Devil’s Toilet Bowl (Devil’s Hole), Florida

Foto: blurppy.com

Foto: blurppy.com

Sinkhole ini tersembunyi dari lingkungan sekitar vegetasi, tetapi akhir-akhir ini telah berubah menjadi tempat piknik, karena kebanyakan dari mereka menikmati berenang di danau ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: