Makanan Sehat Ini Sering Salah Waktu Mengkonsumsinya


Foto: BoldSky

Foto: BoldSky

Tubuh kita harus mendapatkan nutrisi penting untuk berbagai aktivitas. Bagi anak-anak nutrisi penting sangat diperlukan untuk perkembangan otak, motorik, dll. Bagi orang dewasa, nutrisi tersebut untuk menunjang aktivitas sehari-hari supaya berjalan dengan lancar.

Sayangnya, tak jarang kita mengkonsumsi makanan sehat justru kita tidak bisa mendapatkan manfaat nutisi yang baik pada makanan tersebut. Hal ini dikarenakan makanan sehat yang kita makan mungkin salah dalam mengolah, menyimpan, tau menyajikannya.

Namun, yang tak kalah penting adalah kandungan nutrisi tidak terserap oleh tubuh secara maksimal karena waktu kita mengkonsumsinya kurang tepat. Kurang tepat di sini adalah karena waktunya tidak sesuai dengan kondisi tubuh, sehingga tubuh sulit mencerna, nutrisi yang penting terbuang atau tidak terserap tubuh secara maksimal. Pada hal mungkin nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Makanan tertentu bisa kita makan kapanpun kita mau. Namun, ada juga makanan tertentu yang sebaiknya kita tidak mengkonsumsinya sembarangan, artinya kita harus memperhatikan waktunya. Hal ini kita lakukan lebih baik dari pada nutrisi yang terkandung pada makanan tersebut terbuang sia-sia.

Berikut ini makanan-makanan yang sering kita konsumsi pada waktu yang kurang tepat, seperti dikutip dari BoldSky.

Susu
Ini adalah fakta umum bahwa susu adalah minuman yang sangat sehat yang tinggi protein dan nutrisi lainnya. Para ahli mengklaim bahwa waktu terbaik untuk mengkonsumsi susu adalah di malam hari dari pada siang hari, ini dikarenakan waktu yang lama untuk mencerna susu dan mungkin membuat Anda merasa lesu. Minum susu di malam hari menenangkan tubuh Anda dan memungkinkan sel untuk menyerap nutrisi secara efektif, sementara Anda beristirahat.

Teh hijau
Anda suka minum teh, termasuk teh hijau? Karena itu adalah baik bagi kesehatan. Tapi, itu tidak berarti bahwa kita bisa minum minuman ini setiap saat sepanjang hari. Minum teh hijau terlalu awal di pagi hari harus dihindari, karena kandungan kafein di dalamnya dapat menyebabkan dehidrasi dan menginduksi keasaman. Minum teh hijau yang baik di siang hari.

Nasi
Menurut pendapat ahli gizi, beras dan bahkan roti putih dapat dihindari pada waktu malam, karena mereka tinggi kandungan pati dan dapat meninggalkan perut Anda dengan sensasi kembung sepanjang malam. Juga, mengkonsumsi nasi di malam hari dapat meningkatkan berat badan, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan tubuh kita benar-benar beristirahat. Jadi bagi yang ingin menurunkan berat badan jangan makan nasi pada makan malam Anda.

Kopi
Sementara banyak dari kita menghindari minum kopi di malam hari, namun banyak orang minum kopi justru pada malam hari.Minum kopi di malam hari bisa mengganggu sistem pencernaan Anda dan juga membuat Anda merasa cukup gelisah, berkat kandungan kafeinnya.

Jus jeruk
Jus jeruk menjadi populer sebagai sarapan minuman klasik, namun itu kurang bagus. Jus jeruk bekerja paling baik bila dikonsumsi di siang hari. Sarat dengan vitamin D dan asam folat, jus jeruk akan membuat Anda merasa berenergi sepanjang hari, serta meningkatkan tingkat metabolisme Anda.

Coklat hitam
Banyak dari kita tahu bahwa coklat bukan merupakan pilihan yang sangat sehat untuk dipilih ketika Anda sedang menjalani diet penurunan berat badan. Namun, coklat hitam yang tinggi kandungan kakao dan rendah gula dianggap cukup sehat. Coklat hitam juga kaya antioksidan dan idealnya dikonsumsi pada malam hari, karena dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan suasana hati Anda.

Buah-buahan
Siapa yang tidak ingin makan buah-buahan yang enak sepanjang hari? Tapi, sayangnya para ahli berpendapat bahwa idealnya buah dapat dikonsumsi di pagi hari, karena buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, serat dan asam folat yang bekerja sama dalam menjaga Anda merasa segar dan penuh semangat sepanjang hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: