10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Perut Gendut


Foto: merdeka.com

Foto: merdeka.com

Perut gendut sangat tidak sedap dipandang. Kebanyakan orang akan memandang sebelah mata bagi mereka yang mempunyai perut buncit ini. Perut gendut tentu banyak yang tidak menyukainya, namun tak sedikit orang yang berpenampilan seperti ini.

Mereka yang mempunyai perut gendut memang tidak diinginkan, namun kebiasaan buruklah yang membuat perut membuncit seperti genderang ini. Bukan mengejek atau menghina, penampilan perut seperti wanita hamil ini banyak yang mentertawakan. Di lingkungan kerja perut gendut tentu mengurangi produktivitas. Gerak menjadi lambat dan pekerjaan menjadi tidak cepat juga.

Tak hanya masalah sosial saja yang terjadi pada mereka yang mempunyai perut gendut. Masalah kesehatan juga mengintainya. Perut gendut bisa menjadi sarang berbagai penyakit seperti obesitas, hipertensi, stroke, jantung, dan kanker.

Orang yang mempunyai perut gendut dikarenakan mempunyai kebiasaan buruk, seperti dikutip dari BoldSky berikut ini:

1. Gaya hidup kurang gerak
Orang yang bekerja di kantor, meskipun sibuk namun jarang bergerak atau berpindah tempat. Jika ingin bergeser atau berjalan tinggal menggeserkan kursi kantor yang beroda. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, maka Anda terikat untuk akhirnya memiliki lemak perut. Tubuh yang tidak mendapatkan cukup latihan tidak dapat membakar kalori secara ekstra. Lemak ekstra ini mengendap di sekitar pinggang dan secara bertahap meningkat.

2. Kurang tidur
Bagi mereka yang mempunyai pekerjaan banyak, tentu sangat sibuk, bahkan tidur pun thanya benerapa jam atau beberapa menit. Itu semua tergantung pada bagaimana kita mengatur waktu. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang menghilangkan diri dari tidur maka Anda juga menarik lemak ke perut. Bila Anda kurang tidur, tingkat kortisol, hormon stres, meningkat. Hal ini membuat Anda mendambakan untuk makan makanan manis seperti gula yang tidak baik yang akan membuat perut buncit.

3. Minuman berkarbonasi
Jika Anda salah satu dari orang-orang yang membuang waktu dengan minuman berkarbonasi secara teratur, maka lemak perut tidak akan menjadi kejutan untuk Anda. Semua minuman berkarbonasi yang diisi dengan gula. Ketika haus, minum air mineral dan sejauh mungkin hindari minuman berkarbonasi.

4. Malam makan larut malam
Makanan Anda perlu waktu untuk dicerna. Agar hal ini terjadi, Anda harus makan malam Anda setidaknya satu jam sebelum tidur, meskipun waktu yang ideal adalah dua jam. Dan sebaiknya Anda tidak makan makanan penutup setelah makan malam. Semua gula akan menetap dengan nyaman di sekitar pertengahan pinggang Anda, ini akan memberikan Anda lemak perut.

5. Protein cukup
Seorang dewasa yang sehat membutuhkan minimal 20-25 gram protein di setiap makan. Protein membantu gula darah seimbang, mengurangi tingkat insulin dan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Protein juga membantu mengontrol hormon yang menyebabkan peningkatan nafsu makan.

6. Makanan rendah lemak
Makanan rendah lemak tidak berarti Anda tidak rentan terhadap akumulasi lemak. Bahkan, mitos bahwa makanan tinggi lemak membuat Anda gemuk juga salah. Apa yang perlu Anda miliki adalah yang tepat lemak. Lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat membantu Anda menghilangkan lemak. Jika Anda ingin tahu kebiasaan ini yang membuat menumpuk lemak perut Anda, Anda perlu untuk mendapatkan konsep dasar yang jelas juga.

7. Makan dengan emosional
Apakah Anda cenderung untuk makan ketika Anda terlalu sedih atau terlalu senang? Ini disebut emotional eating, dan salah satu kebiasaan yang sangat buruk yang dapat menyebabkan pinggang Anda meluas. Makan secara emosional mungkin kebiasaan yang cukup sulit untuk menyingkirkannya, tetapi Anda perlu melakukan ini secara sadar.

8. Makan dengan piring besar
Piring besar berarti sejumlah besar makanan bisa masuk. Anda mendapatkan lebih banyak ruang untuk menumpuk makanan dan itu berarti Anda makan lebih dari yang Anda seharusnya makan. Cobalah untuk mengambil piring kecil atau sedang. Anda tidak hanya akan mengambil sedikit makanan di piring Anda, tetapi juga akan menghindari makan yang terlalu banyak.

9. Melewatkan makan
Jika Anda merasa bahwa Anda mempunyai berat badan lebih dan melewatkan makan maka akan membantu Anda menurunkan berat badan, ini sangat keliru. Sebaliknya, Anda akhirnya akan makan lebih banyak dari yang biasa Anda lakukan. Jika Anda melewatkan makan, maka Anda akan makan lebih lahap karena perut Anda kosong, misalnya Anda tidak sarapan, maka makan siang akan lebih banyak dari yang biasanya.

10. Mengambil gigitan besar
Ini bukan hanya kebiasaan buruk yang memberikan lemak perut Anda, tetapi juga kebiasaan makan yang buruk yang harus Anda hindari. Pastikan Anda mengambil gigitan kecil dan mengunyah setiap gigitan Anda dengan benar. Ketika Anda mengambil gigitan besar, Anda menyelesaikan makanan Anda lebih cepat dan cenderung untuk menambah porsi Anda. Hindari kebiasaan ini dan dapatkan hasil maksimal dari setiap sepotong makanan yang Anda makan. Anda tidak hanya akan menjaga lemak perut di teluk, tetapi juga akan mendapatkan semua manfaat dari makanan Anda.

4 responses

  1. Untung udah turun 74 ke 66

    1. Boleh bagi tipsnya? Biar pembaca yang ingin menurunkan berat badan mengerti.

      1. Saya juga kantoran mas, intinya makan tepat waktu dengan porsi cukup, kurangi ngemil, banyak minum air putih, olhraga joging seminggu minim 2x, dan makan malam jangan di atas jam 7🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: