Cara Meningkatkan IQ Sejak dalam Kandungan


Foto: preventdisease.com

Foto: preventdisease.com

Orang yang mempunyai Intelligence Quotient (IQ) tinggi di dunia ini tidaklah banyak. Mereka yang ber-IQ tinggi di atas rata-rata bukan secara kebetulan saja. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang ber-IQ tinggi atau cerdas.

Genetik atau keturunan memang memegang peranan yang kuat seseorang menjadi cerdas. Namun, meskipun orang tua (ayah dan ibu) tidak cerdas, maka anak yang dilahirkan bisa cerdas. Hal ini sangat dipengarui oleh nutrisi apa yang dimakan oleh sang ibu saat sedang mengandung. Orang yang cerdas juga karena dilatih untuk secara kontinyu mulai dari kecil.

Ada banyak faktor yang membantu dalam meningkatkan perkembangan mental dan kecerdasan bayi yang belum lahir. Ibu hamil dapat meningkatkan kecerdasan bayi mereka yang belum lahir dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya asam lemak omega-3, asam folat dan produk susu. Jadi peran nutrisi ibu hamil sangat berpengaruh pada perkembangan IQ janin.

Seorang ibu hamil juga harus tidak melakukan hal buruk seperti merokok dan minum alkohol, karena menghambat pertumbuhan dan perkembangan bayi yang belum lahir. Olahraga ringan selama kehamilan juga membantu untuk meningkatkan pernapasan janin dan perkembangan sistem saraf janin. Dengan demikian, secara tidak langsung bermanfaat bagi otak janin yang belum lahir.

Berikut ini cara meningkatkan IQ bayi dalam kandungan, seperti dikutip dari BoldSky.

Makanan sehat
Termasuk makanan yang kaya asam lemak omega-3 membantu untuk meningkatkan IQ bayi dalam kandungan. Asam lemak meningkatkan kekuatan otak bayi. Seiring dengan itu, makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga membantu dalam perkembangan otak bayi. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 antara lain ikan laut, kacang, biji-bijian, dan sayuran hijau.

Mengelola stres
Stres mengurangi motivasi anak dalam kandungan. Dengan demikian, wanita hamil sering disarankan untuk menjauh dari faktor-faktor yang menyebabkan stres. Perkembangan emosi dan IQ bayi dapat terganggu karena faktor stres sang ibu.

Musik yang menenangkan
Musik memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi. Anehnya, janin dapat mendengar suara bahkan ketika mereka berada dalam rahim seorang ibu. Jadi, memainkan musik yang menenangkan seperti musik klasik dapat menenangkan dan membantu dalam meningkatkan kecerdasan bayi.

Sentuhan ajaib
Bayi yang belum lahir membutuhkan sentuhan seorang ibu. Menyentuh perut dari luar membuat bayi merasa nyaman dalam perut sang ibu. Hal ini juga cara lain untuk merangsang perkembangan otak bayi.

Berbicara dengan bayi dalam kandungan
Bayi dalam rahim seorang ibu dapat mengenali suara ibunya. Dengan demikian, itu bermanfaat bagi ibu untuk berbicara, menyanyi dan bermain musik lembut, karena membantu untuk mengembangkan kontak dekat dengan bayi di dalam rahim.

Jauhi kebiasaan yang tidak sehat
Kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok (aktif maupun pasif) dan minum alkohol dapat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan otak bayi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: