Beberapa Jenis Keluhan Sakit Perut yang Harus Diwaspadai


Foto: nbsnews.com

Foto: nbsnews.com

Anda pernah mengalami sakit perut? Jika ya, apa yang Anda keluhkan? Sakit perut tidak hanya dikarenakan oleh satu penyebab saja. Di bagian mana dan bagaimana rasa sakitnya menentukan jenis sakit perut di daerah mana di dalam perut yang salah, apakah di lambung, usus, dll.

Jika Anda mengetahui sakit perut yang Anda derita, maka mudah untuk ditangani. Dengan demikian jika Anda periksa ke dokter dan mengatakan sesuai dengan gejala, maka dokter akan lebih mudah mendiagnosisnya. Ketepatan dalam mendiagnosis akan mempermudah tindakan atau pengobatan apa yang harus diberikan kepada Anda.

Berikut ini keluhan-keluhan sakit perut yang perlu Anda waspadai, seperti dikutip dari Msn.com.

Mulas: Sakit terbakar di tengah perut
Perasaan ini terlalu umum setelah buang air besar, makanan berminyak dapat menyebabkan mulas, dan 60 juta orang Amerika mengalami penyebab sakit perut ini setidaknya sebulan sekali. Kata kunci ‘terbakar,’ catatan Dr Brandt, dan itu biasanya ditambah dengan rasa pahit di mulut Anda. Refluks asam adalah regurgitasi cairan dicerna sebagian atau makanan yang telah dicampur dengan asam lambung. Campuran asam ini membuat jalan ke kerongkongan Anda (tabung makanan) dan tenggorokan, menyebabkan sensasi terbakar. Mulas sesekali tidak perlu khawatir, tapi mulas kronis, yang dikenal sebagai refluks asam atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD), dapat menyebabkan gangguan pencernaan kronis jika tidak ditangani.

Batu empedu: Ketidaknyamanan di sekitar pusar
Jika sakit perut ini ditambah dengan nyeri tumpul dekat bahu, dan tampaknya terjadi setelah makan makanan berlemak, batu empedu mungkin penyebabnya. Dan jika Anda perempuan, lebih tua dari 40 tahun, dan telah memiliki anak, Anda berisiko lebih besar. Hal ini karena lonjakan estrogen, umum selama kehamilan, dapat menyebabkan batu empedu. Batu kecil ini yang terbentuk di kandung empedu bisa tidak terdeteksi selama bertahun-tahun dan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali mereka terjebak di saluran cystic, jelas Dr Brant. Hasilnya: nyeri kolik atau sakit yang terjadi dalam siklus.

Maag: Perut seperti sakit terbakar lega dengan minum obat antasid
Ini adalah tanda-tanda khas dari ulkus peptikum, bersama dengan kembung, bersendawa, nafsu makan yang buruk, dan penurunan berat badan. Tukak lambung atau luka pada lapisan perut atau bagian atas usus kecil Anda, mempengaruhi setengah juta orang Amerika setiap tahun. Dan meskipun apa yang Anda mungkin sudah dengar, maag seperti ini tidak disebabkan oleh stres. Sebaliknya, Anda bisa menyalahkan salah satu dari dua penyebab utama: Helicobacter pylori (H. pylori atau), bakteri yang merusak lapisan mukosa lambung, atau terlalu sering menggunakan non-steroid anti-inflammatory (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen. Sebuah tes darah rutin dapat mendeteksi apakah bakteri hadir.

Diverticulitis: Nyeri mendadak di daerah kiri bawah perut Anda
Jika perut terasa sakit, bersama dengan gas, itu mungkin menandakan diverticulitis, yang merupakan peradangan di usus besar Anda disebut diverticula. Ini adalah gangguan GI cukup umum di kalangan orang dewasa yang lebih tua. Setidaknya sepertiga dari populasi AS akan mengembangkannya pada usia 60. Namun hanya 10 sampai 20 persen orang akan memiliki gejala, yang meliputi kembung berlebihan, sakit perut, kram, dan sembelit. Dr Oz mengatakan, ‘itu seperti memiliki lubang di usus Anda, dan itu sering hasil dari terlalu sedikit serat dalam diet Anda.

Apendisitis: Nyeri tajam di sisi kanan bawah perut
Sakit perut seperti ini bisa terjadi pada usus buntu, terutama jika Anda memiliki demam ringan, tidak dapat buang gas, merasa sembelit, atau diare. Jika Anda memiliki usus buntu, rasa sakit akan meningkat setiap kali Anda bergerak, ambil napas dalam-dalam, batuk, atau bersin, dan menempatkan tekanan pada daerah akan meningkatkan rasa sakit Anda. Usus buntu terjadi ketika usus buntu meradang dan penuh dengan nanah, sering dari infeksi. Menurut National Institutes of Health, kondisi yang menyakitkan ini adalah penyebab utama dari operasi perut darurat di AS Paling sering.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: