15 Cara Alami Usir Tikus dari Rumah Anda


Foto: pestindotama.com

Foto: pestindotama.com

Tikus memang binatang yang menjengkelkan. Tikus suka mencuri makanan yang ada di rumah kita. Jika ini dibiarkan, maka makanan akan habis. Tidak hanya makanan yang siap disantap saja yang disukai tikus, namun juga bahan makanan yang belum dimasak.

Tikus ternyata tidak hanya menyukai makanan saja. Kabel instalasi listrik juga kerap menjadi sasaran tikus. Jika hal ini terjadi maka akan membahayakan penghuni rumah. Tak hanya membuat listrik padam dan korsleting namun juga jika kabel terkelupas bisa membahayakan nyawa penghuni rumah.

Selain suka dengan makanan dan berbagai perabot rumah, tikus juga sangat jorok. Mereka suka bersembunyi di perabot rumah dan kencing serta membuang kotoran di situ. Ini akan sangat menganggu tak hanya bau yang sangat tidak sedap, namun juga berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh tikus.

Menurut Kompasiana.com, berbagai penyakit dapat ditularkan oleh tikus-tikus yang menjengkelkan ini. Pes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis. Bakteri tersebut menular melalui gigitan kutu yang hidup pada tikus. Penyakit berikutnya karena tikus adalah Murine typhus yang disebkan oleh bakteri Rickettsia typhi yang ditularkan melalui kotoran kutu pada tikus yang kemudian masuk ke dalam luka gigitan kutu atau luka lain yang ada di kulit kita. Leptospirosis selain ditularkan oleh anjing dan kucing juga bisa ditularkan oleh tikus melalui air kencing yang mengandung bakteri leptospira. Masih ada lagi penyakit lain yang ditularkan oleh tikus.

Berbagai cara dilakukan untuk mengusir tikus, namun berikut ini adalah cara alami supaya tikus tidak masuk lagi ke rumah Anda, seperti dikutip dari Myhealthtips.in.

1. Minyak esensial peppermint
Tikus tidak tahan bau yang kuat dari minyak peppermint. Jadi mereka akan lari ketika mereka akan mencium minyak peppermint. Metode ini akan membantu Anda untuk mencegah tikus memasuki rumah Anda serta membuat tikus lari dari rumah Anda. Rendam bola kapas dalam minyak peppermint. Tempatkan bola kapas yang telah direndam di tempat di mana tikus biasanya datang.

2. Minyak esensial cengkih
Tikus juga tidak tahan bau kuat dari cengkeh. Mereka hanya berbalik dan lari dari tempat di mana ada bau cengkeh. Rendam bola kapas dalam minyak esensial cengkeh. Tempatkan bola kapas yang telah direndam dalam minyak cengkeh dekat tempat persembunyian tikus di rumah Anda, pintu dan di tempat-tempat yang mungkin dilalui.

3. Kapur barus
Dengan bau yang kuat, kapur barus bekerja sangat baik untuk menjaga tikus menjauh dari rumah Anda. Masukkan kapur barus ke dalam wadah tertutup kemudian beri beberapa lubang. Tempatkan 2 sampai 3 kapur barus di setiap tempat yang sering dikunjungi tikus. Tempatkan kapur barus sedemikian sehingga tidak terjangkau oleh anak-anak, karena kapur barus beracun.

4. Gunakan Amonia

Bau kuat amonia sangat kuat membuat tikus lari. Ikuti proses yang sama seperti menggunakan kapur barus untuk menyingkirkan tikus. Anda juga dapat menggunakan amonia untuk membersihkan daerah di mana tikus yang sering datang. Dan pada saat yang sama, amonia dapat membantu membersihkan kotoran tikus.

Catatan: Hati-hati saat menggunakan amonia untuk mencegah masuknya tikus di rumah Anda. Ini dapat membahayakan anak Anda atau hewan peliharaan jika mereka datang dalam kontak dengan amonia.

5. Semprotan tikus
Semprotkan cairan seperti cabai dan merica pada daerah yang dilalui tikus akan membantu Anda untuk menjauh tikus dari rumah Anda. Jangan gunakan semprotan ini pada karpet karena dapat mengubah warna karpet.

6. Sabun atau deterjen dan cairan tembakau
Ambil air dan tambahkan cairan tembakau dan deterjen dan campur menjadi satu dengan baik. Tuangkan campuran ini ke dalam botol kemudian semprotkan cairan ini pada daerah di mana tikus sering datang.

7. Gunakan aluminium foil
Ini mungkin tampak aneh tapi percayalah itu membantu untuk membuat tikus jauh dari rumah dan akan menyimpan barang-barang Anda dari kehancuran. Mungkin, tikus tidak suka suara itu membuat atau mungkin foil menciptakan sensasi di gigi mereka ketika gigi mereka datang dalam kontak dengan aluminium foil atau mungkin aluminium foil tampak sangat tidak wajar bagi mereka untuk menembusnya. Gunakan aluminium foil untuk menutupi permukaan barang yang bisa dimakan tikus tikus.

8. Perangkap tikus
Jebak tikus dengan perangkap yang telah ada di pasaran. Berbagai perangkap tikus dapat Anda gunakan untuk menjebak tikus. Anda dapat menggunakan umpan supaya tikus terjebak pada perangkap yang telah Anda siapkan.

9. Pelihara kucing
Kucing adalah musuh dari tikus. Anda bisa memelihara kucing di rumah Anda. Tentu kucing yang Anda pelihara adalah kucing yang suka menangkap tikus, jangan kucing yang malas-malasan.

10. Baking soda
Taburkan sedikit baking soda di dalam dan di luar tempat persembunyian tikus. Tikus akan lari menghindari baking soda yang telah Anda tebarkan.

11. Daun salam
Daun salam juga akan membantu Anda dalam menyingkirkan tikus. Sebelum tidur di malam hari, taburi daun salam di dapur Anda dan dekat bahan makanan. Bau yang kuat dari daun salam akan menjaga tikus jauh dari dapur dan daerah lainnya.

12. Gelombang ultrasonik
Tikus tidak dapat tahan terhadap gelombang ultrasonik tapi itu benar-benar aman bagi manusia. Jadi, untuk menyingkirkan tikus beli beberapa perangkat ultrasonik dan ggunakan untuk mengusir tikus.

13. Pasta gigi mint
Anda dapat mengolesi pasta gigi mint dekat lubang persembunyian tikus, pintu masuk untuk menyingkirkan tikus secara efektif.

14. Bawang merah
Dengan bau yang kuat, bawang merah juga dapat membuat tikus lari dari rumah Anda.

15. Tanaman serai
Ada tambahan lagi tempatkan tanaman serai di tempat-tempat yang sering dikunjungi tikus misal pada dapur, gudang, dll. Caranya tanam serai di pot. Pada saat siang hari keluarkan tanaman serai sehingga mendapatkan sinar matahari. Pada malam hari pindahkan tanaman serai dalam pot tersebut pada tempat-tempat yang biasanya dilalui tikut.

Namun, yang tak kalah penting dari usaha Anda dalam mengusir tikus adalah tutup pintu rapat-rapat. Jangan sampai ada celah untuk tikus bisa memasuki rumah Anda. Lubang fentilasi tutup dengan kawat kasa sehingga tikus tidak bisa masuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: