Foto-foto GMT 2016 di Pulau Bangka


Terjadinya gerhana adalah fenomena alam yang merupakan kekuasaan Tuhan. Termasuk fenomena gerhana matahari. Indonesia setidaknya terjadi dua kali gerhana matahari total (GMT) setelah kemerdekaan. GMT tersebut terjadi pada tahun 1983 dan 2016. GMT 9 Maret 2016 bersamaan dengan perayaan Hari Raya Nyepi Umat Hindu.

Jika pada GMT tahun 1983 tidak banyak disaksikan oleh masyarakat, sebaliknya dengan GMT 2016. GMT 2016 melintasi 12 provinsi, masing-masing provinsi menyelenggarakan acara untuk melihat fenomena yang terjadi tiga puluhan tahun ini. Mulai dari nonton bareng, pentas seni, kuliner, sampai dengan menampilkan kearifan lokal. Sekitar 350 tahun lagi baru terjadi GMT pada titik yang sama.

Jadi kesempatan ini menjadi momen seumur hidup yang tidak bisa dilupakan. Selain acara nonton gerhana, berbagai elemen masyarakat khususnya umat Islam di berbagai masjid dan lapangan melaksanakan sholat gerhana.

Selain di 12 provinsi gerhana matahari 2016 juga bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia, namun tidak 100%. Bahkan gerhana juga bisa dilihat dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Sidney, Australia.

Salah satu provinsi yang dilewati GMT 2016 adalah Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kegiatan menyambut GMT dipusatkan di Pulau Belitung, tepatnya di Tanjung Kelayang dan di Pulau Bangka di Pantai Terentang, Bangka Tengah. Kurau, Bangka Tengah juga spot yang banyak dicari selain di Pantai Terentang. Bagi yang berada di Bangka Selatan, spot terbaik ada di Tanjung Kerasak. Sebagian penduduk Kota Pangkalpinang yang tidak bisa ke Pantai Terentang, Kurau, atau Tanjung Kerasak memilih spot melihat GMT di Pantai Pasirpadi. Sebenarnya di seluruh Babel GMT bisa terlihat dengan jelas.

Sayangnya momen langka seperti ini karena kesibukan saya tidak bisa datang langsung ke lokasi di Bangka maupun Belitung. Berikut ini beberapa foto yang saya dapatkan dari teman-teman yang ada di Pulau Bangka. Mereka yang mengirim foto ke saya adalah Suhardi, Dian Agustine, Erdha, dan Yudi Noviandi.

Masyarakat Babel yang ada di Pulau Bangka samgat antusias menyaksikan GMT di Pantai Terentang, Bangka Tengah

Foto: Dian Agustine

Foto: Dian Agustine

Sebelum GMT, foto diambil di Kurau, Bangka Tengah

Foto: Yudi Noviandi

Foto: Yudi Noviandi

Foto diambil dari Pantai Terentang, Bangka Tengah

Foto: Erdha

Foto: Erdha

GMT, foto diambil dari Pantai Pasirpadi, Kota Pangkalpinang

Foto: Suhardi

Foto: Suhardi

GMT, foto diambil dari Kurau, Bangka Tengah

Foto: Yudi Noviandi

Foto: Yudi Noviandi

GMT, foto diambil dari Pantai Tanjung Kerasak, Bangka Selatan

Foto: Yudi Noviandi

Foto: Yudi Noviandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: