Tips Menghemat Kuota Internet


Foto: duniawp.com

Foto: duniawp.com

Di era digital seperti ini informasi serba cepat kita dapatkan. Jika kita ketinggalan informasi, maka kita tidak bisa bersaing dengan negara lain. Untuk bisa mendapatkan informasi secara cepat salah satunya adalah dari dunia maya atau internet.

Sepuluh tahun yang lalu internet masih barang mewah di masyarakat kita. Namun, sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan. Hampir semua tatanan kehidupan membutuhkan internet. Sebut saja dalam perdagangan dengan adanya e-commerce, pendidikan, hukum, dll. Pekerjaan akan semakin mudah dengan adanya internet. Intinya tak ada internet maka gelaplah kita dalam mengakses informasi.

Untuk dapat mengakses internet saat ini sudah banyak caranya. Tak hanya sebatas di komputer atau laptop saja. Smartphone dan tablet adalah gadget yang dirancang khusus untuk bisa berselancar di dunia maya. Untuk itu, operator seluler saling berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik kepada calon pelanggan dan pelanggan lama agar tidak berpaling ke operator lain.

Berbagai cara operator seluler mempromosikan produk layanan data. Mulai dari paket hemat anak sekolah/mahasiswa sampai pada mereka yang berkantong tebal. Selain menyasar pelanggan individu, operator seluler juga meyasar corporate yang membutuhkan layanan data yang cukup besar. Perusahaan-perusahaan dari UKM sampai dengan skala global.

Berbicara tentang layanan internet individu, tentu harus berpikir bagaimana caranya bisa menghemat kuota internet. Dengan prinsip bayar hemat namun bisa mendapatkan layanan data yang lebih besar atau maksimal. Untuk itu ikutilah tips menghemat kuota internet berikut ini.

Paket Data Kartu perdana

Saat ini tawaran dari operator seluler semakin menggila. Kompetisi untuk mendpatkan pelannggan tidak hanya melirik pada SMS dan panggilan saja. Paket data adalah layanan yang saat ini sangat dilirik operator seluler yang menjanjikan untung besar. Untuk itu operator seluler saling berkompetisi untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

Cara yang ditempuh adalah paket kartu perdana yang khusus untuk data, meskipun juga bisa digunakan untuk sms dan panggilan. Berbagai promosi dilakukan lebih hemat menggunakan kartu perdana kemudian jika habis kuota dibuang. Cara ini lebih menghemat dari pada isi ulang yang harganya lebih mahal.

Namun, cara ini bukan tanpa risiko. Jika smartphone Anda sering berganti-ganti kartu, maka akan cepat rusak. Cara hemat habis kuota buang ini sering dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa. Tak hanya pada satu operator saja, namun juga berganti-ganti operator.

Gunakan paket off peak

Selain paket data kartu perdana yang murah, ternyata beberapa operator seluler juga memberlakukan paket off peak untuk paket data hemat. Paket data kartu perdana yang murah biasanya juga paket off peak. Paket data off peak adalah paket data pada saat jam tidak sibuk. Biasanya jam yang diberlakukan adalah saat orang sedang menikmati istirahat, misal dari pukul 00.00 sampai 06.00 atau dari pukul 00.00 sampai 09.00. Di luar waktu tersebut disebut on peak atau waktu sibuk.

Selain paket off peak pada kartu perdana, beberapa operator juga mempunyai promosi paket off peak untuk isi ulang. Paket off peak kuota data lebih besar dari pada yang on peak. Paket off peak ini biasanya banyak dicari pelajar dan mahasiswa. Bagi orang yang bekerja waktu tersebut digunakan untuk istirahat.

Paket hemat

Paket hemat dengan paket off peak berbeda. Paket hemat tergantung pada berapa banyak kuota yang Anda butuhkan. Jika Anda menggunakan paket data untuk layanan messenger seperti BBM dan WA, maka jangan membeli paket yang besar. Layanan untuk messenger hanya butuh sekitar 1 GB, bahkan kurang. Jadi jika Anda membeli paket di atas 1 GB bahkan sampai 4GB maka Anda mengeluarkan biaya yang besar namun hanya sedikit kuota yang Anda gunakan.

Gunakan Wi-Fi

Jika Anda berada pada jaringan Wi-Fi, maka matikan data Anda. Gunakan jaringan Wi-Fi semaksimal mungkin. Jika Anda tetap mengkaktifkan data Anda, maka ini akan membuat Anda boros. Bagi Anda karyawan atau pegawai yang di kantornya selalu tersedia jaringan Wi-Fi, maka kurangi pembelian kuota Anda. Gunakan kuota jika tidak pada jangkauan jaringan Wi-Fi seperti pada saat Anda harus ke luar atau saat di rumah Anda yang tidak tersedia jaringan Wi-Fi.

Pindah jaringan

Saat ini jaringan internet semakin berkembang. Kecepatan akses data semakin bertambah cepat. Ada jaringan Enhance Data rate for GSM Evolution (EDGE) atau jaringan 2,75G, Wide Code Division Multiple Access (WCDMA) atau jaringan 3G, High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) atau 3,5G dan Long Term Evolutian (LTE) atau 4G.

Jika Anda hanya stand by menggunakan internet untuk BBM atau WA, maka pilihlah EDGE, WCDMA, atau HSDPA. Jika Anda menggunakan jaringan LTE, maka kuota Anda akan berkurang lebih cepat. Gunakan jaringan internet kecepatan lebih tinggi jika Anda ingin mengunduh sesuatu atau browsing. Seting smartphone Anda pada pemilihan jaringan untuk bisa menghemat kuota. Semakin cepat mengakses data juga semakin boros baterai. Jadi gunakan jaringan 2G atau 3G lebih menghemat baterai smartphone Anda dari pada jaringan 4G.

Matikan layanan data

Matikan data Anda jika sedang tidak digunakan. Misalnya saat Anda harus beristirahat tidur di malam hari, maka matikan data Anda. Jika Anda tetap menghidupkan data, maka kuota lebih boros dan Anda pun tidak mendapatkan manfaat. Jika ada pesan dari BBM atau WA, maka akan tetap masuk pada saat Anda hidupkan data di pagi hari setelah bangun tidur.

Pasca bayar

Banyak yang mengira bahwa layanan pascabayar adalah mahal. Itu tidak benar. Saat ini operator seluler saling berkompetisi tidak hanya pada prabayar saja, namun juga pascabayar. Pelanngan prabayar tidak bisa dipastikan jumlahnya secara pasti, namun pascabayar bisa diandalkan.

Lananan pascabayar tak selamanya mahal. Justru bagi Anda yang tidak suka berganti-ganti kartu dan nomor sesuler Anda adalah identitas, maka layanan pascabayar lebih hemat. Layanan pascabayar saat ini tidak hanya menyasar pada pelanngan yang memggunakan sms atau panggilan saja, namun juga data.

Browsing terlebih dahulu cari paket data pascabayar dari operator mana yang Anda inginkan. Kemudian datang ke kantor seluler dan pilih paket data pascabayar sesuai kemampuan Anda bisa membayar tiap bulan. Selain Anda mendapatkan paket data juga mendapatkan gratis sms dan panggilan ke sesama operator dengan biaya lebih hemat dari pada isi ulang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: