10 Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan


Foto: theheartysoul.com

Foto: theheartysoul.com

Alpukat buah dari tanaman tropis yang sangat lezat. Alpukat biasanya dibuat jus dengan penambahan susu atau sirup. Buah dengan nama latin Persea americana ini sangat baik dimakan untuk siapa saja. Tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini mengandung lemak yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Namun, banyak yang hanya memanfaatkan daging buahnya saja. Biji alpukat yang berada di tengah daging buah selalu berakhir di tempat sampah. Pada hal banyak manfaat biji alpukat ini. Biji alpukat mengandung antioksidan, serat dan fenolik jauh lebih tinggi dari daging buahnya.

Di dalam industri ternyata biji alpukat digunakan sebagai pewarna alami. Dipilihnya biji alpukat sebagai pewarna kain selain bebas mengandung bahan kimia berbahaya juga tidak mudah luntur pada saat dicuci.

Selain pada industri tekstil, ternyata biji alpukat juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut ini 10 manfaat biji alpukat bagi kesehatan, seperti dikutip dari BoldSky.

1. Meningkatkan kekebalan
Biji alpukat memiliki antioksidan yang tinggi. Bahkan, biji alpukat memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada buah itu sendiri. Antioksidan ini membantu untuk menjaga radikal bebas di teluk, yang pada gilirannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah Anda dari mengembangkan pilek dan flu.

2. Menurunkan tekanan Anda
Biji alpukat sangat tinggi kalium, yang merupakan vasodilator yang baik yang membantu dalam mengurangi tingkat tekanan darah Anda. Di sisi lain, biji alpukat membantu untuk mengendurkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, yang selanjutnya membantu dalam mengurangi hipertensi.

3. Melawan kanker
Biji alpukat berisi flavonol, kelas flavonoid yang mencakup senyawa seperti quercetin, kaempferol dan myricetin. Flavonoid ini mencegah pertumbuhan tumor kanker.

4. Membuat perut Anda sehat
Apakah Anda tahu bahwa biji alpukat mengandung lebih banyak serat larut dari pada daging buahnya? Dengan jumlah yang baik dari serat dan antioksidan dapat mencegah dan meringankan sembelit secara alami.

5. Membantu penurunan berat badan
Biji alpukat mengandung jumlah yang baik dari serat, yang membantu untuk mengurangi nafsu makan Anda setelah bubuk biji dan buah yang dikonsumsi. Selain itu, biji ini juga mengandung antioksidan, kalium, kalsium dan magnesium yang membantu dalam menyediakan energi untuk tubuh, cukup untuk membuat Anda latihan yang lebih di pada saat berolahraga.

6. Menjaga kadar kolesterol Anda
Ini adalah fakta yang perlu diketahui bahwa biji alpukat mengandung sifat seperti lemak monosaturated yang membantu untuk membawa tingkat kolesterol turun. Biji alpukat juga memiliki sifat penurun kolesterol. Biji ini mengandung minyak bergizi, kaya akan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

7. Mengurangi peradangan
Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari biji alpukat adalah adanya antioksidan seperti katekin dan procyanidins yang membantu untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak karena peradangan. Anda juga dapat memijat minyak buah atas daerah yang meradang untuk mengurangi rasa sakit.

8. Menjaga Anda dari penuaan dini
Antioksidan kuat hadir dalam daging dan biji membantu dalam melawan radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan besar ke sel-sel kulit yang sehat. Jika Anda mengkonsumsi bubuk biji dua kali dalam seminggu, Anda juga bisa mencegah bintik-bintik dan juga garis penuaan.

9. Teman terbaik kulit Anda
Tidak hanya dapat Anda konsumsi untuk kulit Anda, Anda juga dapat menerapkan bubuk biji ini pada kulit untuk exfolaite kulit, menyingkirkan sel-sel mati dan meningkatkan kualitas kulit. Gunakan biji buah sehat ini sebagai masker wajah atau scrub.

10. Makanan untuk rambut Anda
Oleskan pasta tebal dari biji alpukat pada rambut Anda sekali dalam sebulan untuk mempromosikan rambut dan bersinar.

4 responses

  1. Trima kasih Pak, masya Alloh…apapun yang diciptakan Alloh selalu ada manfaatnya. Tlg pak , cariin bgmn cr mengkonsumsi mengolah isi / biji alpukat tsb.

  2. Bagaimana cara mengkonsumsinya ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: