Makanan Ini Dapat Mencegah Encok


Foto: myhealthtips.in

Foto: myhealthtips.in

Menurut Halosehat.com, encok (gout) adalah nama dari suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh terjadinya penumpukan kristal asam urat yang berada di dalam jaringan ikat. Yaitu berada di dalam ruang antara dua tulang, atau justru dapat di dalam tulang itu sendiri. Karena rasa sakit yang menyerang ini terkadang penderita juga mengalami sedikit gejala asam urat yang tidak disadari.

Hanya sedikit yang sadar bahwa meningkatnya kadar asam urat akan memiliki efek negatif yang akan menghasilkan penyakit encok. Proses di mana setiap ada peningkatan kadar asam urat dalam darah kita akan menghasilkan pembentukan kristal dalam jaringan yang menghubungkan sendi dan akhirnya mengakibatkan rasa sakit yang merupakan hasil arthritis tertahankan yang disebut sebagai encok.

Dikutip dari Myhealthtips.in, encok terjadi terutama di kalangan orang-orang paruh baya, yang mungkin untuk mengembangkan encok adalah perempuan. National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS) telah menginformasikan bahwa encok tumbuh dalam 4 tahap yang berbeda, yaitu:

Encok asimtomatik
Tidak perlu perawatan selama tahap ini karena kadar asam urat hanya sedikit meningkat tanpa tanda-tanda akan terjadi dan mudah terlihat.

Encok arthritis akut
Encok ini sering disebut sebagai Hyperuricemia selama kristal terbentuk dalam sendi dengan gejala termasuk rasa sakit dan peradangan pada sendi namun juga tidak perlu perawatan apapun karena dapat dikurangi dalam waktu hanya tiga sampai sepuluh hari.

Encok interval
Tidak ada rasa sakit di tahap ini yang terjadi di beberapa nyeri sendi tajam dan dalam kerja sendi normal.

Encok tophaceous kronis
Ini adalah tahap yang paling penting yang terjadi setelah beberapa tahun dari tahap pertama yang telah terjadi dan dalam tahap ini akan ada bahaya permanen dilakukan pada sendi dengan kemungkinan bahkan menyebar sampai ke ginjal.

Beberapa gejala umum yang membantu dalam mengidentifikasi encok meliputi terlalu banyak rasa sakit, kemerahan dan sendi bengkak yang biasanya meliputi sendi jempol kaki yang sering terkena. Salah satu metode terbaik yang dapat dihindari termasuk menjaga kontrol pada diet dan menjaga cek pada peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Tubuh kita telah menerima bahan alami bernama purin yang terbagi bentuk asam urat, ada juga makanan yang memiliki purin yang harus dihindari untuk mencegah terjadinya asam urat yang diproduksi dalam tubuh.

The American Medical Association telah menyarankan beberapa makanan untuk semua orang yang menderita encok yang meliputi:
1. Karbohidrat kompleks dengan kekayaan serat yang dimungkinkan melalui biji-bijian, buah-buahan segar dan sayuran.
2. Beralih ke makanan yang memiliki protein yang lebih rendah yang dapat diperoleh dari daging tanpa lemak, unggas dan kedelai.
3. Perawatan harus diambil hanya 30% dari lemak yang 10% harus lemak hewan.

Makanan untuk membantu dalam pencegahan encok antara lain:

Nanas
Ada enzim bernama bromelain yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi karena itu dapat menjadi bagian dari diet yang akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang merupakan salah satu gejala dari encok..

Jahe
Peradangan yang merupakan hasil dari asam urat dapat dikurangi dengan senyawa yang hadir dalam jahe.

Kunyit
Kunyit dikenal karena sifat anti-inflamasi karena itu disarankan untuk menambahkan kunyit sebagai bumbu pada beberapa masakan sehari-hari.

Jus ceri
Masalah encok dapat diselesaikan dengan cara makan buah-buahan segar yang khusus termasuk buah ceri yang dapat mengurangi encok yang selanjutnya menurunkan kemungkinan encok menyerang tubuh.

Pisang
Buah ini dikenal memiliki kandungan gula yang lebih rendah dan kadar kalium tinggi menjadi basa sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk mencegah encok. Gejala encok dapat diperangi dengan tingkat yang lebih tinggi kalium hadir dalam buah tropis ini.

Produk susu rendah lemak
Konsumsi produk susu rendah lemak seperti susu dan yogurt dapat mengurangi resiko pebab masalah encok pada pria.

Selada air
Sayuran ini memiliki jumlah yang cukup vitamin dan mineral yang ditemukan bermanfaat untuk ginjal dengan menghapus sejumlah tambahan asam urat dari tubuh.

Masalah encok sering juga berkaitan dengan masalah berat badan yang berlebihan, sehingga mengurangi berat badan menjadi ideal adalah cara yang dapat menyingkirkan encok. Pola hidup yang tidak sehat seperti minum alkohol juga menjadi pemicu encok, sehingga jauhi alkohol jika tak ingin encok. Bagi para perokok, Anda sangat berisiko menderita encok. Bagi yang terbiasa hidup di iklim tropis kemudiian ke iklim sedang atau dingin juga berisiko menderita encok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: