Mitos-mitos Tentang Karbohidrat


Foto: duniafitnes.com

Foto: duniafitnes.com

Karbohidrat diperlukan oleh tubuh antara lain untuk pembentukan cadangan energi, membantu proses metabolisme protein dan lemak, penyeimbang asam dan basa, dan mencegah oksidasi lemak. Karbohidrat bisa kita dapatkan antara lain dari makanan seperti nasi, roti gandum, dan umbi-umbian.

Orang yang kekurangan karbohidrat dapat menimbulkan beberapa penyakit antara lain hipoglikemia, kwarsiorkor, dan maramus. Hipoglikemia merupakan masalah kesehatan yang disebabkan karena rendahnya dula darah dalam darah, yaitu dibawah 70 mg/dL. Sedangkan kwarsiorkor adalah penyakit karena kekurangan kalori dan protein (KKP/PEM). Maramus adalah gangguan kesehatan yang pada umumnya terjadi pada anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun.

Beberapa mitos berkembang tentang karbohidrat, berikut ini 7 mitos tersebut, seperti dikutip dari BoldSky.

Karbohidrat tidak buruk bagi kesehatan Anda.

Mungkin ada beberapa karbohidrat buruk bagi kita. Namun, ada beberapa yang pada dasarnya baik untuk kesehatan kita. Hanya ada satu bagian dari karbohidrat yang buruk, seperti karbohidrat sederhana atau halus. Karbohidrat olahan adalah gula, jus dan pati (hadir dalam nasi putih, roti putih, kentang dan pasta). Di sisi lain, ada karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang bisa dimakan lagi, karena mereka tidak akan memungkinkan Anda tumpukan pada kalori Anda. Yang benar adalah bahwa hanya karena ada satu jenis karbohidrat yang buruk bagi kita, itu tidak berarti semua dari mereka adalah buruk bagi kita.

Untuk memenuhi karbohidrat makan nasi saja.

Karbohidrat datang dalam berbagai bentuk seperti gula, serat dan pati. Anda juga dapat menemukan karbohidrat dalam roti, susu, produk jagung, kentang, minuman ringan dan kue. Di sisi lain, bentuk karbohidrat sehat adalah buncis, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa karbohidrat nontepung yang mengandung kalori lebih sedikit daripada karbohidrat tepung seperti kentang, jagung dan kacang polong.

Wortel dan buah-buahanmempunyai kandungan karbohidrat yang tidak sehat.

Itu selalu penting untuk membatasi makanan ini, jika Anda ingin tetap diet rendah karbohidrat. Namun, itu tidak berarti bahwa ada sesuatu yang salah dalam mengkonsumsi makanan ini. Orang hanya menganggap makanan adalah buruk atau baik. Namun, sebagian besar nutrisi yang biasanya tergantung pada konteks dan bagaimana sehat didapat. Jika seseorang lebih memilih untuk makan junk food maka penting bahwa dia menggantikan makanan yang sama dengan potongan-potongan buah per hari untuk menjaga dirinya sehat.

Semua karbohidrat adalah gula.

Karbohidrat dipecah menjadi gula sederhana. Secara teoritis, gula dapat dianggap glukosa, fruktosa dan galaktosa. Pati yang Anda dapatkan dari biji-bijian dan kentang sebagian besar dipecah menjadi glukosa dalam saluran pencernaan dan ini akan menaikkan kadar gula darah. Namun, jika Anda penderita diabetes, pati yang Anda makan dapat berubah menjadi gula dan ini ternyata menimbulkan gula dalam darah Anda. Penting untuk diingat bahwa tidak semua karbohidrat berubah menjadi gula karena ada perbedaan besar antara kentang dan permen.

Protein lebih baik bila dibandingkan dengan karbohidrat untuk diabetes.

Karbohidrat memiliki kesempatan yang mempengaruhi kadar gula darah dengan cepat dan karena fakta ini, kebanyakan orang tergoda untuk mengganti lebih banyak protein dalam diet mereka. Namun, makan protein tidak pernah memecahkan masalah. Protein harus dikonsumsi dengan hati-hati, karena protein datang dengan lemak jenuh terlalu banyak dan ini pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

Saya bisa menurunkan berat badan jika karbohidrat dihilangkan dari diet saya.

Kabar baiknya adalah bahwa ada kemungkinan Anda kehilangan berat badan, jika Anda mengurangi jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi. Jika Anda memotong karbohidrat dari diet Anda, maka ada kemungkinan bahwa tubuh Anda perlahan-lahan akan mulai merasakan keinginan untuk makanan hilang. Dan menebang akan berakhir membuat Anda untuk ngarai makanan yang tidak sehat. Lebih penting lagi, fokus menambahkan karbohidrat yang sehat untuk diet Anda.

Tubuh saya tidak suka karbohidrat.

Karbohidrat sebagian besar dikonsumsi agar tubuh Anda mendapatkan energi dasar untuk memungkinkan untuk menjalankan fungsi tubuh Anda.Mmakanan kaya karbohidrat memberikan glukosa untuk tubuh Anda. Hal ini membantu fungsi dasar tubuh Anda serta mendukung aktivitas fisik secara keseluruhan. Yang benar adalah bahwa setiap sel dalam tubuh Anda menginginkan karbohidrat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: