Diet Makanan Untuk Penderita Kanker Usus Besar


Foto: myhealthtips.in

Foto: myhealthtips.in

Salah satu kanker yang dapat diderita manusia adalah kanker colon atau usus besar. Jenis kanker ini dapat diderita siapa saja, baik pria maupun wanita. Letaknya yang berada di dalam, membuat jenis kanker ini sulit untuk dideteksi. Kadang kanker ini dideteksi sakit perut atau usus buntu.

Dikutip dari Myhealthtips.in, salah satu penyebab utama kanker usus besar adalah makanan yang kita makan. Zat-zat tertentu yang ditemukan dalam makanan bersifat karsinogenik. Heterocyclic amines adalah salah satu senyawa tersebut ditemukan dalam daging, ayam dan ikan ketika mereka dimasak pada suhu tinggi menggunakan metode seperti memanggang, menggoreng atau memanggang.

Karsinogenik yang disebut polycyclic aromatic hydrocarbon lain terbentuk ketika makanan dimasak di atas api terbuka atau merokok. Menghindari atau meminimalkan paparan makanan karsinogenik dapat membantu untuk mencegah atau mengontrol kanker usus besar. Hal ini diperlukan untuk memiliki makanan bergizi yang tepat untuk mencegah dan melawan kanker kolorektal.

Diet untuk pasien kanker usus besar

Kanker usus besar mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi hadir di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan gizi buruk dari orang tersebut dari waktu ke waktu. Ini akan membuat penderita merasa lemah dan hal itu mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mentoleransi pengobatan kanker usus besar. Diet untuk pasien kanker usus besar harus mampu membuat pasien untuk mentolerir pengobatan, mencegah kekurangan gizi dan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Diet dari kanker usus besar harus sesuai dengan gejala dan sesuai dengan apa yang membuat pasien tersebut nyaman.

1. Hindari menggunakan kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan mentah, dan sayuran dengan kulit karena akan sulit untuk dicerna.
2. Cobalah untuk makan makanan yang tidak pedas atau makanan hambar seperti dipanggang atau direbus seperti ayam, kerupuk dll.
3. Jika pasien mengalami sembelit minum banyak cairan seperti jus prune dan sejumlah kecil minuman berkafein dan makan makanan yang kaya serat seperti oatmeal, buah-buahan dan sayuran mentah.
4. Jika pasien diare maka harus minum dan harus makan rendah lemak dan makanan rendah serat. Makanan dengan rempah-rempah yang kuat dan kafein harus dihindari.
5. Untuk menghindari kembung pasien harus mengambil diet tanpa makanan seperti brokoli, kubis, telur, bawang putih, bawang merah, dll. Hindari makanan yang mengandung fruktosa dan sorbitol.
6. Makan makanan lunak dan lembut direndam dalam gravies atau saus yang mudah dicerna.

Pasien harus terus mencoba makanan baru sebagai rasa berubah terus menerus dengan berbagai jenis perawatan. Ketika perbaikan saluran pencernaan dan menggantikan jaringan yang hilang makanan yang merasa tidak enak satu hari mungkin enak setelah beberapa hari.

Diet untuk penderita kanker usus besar yang selamat

Dalam kanker usus besar yang bisa bertahan atau selamat, makanan akan mengambil lebih banyak waktu untuk mencerna dan beberapa makanan mungkin mengganggu gerakan usus. Penderita mungkin sering pergi ke toilet dan jika penderita tersebut memiliki kolostomi itu akan mengambil beberapa bulan untuk membuat usus menjadi normal. Dalam kasus yang selamat harus menghindari makanan tertentu. Beberapa makanan dapat menyebabkan pembentukan gas pada pasien kanker usus besar setelah perawatan. Pasien tersebut harus mencari tahu makanan yang cocok dan yang tidak cocok. Hal ini diperlukan untuk menambahkan lebih banyak makanan untuk melawan kanker.

1. Sertakan buah-buahan seperti apel, pisang, melon dan buah lainnya.
2. Sertakan sayuran seperti sayuran berdaun hijau, wortel, dan asparagus.
3. Hindari minuman bersoda dan minuman beralkohol.
4. Hindari makanan kaya lemak.
5. Hindari bawang, kubis, dan kubis Brussel.
6. Makan makanan rendah kalori.
7. Makan gandum utuh seperti roti gandum, pasta, sereal dll.
8. Makan ikan kaya asam lemak omega -3.
9. Gunakan minyak zaitun atau minyak sayur untuk memasak.
10. Mengkonsumsi 6-8 gelas air setiap hari.

Diet untuk pengobatan kanker usus besar

Kanker usus besar menyebabkan pengobatan banyak efek samping pada pasien seperti mual, muntah, diare dll dan membuat pasien merasa sakit. Pasien harus menghindari makanan tertentu ketika mereka berada di bawah pengobatan kanker usus besar.

1. Batasi penggunaan makanan tinggi lemak jenuh dan natrium seperti makanan goreng, daging merah, produk susu, makanan yang dikemas, dan makanan kalengan.
2. Untuk mengatasi masalah mual sering makan makanan kecil pada suhu kamar.
3. Jika ada perubahan pengalaman rasa pasien sebagai akibat dari kemoterapi makan makanan yang asam atau tart seperti limun. Gunakan rempah-rempah dan bumbu-bumbu untuk memberikan rasa pada makanan.
3. Sertakan roti gandum, buah-buahan tanpa sayuran kulit dan sereal.
4. Kurangi gula, garam, dan hindari alkohol.
5. Sertakan jumlah sedang daging dan produk susu jika pasien merasa nyaman dengan itu.
6. Sertakan lebih banyak protein dalam diet Anda dalam bentuk susu, keju atau telur yang dimasak.
7. Hindari makanan tinggi serat jika pasien mengalami diare sebagai efek samping dari pengobatan.
8. Jika pasien tidak merasa seperti makan menggantikan makanan padat dengan makanan cair. Minum banyak air bahkan jika Anda tidak bisa makan. Cobalah minum jus, sup yang akan memberikan pasien dengan nutrisi dan kalori.

Diet untuk pencegahan kanker usus besar

Makan sehat dapat membantu mencegah kanker usus besar sampai batas tertentu. Lebih baik makan makanan yang diperoleh dari sumber tanaman dan harus mengurangi asupan lemak dari sumber hewani. Diet sehari-hari harus mengandung beberapa item yang tercantum di bawah ini untuk mengurangi risiko kanker usus besar.

1. Sayuran
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker usus besar karena mengandung serat, folat, vitamin dll. Sayuran penting untuk dimasukkan dalam diet adalah sayuran berdaun hijau yang meliputi kol, brokoli, kubis brussel kembang kol, dll. Kelompok Allium sayuran seperti bawang putih, bawang merah, bawang merah dll. Produk kedelai, tomat dan wortel juga efektif dalam memerangi kanker.

2. Buah
Buah diperlukan untuk memasukkan lima porsi buah dalam diet sehari-hari Anda untuk mencegah kanker. Mengkonsumsi buah-buahan secara keseluruhan untuk mendapatkan manfaatnya. Buah yang mampu mencegah kanker termasuk apel, cranberry, blueberry, anggur, dll.

3. Teh hijau
Studi telah menemukan bahwa minum teh hijau secara teratur mengurangi risiko kanker kolorektal sebesar 50%.

4. Sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan merupakan sumber serat dan vitamin B yang hadir dalam asam fitat pada makanan mengurangi risiko kanker usus besar.

5. Ikan
Asupan ikan adalah efek perlindungan pada kanker usus besar. Hal ini disebabkan adanya asam lemak omega-3. Konsumsi ikan air dingin seperti salmon, herring, makarel, ikan cod, dll.

6. Minyak zaitun
Lemak hewan dan minyak nabati tertentu meningkatkan risiko kanker usus besar. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam minyak zaitun adalah pelindung bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Fenol dalam minyak zaitun menghambat pembentukan sel kanker di usus besar.

7. Kacang tanah
Nutrisi dalam kacang memiliki efek anti kanker.

8. Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki tindakan antioksidan dan anti-inflamasi. Ini mengurangi proliferasi sel-sel bermutasi dalam tumor.

9. Jahe
Jahe memiliki komponen yang disebut gingerol aktif yang akan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus besar.

10. Yoghurt
Telah ditemukan bahwa yoghurt dan produk susu fermentasi lainnya mengurangi kemungkinan kanker usus besar. Bakteri menguntungkan hadir dalam makanan fermentasi melindungi sel usus besar dari efek karsinogen.

Diet untuk pemulihan kanker usus besar

Diet memainkan peran penting dalam mengelola pemulihan kanker usus besar. Tidak ada makanan tertentu untuk mengontrol atau mengobati kanker usus besar tetapi perlu untuk memiliki diet yang akan memudahkan pencernaan dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk orang tersebut untuk memfasilitasi pemulihan dengan mudah. Makanan yang sehat untuk orang normal sebenarnya membantu untuk orang sembuh dari kanker usus besar. Diet untuk pemulihan kanker usus harus mencakup:
1. Makanan kaya kalori.
2. Makanan kaya protein seperti krim, susu, keju dan telur.
3. Makanan rendah serat untuk pencernaan dan untuk mengurangi diare.
4. Makanan yang dimasak dalam minyak, margarin atau mentega.
5. Banyak gravies dan saus.
6. Minum air peppermint untuk mengurangi perut kembung.
7. Minum banyak cairan.

Diet untuk kanker usus besar setelah operasi

Selama operasi kanker usus besar bagian dari usus besar akan dihapus dan karenanya tinja tidak akan solid. Pasien mungkin mengalami diare. Dokter dapat memberikan Anda dengan obat untuk mengontrol diare. Namun Anda harus mengisi nutrisi melalui diet.
1. Minum banyak cairan jika ada diare.
2. Makan makanan kaya kalori dan protein setelah operasi untuk membantu penyembuhan dan untuk melawan setiap kemungkinan infeksi. Diet harus mengandung daging, ikan, dan telur.
3. Untuk memulai dengan sering makan kecil bukan 3 kali makan besar. Menghindari kesenjangan panjang antara waktu makan.
4. Minum minimal 8 gelas air sehari.
5. Mulai makan makanan rendah serat setelah operasi seperti pasta putih, roti, biskuit, makanan yang dimasak dan dikupas sayur dan buah.
6. Hindari minuman berkafein l jika pasien tersebut mengalami diare.
7. Minum air peppermint untuk mengurangi angin yang terperangkap dan ketidaknyamanan.
8. Minum jus tanpa ampas atau serat.
9. Gunakan produk susu rendah lemak.
10. Sertakan lembut dan tanpa kulit ayam dan kalkun, ikan dan daging dipotong halus. Hindari makanan yang digoreng dan kaya lemak.
Kebutuhan makanan individu akan bervariasi dari orang ke orang. Hal ini lebih baik untuk mencoba makanan yang berbeda dan mencari tahu yang cocok dan nyaman untuk usus Anda dan selera. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli diet jika Anda ingin mendapatkan bimbingan yang tepat untuk diet untuk pasien dengan kanker usus besar. Hal ini diperlukan untuk menjadi aktif secara fisik dan menjaga berat badan yang sehat sekali sembuh dari kanker usus besar.

One response

  1. Sangat jarang banget aku dengar kanker ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: