Bahayanya Sering Makan Makanan yang Asam


Foto: indonews.co.id

Foto: indonews.co.id

Makanan yang asam bagi sebain orang sangat enak. Apalagi jika dimakan saat cuaca panas bersama-sama dengan teman atau kerabat. Makan makanan yang bersifat asam sangat nikmat jika ditambahkan rasa pedas. Misalnya makan rujak dengan aneka buah yang terlalu asam.

Tahukan Anda, jika kita sering makan makanan yang terlalu asam, maka itu tidak baik untuk tubuh Anda? Sebagai informasi, satuan untuk mengukur keasaman adalah pH. Menurut kamus kesehatan, pH singkatan dari potential of Hydrogen. pH merupakan ukuran konsentrasi ion hidrogen yang menunjukkan keasaman atau kebasaan suatu zat. Nilai pH dari 1 hingga 14. Sebuah larutan yang netral memiliki pH = 7, larutan asam memiliki pH kurang dari 7, dan larutan basa memiliki pH lebih dari 7.

Tubuh yang normal berada pada sedikit basa, yaitu antara pH 7,35 sampai 7,45. Jika pH kurang dari itu maka disebut asidosis dan jika lebih dari itu disebut alkalosis. Sehingga menjaga supaya pH tubuh menjadi sedikit basa tersebut diperlukan pola makan yang harus dijaga. Jangan terlalu makan makanan yang asam supaya pH tubuh tidak menurun.

Sumber dari BoldSky menyebutkan bahwa makan diet alkali sehat dan makan diet terlalu asam tidak sehat. Ketika asam menumpuk di sistem Anda, tubuh Anda menjadi rentan terhadap banyak penyakit.

Apa saja bahaya dari makanan asam? Yah, pertama mereka menguras mineral tertentu dalam sistem Anda. Dan darah Anda secara bertahap berubah menjadi asam. Untuk menetralisir tubuh, mineral tertentu yang diperlukan. Oleh karena itu, natrium, kalsium, magnesium dan kalium yang berada di berbagai area tubuh Anda seperti tulang, otot dan tulang rawan adalah alasan di balik rapuh sendi, radang sendi dan otot kaku. Juga, ketika plak menumpuk, kemungkinan stroke dan serangan jantung dapat meningkat.

Jika tubuh terlalu asam, maka dapat mengakibatkan berbagai masalah berikut ini.

1. Keropos tulang. Sebuah studi baru-baru mengklaim bahwa keasaman juga bisa menyebabkan keropos tulang. Jika diet Anda berisi lebih dari produk hewani dan kurang sayuran, tubuh Anda menjadi asam.

2. Diabetes tipe 2, gagal ginjal, batu ginjal dan kanker jenis tertentu adalah masalah umum yang dapat terjadi karena keasaman yang berlebihan dalam sistem tubuh.

3. Ketika sistem anda mempertahankan keseimbangan yang tepat, maka akan dapat mengeluarkan racun lebih mudah. Hal ini akan mengurangi kemungkinan menderita beberapa penyakit termasuk kanker.

4. Untuk berfungsi dengan baik, tubuh Anda harus menjadi basa sedikit (7,4 pH). Ketika tubuh Anda ternyata asam, berbagai mineral yang dipinjam dari organ lain untuk menetralisir sistem.

5. Ketika sistem dalam tubuh Anda terlalu asam atau terlalu basa, kekebalan Anda mungkin gagal untuk menghasilkan antibodi untuk memerangi infeksi.

6. Makanan mentah dapat menyeimbangkan lingkungan asam dan mengurangi kemungkinan Anda menderita masalah kesehatan tertentu.

7. Bahkan jika diet Anda mengandung banyak kalsium, asidosis masih meningkatkan risiko osteoporosis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: