Mitos Tentang Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Ilustrasi, foto: cariseo.com

Ilustrasi, foto: cariseo.com

Kadang kita berpikir dua kali untuk mendapatkan makanan atau ingin makan apa. Dengan demikian, kita justru malah menjadi ketakutan perkataan orang atau mitos yang berkembang di masyarakat yang belum tentu kebenarannya teruji. Mitos ini tentu tententu berpengaruh pada kesehatan Anda.

Sebagai contoh, mitos berkembang bahwa jika kita makan garam terlalu banyak maka ada kemungkinan tekanan darah naik. Mitos itu sampai sekarang dipercaya. Namun, tidak sepenuhnya itu benar. Garam yang kita konsumsi sehari-hari sebagai garam dapur untuk bumbu atau garam meja adalah senyawa dengan rumus kimia NaCl (natrium klorida).

Yang menyebabkan tekanan darah naik bukannya garam, namun unsur Na (natrium) yang terkandung dalam garam dapur. Natrium sebenarnya diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, untuk fungsi yang berkaitan dengan otot, dan saraf. Natrium diperlukan tubuh maksimal 2 gram per hari, jika lebih maka akan menyebabkan masalah, terutama bagi yang menderita hipertensi. Garam bukan satu-satunya sumber natrium. Makanan siap saji, makanan dari laut susu, termasuk teh.

Selain mitos tersebut di atas, ternyata terdapat beberapa mitos yang lain, seperti dikutip dari BoldSky berikut ini.

Microwave akan membunuh nutrisi dalam makanan
Mitos itu tidak sepenuhnya benar. Microwave memang dapat membunuh beberapa nutrisi di dalamnya, itu tidak berlaku untuk semua nutrisi. Ada beberapa jenis makanan yang aman untuk microwave, sedangkan ada beberapa yang tidak.

Makan makanan kaya lemak membuat berat badan Anda naik
Anda tidak menambah berat badan ketika Anda mengkonsumsi lemak dalam jumlah sedang. Jika Anda makan makanan berlemak seperti daging, Anda juga harus mengimbanginya dengan sayur dan buah. Berat badan Anda naik karena Anda mengonsumsi lebih banyak lemak daripada jumlah yang dibakar oleh tubuh. Alpukat, kenari, dll, adalah contoh dari lemak baik, sedangkan goreng dan makanan olahan merupakan untuk lemak jahat. Jadi tidak semua lemak itu tidak baik untuk tubuh.

Makan karbohidrat menyebabkan kenaikan berat badan
Karbohidrat sering menjadi penjahat bagi mereka pada diet. Para ahli berpendapat bahwa asupan karbohidrat di moderasi tidak menyebabkan bahaya apa pun untuk Anda, bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang berpikir.

Makanan bebas gluten lebih baik untuk kesehatan
Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Tidak adanya gluten hanya tidak membuat pilihan makanan sehat Anda. Tubuh kita memiliki kemampuan untuk memproses gluten. Jika Anda tidak sensitif pada gluten, tubuh kita memproses gluten yang baik-baik saja. Banyak barang-barang bebas gluten dibuat dengan tepung halus yang tidak baik untuk kesehatan.

Anda membutuhkan tidur yang lebih rendah karena Anda bertambah tua
Pola tidur kita berubah saat kita beranjak tua, tapi itu tidak benar bahwa persyaratan tidur kita berkurang dengan bertambahnya usia. Rata-rata manusia membutuhkan antara 7 dan 8 jam tidur. Anda mungkin bangun dengan mudah dari tidur, tapi itu tidak berarti bahwa Anda memerlukan jam lebih sedikit untuk tidur.

Duduk terlalu dekat dengan televisi mempengaruhi penglihatan Anda
Duduk terlalu dekat ke TV tidak mempengaruhi penglihatan Anda, tetapi jika Anda duduk kurang dari 1 setengah meter dari TV, itu dapat melelahkan otot-otot mata. Pastikan untuk duduk cukup jauh dan duduk di ruangan yang cukup terang untuk menghindari ketegangan mata.

Serangan jantung datang dengan nyeri yang signifikan di dada
Pria mengalami serangan jantung sering mengeluh tentang jenis meremas sakit disertai dengan beberapa ketidaknyamanan di dada. Tapi, perempuan lebih mungkin untuk mengekspresikan rasa sakit yang tidak jelas dan ketidaknyamanan.

Vegetarian tidak mendapatkan protein yang cukup dalam diet mereka
Banyak pemakan daging cenderung percaya bahwa jika Anda seorang vegetarian, Anda tidak harus mendapatkan jumlah yang cukup protein dalam diet Anda. Tapi, kenyataannya adalah bahwa makanan seperti paneer, kacang-kacangan, dll, memang mengandung protein.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: