10 Cara Alami Atasi Mata Tembel


Foto: Wikipedia

Foto: Wikipedia

Mata timbil atau mata tembel atau timbilan sering dikaitkan dengan orang yang sering mengintip. Itu adalah mitos yang perlu diluruskan. Mata tembel adalah jenis infeksi mata yang terjadi di dasar atau sudut dalam kelopak mata.

Selain menyebabkan penampilan yang menyebabkan kurang percaya diri, mempunyai mata tembel juga membuat tidak nyaman dalam penglihatan. Apalagi bagi mereka yang punya mata tembel dan pekerjaannya harus bertemu dengan banyak orang. Mata tembel biasanya gatal, rasa panas, berair, dan berat saat berkedip.

Mata tembel berbentuk benjolan ditepi mata yang mirip dengan jerawat namun lebih besar dan berwarna merah, yang biasanya muncul secara tiba-tiba setelah kita bangun tidur. Ini akan membuat rasa tak nyaman saat bangun dari tidur di pagi hari.

Meskipun ada banyak obat bebas dan obat tetes mata yang tersedia di pasar akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba obat rumahan yang alami. Berikut ini obat alami untuk mengatasi mata tembel, seperti dikutip dari Myhealthtips.in.

1. Susu dan kunyit

Susu mengandung asam laktat dan ini membantu dalam membunuh bakteri penyebab infeksi. Kunyit adalah bahan lain yang dikenal untuk anti jamur yang, bakteri dan anti anti septik. Obat ini akan membantu dalam mengurangi infeksi mata serta mengurangi pembengkakan pada kelopak mata.

Sediakan bubuk kunyit 1 sendok teh dan segelas susu hangat. Tambahkan bubuk kunyit dengan segelas susu hangat dan mencampurnya dengan baik. Sekarang minum susu kunyit ini sekali dalam sehari selama dua hari atau sampai tidak ada tanda-tanda infeksi mata tembel. Obat ini akan membantu dalam mempercepat proses penyembuhan.

2. Jus bawang putih

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mata tembel. Bawang putih merupakan sumber yang kaya penyembuhan dan anti bakteri. Hal ini bahkan digunakan dalam banyak obat-obatan herbal untuk menyembuhkan infeksi, termasuk untuk mata tembel.

Siapkan 2-3 siung bawang putih. Pertama blender bawang putih tersebut untuk membuat ekstrak. Masukkan ekstrak bawang putih tersebut ke dalam mangkok. Kemudian celupkan bola kapas ke dalam jus bawang putih segar dan menerapkannya di sekitar area mata tembel yang terinfeksi. Jangan terkena mata, jadi ini hanya untuk obat luar. Proses ini dapat diulang 2-3 kali dalam sehari karena akan membantu dalam mengurangi infeksi serta menyembuhkan mata meradang.

3. Biji Ketumbar

Biji ketumbar mengandung zat anti inflamasi yang membantu dalam mempercepat proses penyembuhan dari infeksi mata tembel. Obat ini akan memudahkan keluar rasa sakit di mata terinfeksi serta mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Siapkan biji ketumbar satu sendok teh dan air mendidih satu cangkir. Tambahkan ke dalam air mendidih biji ketumbar dan memungkinkan untuk mendidihkan selama 2-3 menit. Biarkan dingin, kemudian saring. Gunakan air ini untuk mencuci mata. Proses ini dapat diulang selama 3-4 kali dalam sehari atau sampai infeksi telah benar-benar sembuh.

4. Aloe vera

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sangat dikenal karena sifat obat dan penyembuhan nya. Hal ini bahkan sumber yang kaya sifat anti bakteri dan anti inflamasi dan obat ini akan membantu dalam penyembuhan mata tembel yang meradang.

Siapkan gel lidah buaya satu sendok teh dan secangkir air hangat. Pertama ambil gel lidah buaya pada ujung jari Anda yang bersih. Gosok gel ini pada kelopak mata secara tertutup pada mata tembel. Biarkan gel berada pada kelopak mata selama 15-20 menit dan kemudian cuci bersih dengan air hangat. Proses ini dapat diulang selama 3-4 kali dalam sehari selama 2-3. Cara ini adalah pengobatan herbal untuk mengatasi mata tembel karena infeksi dan juga menenangkan mata.

5. Cincin emas gosok

Ya ini sepertinya gila, tapi obat ini bekerja sangat baik untuk menyembuhkan mata tembel. Mencuci area mata yang terinfeksi dengan sebuah cincin emas akan membantu dalam mengobati infeksi lebih cepat karena kehadiran atom emas.

Siapkan cincin emas dan secangkir air hangat. Pertama cuci cincin emas dalam secangkir air hangat untuk setidaknya 3-4 kali. Lalu dengan lembut celupkan cincin emas pada air hangat.Tempelkan cincin emas di atas area yang terinfeksi atau di mana Anda memiliki benjolan mata tembel pada kelopak mata. Proses ini dapat diulang 2-3 kali dalam sehari selama dua hari.

6. Cuci mata dengan tawas

Ya, Anda mungkin tidak percaya ini, tapi obat ini mengagumkan dikenal sebagai salah satu yang terbaik perawatan mata tembel. Tawas merupakan senyawa kimia yang kaya akan kalium dan ini membantu dalam mengobati infeksi mata tembel lebih cepat.

Siapkan satu sendok teh tawas bubuk dan secangkir air. Pertama ambil mangkuk dan tuangkan air. Tambahkan bubuk tawas dan mencampurnya dengan baik, sampai bubuk larut sepenuhnya. Kemudian gunakan untuk mencuci mata yang terinfeksi. Proses ini dapat diulang dua kali dalam sehari selama sekitar dua hari atau sampai infeksi di mata telah benar-benar mereda.

7. Koloida perak

Koloid perak dikenal sebagai salah satu yang solusi anti bakteri terbaik untuk menyingkirkan infeksi, luka bakar pada kulit, dan flu. Koloida perak bahkan digunakan sebagai pengobatan untuk mata tembel karena membantu dalam mengurangi infeksi serta menyembuhkan mata.

Siapkan 2-3 tetes koloida perak dan tisu. Teteskan koloida perak langsung di mata tembel, obat ini akan membantu dalam penyembuhan infeksi lebih cepat. Ambil tisu dan tambahkan beberapa tetes koloid perak di atas tisu dan tempelkan tisu ini pada daerah yang terinfeksi tembel dan tahan selama 3-4 menit. Proses ini dapat diulang dua kali dalam sehari selama 2-3 hari.

8. Krim susu hangat

Susu mengandung jumlah tinggi laktat dan ini membantu dalam memerangi bakteri dan menyingkirkan infeksi. Jadi obat ini adalah dapat digunakan dalam pengobatan mata tembel karena akan membantu dalam mengurangi pembengkakan di mata serta menyembuhkan infeksi lebih cepat.

Siapkan satu sendok teh krim susu hangat, kain kasa bersih, dan secangkir air bersih. Pertama pastikan untuk mencuci tangan Anda bersih. Kemudian gunakan ujung jari Anda untuk menerapkan titik kecil krim susu hangat ini pada mata tembel. Biarkan selama 5-10 menit dan kemudian celupkan kain kasa ke dalam air dan gunakan kain kasa ini untuk membasuh mata. Proses ini dapat diulang 2-3 kali dalam sehari selama 2 hari atau sampai mata terasa jelas tanda-tanda infeksi.

9. Daun akasia

Daun akasia mengandung sifat terapeutik yang membantu dalam menyingkirkan dingin, flu dan bakteri serta infeksi virus.

Siapkan secangkir kecil daun akasia, dua cangkir air bersih, dan kain kasa bersih. Masukkan daun akasia pada air yang mendidih. Biarkan mendidih selama 5 menit dan matikan api. Ambil daun akasia ini dan masukkan pada kain kasa bersih tadi kemudian tempelkan pada kelopak mata timbel tertutup selama 5-10 menit. Proses ini dapat diulang dua kali dalam sehari selama dua hari atau sampai iritasi pada mata yang terinfeksi benar-benar sembuh.

10. Bubuk cabai rawit

Ya ini mungkin menakuti banyak orang yang menderita mata timbel, tapi itu adalah obat menakjubkan bekerja dengan baik untuk menyingkirkan infeksi di mata tembel. Cabe rawit sebagian besar disebut sebagai ramuan sehat karena membantu dalam mengobati beberapa penyakit seperti masalah pencernaan, sakit perut, infeksi dan banyak lainnya.

Siapkan bubuk cabai rawit setengah sendok teh, secangkir air bersih, dan kain kasa bersih yang steril. Pertama didihkan air. Tambahkan bubuk cabe rawit dan mencampurnya dengan baik. Biarkan mendidih selama beberapa menit kemudian matikan api. Setelah suhunya hangat ruam kuku dalam larutan ini mencelupkan kain kasa bersih dan rendam. Kemudian tempelkan rendaman kain kasa ini di atas kelopak mata tertutup dari daerah terinfeksi mata tembel. Biarkan selama 2-3 menit kemudian cuci area mata yang terinfeksi dengan air jernih. Proses ini dapat diulang dua kali dalam sehari selama dua hari atau sampai mata terasa lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: